Tite Ungkap Alasan Panggil Dani Alves ke Brasil untuk Piala Dunia 2022

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 08 November 2022
Tite Ungkap Alasan Panggil Dani Alves ke Brasil untuk Piala Dunia 2022
Dani Alves (Twitter)

BolaSkor.com - Juara dunia lima kali, timnas Brasil, telah mengumumkan 26 nama dalam skuad yang akan dibawa ke Piala Dunia 2022. Piala Dunia akan dihelat di Qatar pada 20 November hingga Desember mendatang.

Tidak ada nama Roberto Firmino dalam skuad Brasil dengan lini depan yang sudah dipadati pemain berkualitas. Ada sembilan pemain yang dipanggil Tite berposisi sebagai penyerang.

Kesembilan pemain itu adalah Richarlison, Neymar, Raphinha, Antony, Gabriel Jesus, Vinicius Junior, Rodrygo Goes, Gabriel Martinelli, dan Pedro. Tite lebih memilih pemain muda seperti Martinelli, Rodrygo, dan Vinicius ketimbang Firmino.

Disinyalir performa Liverpool yang angin-anginan musim ini jadi alasan Tite tak memanggil Firmino. Selain Firmino, kejutan lainnya dari Tite adalah pemanggilan pemain berusia 39 tahun, Dani Alves, yang saat ini membela klub Meksiko, UNAM.

Baca Juga:

Melawan Arus, Neymar Senang Piala Dunia 2022 Digelar Pertengahan Musim

Xavi Hernandez Jagokan Brasil dan Argentina di Piala Dunia 2022

Skuad Timnas Brasil di Piala Dunia 2022: Martinelli Geser Firmino

Dengan 124 caps dan delapan gol bersama timnas Brasil, seyogyanya tidak aneh jika Tite memanggil Alves. Tetapi saat ini Alves bukan pemain yang sama seperti di masa lalu, khususnya saat masih prima, dan itu menimbulkan pertanyaan. Tite punya jawabannya.

"Dia (Alves) menambahkan aspek teknis dan taktis yang mengesankan, menjadi organisator, artikulator. Tentu dia bukan lagi pemain (yang berlari) 60 sampai 70 meter, tapi dia punya kelebihan lain. Kriteria itu memberi penghargaan pada kualitas teknisnya, tetapi juga aspek mental dan fisiknya," terang Tite seperti dilansir dari Goal.

Bahkan Alves saat ini juga tengah menjalani pemulihan cedera lutut bersama UNAM, kendati demikian Fabio Mahseredjian selaku dokter timnas Brasil yakin Alves bisa pulih tepat waktu.

"Kami telah mengikuti proses pemulihannya dengan sangat dekat dan seluruh data yang kami miliki dari dokter Barcelona, menunjukkan bahwa dia fit untuk bermain," papar Mahseredjian.

Pengalaman Alves jadi nilai penting bagi Brasil dan ia dapat menghidupkan suasana di kamar ganti pemain. Legenda Barcelona jadi salah satu pemain berusia 30 tahun atau lebih yang dipanggil Tite ke dalam skuad Brasil.

Selain Alves ada Alisson (30 tahun), Weverton (34 tahun), Danilo (31 tahun), Alex Sandro (31 tahun), Casemiro (30 tahun), Everton Ribeiro (33 tahun), dan Neymar (30 tahun). Brasil ada di grup G Piala Dunia 2022 dengan Serbia, Swiss, dan Kamerun.

Brasil Timnas Brasil Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Dani alves
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan