BolaSkor.com - Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bisa bernafas lega lantaran tiga asisten yang diajukannya disetujui oleh PSSI. Tiga asisten tersebut adalah Kim Bong-soo, Shin Sang-gyu, dan Dzenan Radoncic.

Khusus nama terakhir, Dzenan Radoncic kemungkinan bakal menjadi asisten pelatih teknik Timnas Indonesia pengganti Kim Woo-jae. Sedangkan Kim Bong-soo sebagai pelatih kiper, dan Shin Sang-gyu jadi pelatih fisik.

Radoncic adalah pria berkebangsaan Montenegro. Ia lahir pada 2 Agustus 1983. Pria 38 tahun itu sudah gantung sepatu setelah membela klub tanah kelahirannya, Mornar Bar pada tahun 2015.

Baca Juga:

Dzenan Radoncic, Berharap Melatih di Korea tetapi Justru Bantu Timnas Indonesia

Profil Dzenan Radoncic: Legenda K-League, Murid Shin Tae-yong, Asisten Timnas

Dzenan Radoncic
Dzenan Radoncic. (Istimewa)

Ia pernah menjadi pemain Shin Tae-yong di Seongnam Ilhwa Chunma (2009-2012). Kolaborasinya menghasilkan dua trofi, yakni Liga Champions Asia 2010 dan Piala FA Korea 2011.

Selama kariernya sebagai pemain, Radonic merupakan penyerang tengah. Ia sudah mencetak 74 gol dan 19 assist dari 249 penampilan.

BolaSkor.com berkesempatan berbincang langsung dengan Radoncic. Ia membeberkan ilmu apa saja yang akan dibawanya ke Timnas Indonesia, dan juga bicara soal sepak bola Tanah Air. Berikut kutipan wawancara eksklusifnya:

Dzenan Radoncic
Dzenan Radoncic. (Bluewings)

Bagaimana perasaan Anda setelah mendapat pinangan menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia?

Saya merasa senang federasi (PSSI) dan presiden (Ketum PSSI Mochamad Iriawan) menerima saya sebagai asisten pelatih. Dan itu merupakan kehormatan besar bagi saya.

Apa yang Anda tahu tentang sepak bola Indonesia?

Saya belum tahu secara menyeluruh soal sepak bola Indonesia. Saya tidak terlalu mengenal Liga Indonesia, tetapi saya bisa melihat potensi besar para pemain di sana.

Apa yang Anda tahu soal Indonesia?

Saya pikir Indonesia adalah negara yang luar biasa dengan sejarah yang hebat, dan saya menantikan untuk menjelajahi negara dan budayanya. Dan makanannya tentu saja.

Bagaimana sosok Shin Tae-yong di mata Anda?

Mr. Shin adalah mantan pelatih saya dan kami membuat sukses besar bersama-sama. Saya sangat menghormatinya dan saya menantikan bekerja di bawah Mr. Shin. Dan dengan pengalaman Piala Dunia dan seluruh staf, saya melihat peluang besar untuk Timnas Indonesia. Bagi saya itu adalah kehormatan besar bahwa saya mendapat undangan dari Mr. Shin.

Baca Juga:

Profil Shin Sang-gyu: Pelatih Fisik Baru Timnas, Pernah Berkiprah di Piala Dunia

Profil Kim Bong-soo: Pelatih Kiper Baru Timnas Indonesia yang Melegenda

Dzenan Radoncic
Dzenan Radoncic. (Istimewa)

Lalu apa yang akan Anda tularkan ke Timnas Indonesia?

Saya yakin saya akan membawa semua pengalaman untuk para pemain sejak saya bermain di Asia pada level tinggi selama 11 tahun. Dan saya akan membawa gaya sepak bola Eropa di Timnas, karena saya sudah melatih di sini di Eropa selama 3 tahun sekarang.

Dan saya yakin ini adalah kesempatan besar bagi saya sebagai pelatih muda untuk meningkatkan pengetahuan saya dan belajar dari mentalitas dan gaya sepakbola yang berbeda. Dan saya yakin tim ini akan menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Janji Anda kepada suporter Timnas Indonesia?

Para penggemar akan menikmati menonton pertandingan Timnas di masa depan.

Kapan Anda datang ke Indonesia?

Saya belum datang ke Indonesia karena saya sedang menunggu dokumen. Tapi saya yakin dengan orang-orang dari federasi (PSSI), saya akan siap dalam beberapa hari. Jadi saya bisa mulai bekerja sesegera mungkin.