Piala Dunia 2022: Suplemen Tradisional di Balik Kekuatan Argentina

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 16 Desember 2022
Piala Dunia 2022: Suplemen Tradisional di Balik Kekuatan Argentina
Timnas Argentina (Twitter)

BolaSkor.com - Banyak faktor yang membuat Timnas Argentina sukses melaju ke final Piala Dunia 2022. Selain kualitas tim, kelengkapan gizi untuk mendukung performa para pemain juga memainkan peran penting.

Terkait hal ini, Argentina bersama sejumlah tim asal Amerika Selatan lain punya suplemen andalan. Bentuknya berupa minuman herbal yang diberi nama Yerba mate.

Yerba mate memang merupakan salah satu minuman tradisional yang terbuat dari tanaman asli seperti teh. Tanaman ini populer di Paraguay, Uruguay, Brasil, dan Argentina.

Baca Juga:

Rekor Pertemuan Argentina Vs Prancis: Tim Tango Superior

5 Duel Rekan Satu Klub di Final Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022: Emiliano Martinez Bikin Arsene Wenger Bangga

Minuman ini disebut-sebut memiliki khasiat tinggi dan berfungsi menunjang performa atlet termasuk pesepak bola.

Menurut laporan New York Times, Skuat Argentina membawa Yerba mate sebanyak 498 kg ke Qatar. Jumlah tersebut menjadi yang terbanyak di antara wakil Amerika Selatan lainnya.

Sebagai gambaran, rombongan Brasil hanya membawa 11,8 kg yerba mate. Sementara Uruguay dengan 240 kg.

Mungkin inilah alasan Argentina tetap tampil spartan meski sempat kalah [ada laga perdana. Sebaliknya, kurangnya suplai yerba mate juga bisa menjadi penyebab tersingkirnya secara dini Uruguay dan Brasil.

Banyak orang yang menganggap Yerba mate mirip dengan teh hijau. Namun secara cita rasa dan fungsi, ternyata sangat bertolak belakang.

Presiden Institut Nasional Yerba Mate di Argentina, Juan Jose Szychowski menjelaskan secara rinci minuman ini. Yerba mate ternyata memiliki makna yang cukup dalam.

"Jika Anda mulai minum, Anda tidak akan berhenti dan ini lebih dari sekadar kebiasaan. Ketika seseorang datang, kami bilang ke mereka untuk meminum mate karena itu memupuk kebersamaan dan sesuatu yang baik untuk kesehatan," kata Szychowski.

Yerba mate memiliki banyak varian. ada yang dengan batang (rasanya lebih lembut), tanpa batang (rasanya lebih kuat, lebih pahit) dan dengan tambahan rasa.

Cara tradisional untuk meminumnya adalah dengan menggunakan cangkir dari labu berongga dan menyedotnya dengan sedotan. Namun ada juga yang memakai termos air panas.

Yerba mate tampaknya akan semakin populer usai gelaran Piala Dunia 2022. Apalagi jika akhirnya Argentina sukses keluar sebagai juara.

Serba-Serbi Piala Dunia 2022 Timnas Argentina Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan