BolaSkor.com - Mario Gomez resmi mundur dari jabatan pelatih kepala Arema FC sejak awal Agustus lalu. Mantan pelatih Persib Bandung ini mundur dari Arema FC lantaran tidak sepakat dengan tawaran kontrak baru yang disodorkan oleh Arema FC.

Mario Gomez bukan pelatih pertama yang mengakhiri karier sebagai pelatih Arema FC. Terhitung ada 11 pelatih yang juga tak bertahan selama satu musim di kursi pelatih Singo Edan.

Delapan di antaranya merupakan pelatih lokal dan empat di antaranya merupakan pelatih asing. BolaSkor.com mencoba menjabarkan pelatih-pelatih yang tidak bertahan selama satu musim tersebut.

Baca Juga:

Alasan Felipe Americo Geber Latihan Lebih Awal bagi Kiper Arema FC

Alasan Elias Alderete Gabung Latihan Arema FC

1. Joko Susilo

Joko Susilo. (BolaSkor.com/Kristian Joan)

Pada Liga 1 2018 lalu, Joko Susilo menjadi pelatih Arema FC yang harus diberhentikan oleh Arema FC. Menggantikan posisi Milomir Seslija, penampilan pria yang kerap siapa Gethuk ini justru kurang memuaskan. Baru delapan laga, Gethuk akhirnya harus dipecat oleh manajemen.

2. Aji Santoso

Aji Santoso juga tidak berhasil menyelesaikan kontraknya di Arema FC. Karena penampilan tim yang kurang memuaskan, legenda Timnas Indonesia itu harus mundur. Aji Santoso tercatat hanya melatih Arema FC sebanyak 17 pertandingan.

3. Suharno

Pada tahun 2015 lalu, Arema FC harus kehilangan pelatihnya Suharno. Bukan karena pemecatan atau mengundurkan diri, Suharno tutup usia.

4. Rahmad Darmawan

Rahmad Darmawan. (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

Nama pelatih tenar seperti Rahmad Darmawan juga pernah menjadi korban keganasan manajemen Arema FC. Pelatih yang kerap disapa RD itu melatih Arema pada 2013 lalu.

Musim belum berakhir atau saat baru memasuki pertandingan ke-30, RD mengundurkan diri lantaran tidak bisa memberikan gelar juara kepada Arema FC.

5. Wolfgang Pikal

Wolfgang Pikal pernah menjadi sosok pelatih yang cukup diperhitungkan saat itu. Masuk pada tahun 2012, pelatih asal Austria ini masuk ke Singo Edan dengan modal, sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia. Kariernya orang kepercayaan Alfred Riedl tak bertahan lama di Arema. Pikal tercatat hanya memimpin Arema FC di empat laga.

6. Bambang Nurdiansyah

Nama beken seperti Bambang Nurdiansya pun tak luput dari korban Arema FC. Mantan pelatih Persija Jakarta dan Persita Tangerang ini pernah menangani Arema FC pada tahun 2008. Namun ia bernasib nahas dan hanya menangani Singo Edan selama empat pertandingan karena harus dipecat oleh manajemen.

7. Miroslav Janu

Miroslav Janu. (Istimewa)

Nama Miroslav Janu paling berkesan bagi Arema FC. Ia berhasil membawa permainan Arema FC lebih baik dari sebelumnya. Pelatih asal Republik Ceko ini mundur karena tak sepakat dengan perpanjangan kontrak sebulan yang disodorkan oleh manjemen Arema, setelah kompetisi molor.

8. Gusnul Yakin

Tahun 2003, Arema pernah memilih pelatih lokal, Gusnul Yakin. Manajemen sempat memilik ekspektasi yang besar dengan pelatih ini. Akhirnya Gusnul Yakin hanya bertahan selama lima pertandingan di Arema.

Gunsul Yakin. (Istimewa)

9. Terrence ‘Terry’ Wetton

Sebelum nama Gusnul Yakin muncul, Arema FC menunjuk pelatih asal Australia Terrence ‘Terry’ Wetton. Tapi pelatih asal Australia ini gagal memberikan sentuhan terbaiknya di Arema FC dan hanya bertahan selama lima pertandingan.

10. M Basri

Jauh sebelum itu, pada tahun 1992-1993 Arema FC sudah memiliki tradisi untuk mengganti pelatih di tengah musim. M. Basri yang baru hanya menangani Arema FC selama 16 pertandingan harus mundur dan memilih Mitra Surabaya sebagai tim yang ia tangani selanjutnya.

11. Sinyo Aliandoe

Sinyo Aliandoe (Istimewa)

Sinyo Aliandoe menjadi pelatih pertama yang mengundurkan diri dari Arema FC. Keputusan itu dibuatnya pada musim 1988/1989. Sinyo hanya menangani Arema FC selama 17 pertandingan.