BolaSkor.com - Format kualifikasi putaran ketiga Piala Asia 2023 diubah. Semula akan digelar dengan format kandang-tandang, namun diputuskan digelar single round-robin di tempat terpusat.

Keputusan ini diambil Komite Eksekutif AFC setelah mempertimbangkan tantangan yang disebabkan pandemi COVID-19. AFC merasa perlu mengutamakan keselamatan dan kebaikan semua pemangku kepentingan.

Dengan demikian, setiap tim hanya akan melakoni tiga pertandingan. Sebanyak 24 tim yang terlibat akan dibagi ke enam grup lebih dahulu.

Baca Juga:

Hanis dan Bagus Kahfi Cetak Gol, Timnas Indonesia U-23 Kalahkan Tajikistan 2-1

Australia Jadi Lawan Timnas Indonesia U-23, Bagus Kahfi: Bukan Mustahil

Nantinya enam juara grup ditambah lima runner-up terbaik akan lolos ke putaran final. Sebelas tim akan bergabung dengan tuan rumah China dan 12 tim lain yang sudah lebih dahulu memastikan tiket ke putaran final yakni Jepang, Suriah, Qatar, Korea Selatan, Australia, Iran, UEA, Arab Saudi, Irak, Oman, Vietnam, dan Lebanon.

"Disepakati tiga hari pertandingan yakni digelar 8, 11, dan 14 Juni," tulis AFC.

Timnas Indonesia akan ikut serta dalam kualifikasi. Itu setelah memastikan diri lolos dari babak playoff usai mengalahkan Taiwan dengan agregat 5-1.

Indonesia berpotensi menjadi tuan rumah, mengingat AFC membuka peluang bagi anggota asosiasi yang terlibat dengan sejumlah syarat, seperti pembatasan perjalanan dan karantina yang minimal bagi tim peserta, koneksi penerbangan, medis, venue pertandingan yang cukup, serta tes COVID-19.