Wasit Final Piala Dunia 2022: Szymon Marciniak Wujudkan Mimpi

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 17 Desember 2022
Wasit Final Piala Dunia 2022: Szymon Marciniak Wujudkan Mimpi
Szymon Marciniak (Twitter)

BolaSkor.com - FIFA telah memilih wasit yang akan bertugas pada laga final Piala Dunia 2022. Pengadil asal Polandia, Szymon Marciniak mendapat kehormatan untuk memimpin duel Argentina kontra Prancis tersebut.

Laga final akan berlangsung di Lusail Stadium, Minggu (18/12), pukul 22.00 WIB. Argentina dan Prancis akan tampil habis-habisan untuk meraih gelar juara.

Duel Argentina kontra Prancis diprediksi berlangsung sengit dan menarik. Itu tak lepas dari kehadiran bintang-bintang kelas atas yang memperkuat kedua tim.

Baca Juga:

Karim Benzema Tak Tertarik Tampil di Final Piala Dunia 2022?

Piala Dunia 2022: Suplemen Tradisional di Balik Kekuatan Argentina

Rekor Pertemuan Argentina Vs Prancis: Tim Tango Superior

Untuk menghasilkan laga yang berkualitas, dibutuhkan kinerja wasit yang sempurna. FIFA menilai Marciniak mampu menjawab tantangan tersebut.

Marciniak merupakan wasit berusia 41 tahun yang sudah mendapat lisensi FIFA sejak 2013 silam. Menariknya, ia belum pernah memimpin laga final turnamen akbar.

Satu-satunya pertandingan final level tinggi yang pernah dipimpin Marciniak adalah ajang Piala Super Eropa 2018. Ketika itu Atletico Madrid mengalahkan Real Madrid dengan skor 4-2.

Meski minim pengalaman memimpin laga final, Marciniak punya modal bagus untuk menjawab kepercayaan ini. Performanya di Piala Dunia 2022 menjadi salah satu yang terbaik.

Sebelum memimpin laga final, Marciniak sudah dua kali bertugas di Piala Dunia 2022. Kebetulan atau tidak, pertandingan yang dipimpinnya melibatkan Argentina dan Prancis.

Duel Prancis kontra Denmark pada fase grup menjadi debut Marciniak di Piala Dunia. Ketika itu Les Bleus menang dengan skor 2-1.

Marciniak kemudian menjadi wasit saat Argentina mengalahkan Australia pada babak 16 besar. Skor pertandingan itu juga 2-1.

Dari dua pertandingan tersebut, Marciniak total mengeluarkan lima kartu kuning tanpa kartu merah dan hadiah penalti. Sebuah catatan yang cukup menjanjikan.

Marciniak tak bisa menutupi rasa bahagianya dengan kepercayaan ini. Tampil di final Piala Dunia menjadi salah satu mimpinya.

"Kedengarannya fantastis, itu adalah impian saya ketika saya masih kecil. Sebagai pemain sepak bola muda saya bermimpi bermain di final dan sekarang saya harus bermain di final sebagai wasit," kata Marciniak dilansir dari TyC Sports.

"Memimpin final Piala Dunia seperti menjadi seorang juara bagi saya.

Dalam menjalankan tugasnya, Marciniak akan dibantu dua asisten wasit yang juga berasal dari Polandia, Pawe? Sokolnicki dan Tomasz Listkiewicz. Sementara wasit cadangan adalah Ismail Elfath (Amerika Serikat), dan petugas VAR, Tomasz Kwiatkowski (Polandia).

"Saya mengharapkan pertandingan yang hebat. Argentina dan Prancis memiliki nama besar dan pemain yang mampu melakukan hal-hal luar biasa kapan saja," tambahnya.

"Itulah mengapa saya harus sangat fokus setiap detik pertandingan, Anda tidak boleh kehilangan konsentrasi."

Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Timnas Argentina Timnas Prancis Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan