BolaSkor.com - Timnas Vietnam gagal melaju ke semifinal usai dikalahkan Jepang 1-0 pada laga perempat final Piala Asia 2019 , di Stadion Rashid Al-Maktoum, Kamis (24/1). Gol semata wayang Samurai Biru diciptakan Ritsu Doan melalui titik putih.

Sejatinya, meski kalah penguasaan bola, Vietnam mampu menciptakan banyak peluang yang membahayakan gawang Jepang. Skuat asuhan Hang-Seo Park tersebut mengkreasikan 12 peluang sepanjang laga.

Pada awal pertandingan, Vietnam mengejutkan pertahanan Jepang dengan tendangan yang dilepaskan Nguyen Trong Hoang. Namun, tendangan kaki kiri sang pemain masih menyamping ke sisi kiri gawang.

Timnas Jepang meraih peluang pada menit ke-23 melalui Genki Haraguchi. Sayangnya, bola hasil tendangan yang dilepaskan dari sisi kiri kotak penalti itu masih bisa dimentahkan.

Jepang sempat mencetak gol pada menit ke-24. Namun, setelah melihat VAR wasit yang bertugas di lapangan membatalkannya.

Baca juga:

5 Fakta Menarik dari Fase Grup Piala Asia 2019

5 Bintang Piala Asia 2019 yang Berpeluang Tampil di Eropa

Timnas Vietnam Vs Timnas Jepang

Memasuki menit ke-35, Vietnam kembali mengambil alih permainan. The Golden Stars meraih tiga peluang melalui Pha Van Duc, Nguyen Quang Hai dan Phan Van Duc. Akan tetapi, tidak ada satu pun yang menggetarkan jala gawang Samurai Biru.

Jepang akhirnya bisa membuka keunggulan melalui tendangan penalti Ritsu Doan pada menit ke-57. Sang pemain menempatkan bola ke suduk kanan gawang Vietnam. Sebelumnya, Bui Tien Dung I melalukan pelanggaran di kotak terlarang.

Vietnam yang tertinggal tak tinggal diam. The Golden Stars menciptakan peluang membahayakan melalui tendangan Phan Van Duc dan Nguyen Phong Hong Duy. Namun, skor 1-0 masih belum berubah.

Kedua tim saling jual beli serangan pada waktu yang tersisa. Mentalitas Jepang terbukti usai berhasil menahan gempuran dan menjaga skor 1-0 bertahan hingga peluit panjang.

Dengan hasil tersebut tidak ada lagi wakil Asia Tenggara pada Piala Asia 2019. Sebelumnya, timnas Thailand harus tersisih usai dikalahkan China pada babak 16 besar.

Susunan pemain:

Vietnam: 23-Dang Van Lam; 8-Trong Hoang Nguyen, 2-Duy Manh Do, 3-Ngoc Hai Que, 4-Tien Dung Bui, 5-Van Hau Doan, 10-Cong Phuong Nguyen, 16-Hung Dung Do, 19-Quang Hai Nguyen, 7-Huy Hung Nguyen, 20-Phan Van Duc

Manajer: Hang-Seo Park

Jepang: 12-Shuichi Gonda; 19-Hiroki Sakai, 16-Takehiro Tomiyasu, 22-Maya Yoshida, 5-Yuto Nagatomo, 21-Ritsu Doan, 7-Gaku Shibasaki, 6-Wataru Endo, 8-Genki Haraguchi, 11-Koya Kitagawa, 9-Takumi Minamino

Manajer: Hajime Moriyasu