BolaSkor.com - Spekulasi menyoal siapa pelatih Bayern Munchen berikutnya telah berakhir. Die Roten - julukan Bayern - telah menunjuk Julian Nagelsmann sebagai suksesor Hans-Dieter Flick yang akan pergi di akhir musim.

Nagelsmann mengakhiri efek domino yang terjadi selepas Flick menyatakan akan mundur di akhir musim sebagai pelatih Bayern. Menyusul kabar mundurnya Joachim Low dari kursi timnas Jerman selepas Piala Eropa 2020, Flick jadi kandidat utama melatih Die Mannschaft.

Bayern memecahkan rekor transfer pelatih dengan membayar 25 juta euro kepada RB Leipzig untuk Nagelsmann, itu mengalahkan rekor Andre Villas Boas ketika Chelsea memboyongnya sebesar 15 juta euro dari Porto pada 2011.

Baca Juga:

Hansi Flick Angkat Kaki, Bayern Munchen Resmikan Julian Nagelsmann

Banderol yang Dibutuhkan Bayern untuk Memboyong Julian Nagelsmann

Alasan Bayern Munchen dan PSG Tolak Gabung Liga Super Eropa

Hansi Flick dan Julian Nagelsmann

"FC Bayern telah mengontrak Julian Nagelsmann, 33 tahun, sebagai pelatih anyar. Lahir di Bavaria, ia akan pindah dari RB Leipzig ke Bayern pada awal musim mendatang atau 1 Juli 2021. Kesepakatan dengan pemilik rekor juara Jerman itu akan berjalan selama lima tahun hingga 30 Juni 2026," demikian pernyataan resmi Bayern.

Presiden Bayern Herbert Hainer juga menyambut Nagelsmann sebagai pelatih baru Manuel Neuer dkk. Tak lupa Hainer menuturkan terima kasih kepada Flick yang telah mempersembahkan treble winners bersejarah untuk Bayern.

"Julian Nagelsmann adalah perwakilan dari generasi baru pelatih. Meski usianya masih muda, ia memiliki karier yang mengesankan. Kami yakin dengan Julian Nagelsmann kami akan membangun kesuksesan besar dalam beberapa tahun terakhir," tutur Hainer.

"Saya ingin berterima kasih kepada Hansi Flick atas nama FC Bayern. Dia mengambil alih tim kami dalam fase yang sulit pada 2019 dan kemudian memenangkan enam gelar, semoga gelar ketujuh segera menyusul."

"Dia akan selalu mendapat tempat di buku sejarah FC Bayern. Kami mendoakan yang terbaik untuk masa depannya."

Merekrut Julian Nagelsmann merupakan keputusan tepat bagi Bayern Munchen. Berikut BolaSkor.com menjabarkan alasannya:

1. Muda dan Inovatif

Baru berusia 33 tahun, Julian Nagelsmann adalah pelatih muda dari Jerman dengan talenta besar di karier kepelatihan. Nagelsmann telah membuktikannya dengan Hoffenheim dan RB Leipzig.

Meski belum meraih trofi di sana Nagelsmann telah mengangkat performa tim dengan skuad seadanya. Metode kepelatihannya juga inovatif dengan adanya istilah 'Footbonaut' di sesi latihan ala Nagelsmann.

Dia mengontrol gerakan para pemain dengan drone untuk menganalisis kekurangan dan kelebihan. Taktik yang digunakannya juga inovatif dengan skuad yang dimiliki. Dengan Leipzig saja Nagelsmann bisa berkembang, apalagi bersama skuad juara Bayern dengan kualitas dan pengalaman lebih.

2. Investasi Jangka Panjang

Niko Kovac dan Julian Nagelsmann

Belajar dari pengalaman kegagalan Niko Kovac sebagai pelatih Bayern hingga digantikan Hansi Flick, pelatih muda tak memberi jaminan sukses. Akan tapi jika berbicara investasi jangka panjang maka Nagelsmann sosok yang tepat.

Bayern harus bersabar kepadanya apabila nantinya berada dalam periode buruk, sebab bagi Nagelsmann ini kali pertama melatih klub besar setelah membesut Hoffenheim dan Leipzig.

3. Menjaga Pondasi Bayern

Nagelsmann datang ke Bayern dalam kondisi yang ideal. Skuad Bayern saat ini sangat berpengalaman, berisikan kualitas individu top, serta kombinasi pemain muda-senior berbakat. Nagelsmann hanya perlu menjaga pondasi yang sudah dibangun Flick.

Artinya, Nagelsmann tinggal menanamkan konsep bermain yang diinginkannya dan inovasi baru guna memberikan suasana baru di dalam klub, bisa jadi dengan merekrut nama-nama anyar tambahan untuk memperkuat skuad yang sedianya sudah bagus.

Ide kreatif Nagelsmann dan skuad juara Bayern adalah pasangan yang pas, tinggal bagaimana keduanya melebur untuk mengejar kesuksesan di masa depan.