BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, membagikan kabar terbaru terkait rencana PSSI mencalonkan diri sebagai tuan rumah putaran final Piala Asia 2023. Menpora Zainudin Amali mengatakan PSSI sudah mengirimkan surat resmi ke AFC.

"Bahkan PSSI sudah ke markas AFC. Sudah ada komunikasi. Ditunggu saja. Mohon dukungan dan doanya," kata Zainudin Amali saat ditemui awak media di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (2/7) malam WIB.

Dalam kesempatan itu, Zainudin Amali juga kembali menegaskan dukungan pemerintah atas pencalonan Indonesia sebagai host Piala Asia 2023. Bahkan restu itu datang langsung dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

"Walau kami tahu itu tidak mudah. Tapi pemerintah, khususnya Bapak Presiden, meminta kepada saya untuk memberitahu PSSI untuk silakan mengajukan diri jadi tuan rumah Piala Asia," ujarnya.

Baca Juga:

Timnas Indonesia U-19 Disambut Meriah Suporter, Ketum PSSI Iwan Bule Bangga

Piala Indonesia Dihidupkan Lagi Tahun Ini, Tim Juara Berpeluang ke Piala AFC 2023

"Mudah-mudahan kita akan berhasil. Setelah Piala Dunia U-20, kita jadi penyelenggara Piala Asia," ujarnya.

Adapun Piala Dunia U-20 2023 akan digelar di Indonesia pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023. Sementara Piala Asia 2023 dihelat pada 16 Juni-16 Juli 2023.

Selain Indonesia, ada empat negara lain yang berminat sebagai tuan rumah gelaran paling bergengsi di Benua Kuning tersebut. Empat negara tersebut di antaranya Jepang, Korea Selatan, Qatar, dan Australia.

Piala Asia 2023 seharusnya digelar di China. Namun, China memilih mundur karena pandemi COVID-19. Alasan itu juga yang membuat Negeri Tirai Bambu mundur sebagai tuan rumah Asian Games 2022.