BolaSkor.com - Valentino Rossi memulai MotoGP 2019 dengan catatan baik. Dia sempat dua lomba berturut-turut finis urutan kedua di Argentina dan Amerika Serikat.

Namun sejak momen itu sampai saat ini, pembalap pabrikan Yamaha tersebut belum lagi merasakan podium. Dia bahkan pernah tiga lomba beruntun gagal finis.

Pimpinan proyek Yamaha di MotoGP, Takahiro Sumi pun menceritakan kesulitan yang dialami Rossi. Menurutnya kesalahan ada pada motor YZR-M1.

Baca Juga:

Yamaha Ketinggalan Zaman, Baru Coba Lengan Ayun Karbon

Yamaha Pastikan Gunakan Komponen Baru di Motor YZR-M1 pada MotoGP San Marino

"Valentino mengawali musim ini dengan baik. Tapi kemudian performanya menurun. Karena kami gagal menemukan basis yang bagus dalam sudut pandang penanganan motor dan keausan ban," kata Sumi.

Lebih lanjut Sumi menceritakan kesulitan yang dialami rekan setim Rossi, Maverick Vinales sangat berbeda. Dia menyebut pada awal musim, pembalap asal Spanyol itu gagal tampil konsisten.

"Mulai di Barcelona, ia mulai menemukan performa yang baik dan konsisten. Puncaknya di Assen, ia meraih kemenangan. Itu bagus buatnya dan Yamaha," Sumi menuturkan.

Kans Yamaha menambah pundi-pundi kemenangan di MotoGP 2019 terbuka lebar. Karena lomba putaran 13 berlangsung di Sirkuit Misano, San Marino, 15 September. Para pengendara YZR-M1 memang tampil kompetitif ketika tes privat di Misano, pekan lalu.*