BolaSkor.com - Lebih dari 60.000 penonton akan diizinkan hadir di Stadion Wembley untuk partai semifinal dan final Piala Eropa 2020 setelah UEFA sepakat dengan pemerintah Inggris.

Pekan lalu UEFA mengatakan mereka sedang dalam pembicaraan dengan pihak berwenang di London tentang izin suporter masuk dengan tinggal di sana kurang dari 24 jam dan tetap berada dalam zona gelembung. UEFA juga mencari pengecualian karantina untuk tamu VIP, termasuk perwakilan sponsor.

Terbaru, pemerintah Inggris telah sepakat untuk meningkatkan kapasitas di fase penyisihan grup saat ini dari sekitar 22.000 menjadi 40.000 di babak 16 besar.

Baca Juga:

Hasil dan Klasemen Akhir Grup D: Inggris Juara Grup, Kroasia Lolos Lubang Jarum

Ketika Pemain-pemain Atalanta Mewarnai Keseruan Piala Eropa 2020

Piala Eropa 2020: Timnas Turki, dari Kuda Hitam Menjadi Tim Pesakitan

Sekarang Wembley diizinkan terisi hingga 75 persen kapasitas untuk semifinal dan final. Belum ada rincian yang diberikan tentang bagaimna penggemar dari luar negeri dapat hadir tanpa harus dikarantina setelah terbang ke London.

"18 bulan terakhir telah mengajari kami, baik di dalam maupun di luar lapangan, betapa pentingnya penggemar dalam permainan ini," kata presiden UEFA Aleksander Ceferin dikutip dari Marca.

"Turnamen ini telah menjadi mercusuar harapan untuk meyakinkan orang-orang bahwa kita kembali ke cara hidup yang lebih normal dan ini adalah langkah lebih lanjut," tambahnya.

"Saya berterima kasih kepada perdana menteri dan pemerintah Inggris atas kerja keras mereka dalam menyelesaikan kesepakatan ini dengan kami."

Turis dari semua negara non-Inggris yang bersaing di Piala Eropa 2020 harus dikarantina setidaknya selama lima hari setelah tiba di negeri Ratu Elizabeth. Hal tersebut sesuai dengan peraturan umum di Inggris untuk menekan laju penyebaran virus Corona.

Ada kekhawatiran di Inggris melihat adanya gelombang ketiga infeksi Covid-19 dengan kasus meningkat menjadi 68.449 selama tujuh hari terakhir. Angka tersebut mencuat karena adanya varian delta yang menular pertama kali diidentifikasi di India.

Kanselir Jerman Angela Merkel juga berharap UEFA dapat menangani masalah tersebut secara bertanggung jawab.

"Saya berharap UEFA akan menangani hal tersebut secara bertanggung jawab dan saya pikir baiknya jika stadion di sana tidak penuh," katanya di Berlin.

Untuk memasuki Wembley, sejauh ini penggemar harus menunjukkan hasil tes negatif covid atau bukti bahwa mereka telah divaksin.

Piala Eropa 2020 akan menjadi kerumumnan terbesar di Inggris sejak pandemi terjadi di negara tersebut pada Maret 2020. (sav)

Simak Rangkuman Keseruan Piala Eropa 2020 di sini