BolaSkor.com - Proses vaksinasi untuk para atlet di Indonesia sudah dimulai pada Jumat (26/2) di Istora Senayan, Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta. Sepak bola menjadi salah satu cabang olahraga yang mendapatkan prioritas untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19.

Pada tahap pertama ini, sebanyak 800 orang mendapatkan vaksinasi. Personel Timnas Indonesia U-23 dan ofisial yang sedang menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta juga masuk sebagai penerima, termasuk di dalamnya Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Ada juga perwakilan dari sepak bola lainnya yaitu pemain Persija Jakarta, Otavio Dutra dan manajer tim Persija, Bambang Pamungkas yang juga ikut mendapatkan vaksinasi COVID-19.

Baca Juga:

Timnas U-23 Divaksinasi COVID-19, Shin Tae-yong dan Staf Pelatih Korsel Tidak Ikut

Shin Tae-yong Senang Kompetisi di Indonesia Bisa Bergulir

Proses vaksinasi untuk atlet ini dipantau langsung Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Zainudin Amali, serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Nanti akan bertahap supaya tak terjadi kerumunan di sini sampai jam 17.00 WIB ada jeda Jumatan. Kita sudah atur gilirannya, saya berharap lancar," kata Zainudin Amali saat jumpa pers virtual, Jumat (26/2).

"Untuk tahap selanjutnya kita kerja sama dengan Kemenkes supaya atlet, pelatih, tenaga pendukung yang tersebar di berbagai daerah untuk dapat vaksinasi. Nanti kita fasilitasi."

"Ini yang sedang di pelatnas atau yang sedang akan mengikuti turnamen atau kejuaraan. Pelatnas seperti ikut olimpiade, kualifikasi kejuaraan, dan terakhir SEA Games 2021 mendatang," tambah pria yang berasal dari Gorontalo tersebut.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut vaksinasi atlet perlu dilakukan. Pasalnya, mereka akan bertugas mengharumkan nama bangsa di negeri orang lewat olahraga, maka dari itu para atlet menjadi salah satu prioritas yang mendapatkan vaksinasi.

"Oleh karena itu pemerintah harus bantu. Jika mereka terpapar tak bisa ikut mereka. Selain itu penting untuk mengharumkan nama bangsa Bendera merah putih dikibarkan di luar negeri," ujarnya.