3 Dampak Positif Liga Super Eropa

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Selasa, 20 April 2021
3 Dampak Positif Liga Super Eropa
Liga Super Eropa (Twitter)

BolaSkor.com - Liga Super Eropa membuat sepak bola dunia menjadi gaduh. Beberapa kalangan menentang rencana 12 klub membuat kompetisi sendiri. Namun, apakah benar Liga Super Eropa hanya akan berdampak negatif?

Sebanyak 12 klub papan atas Eropa yakni Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, Manchester City, Manchester United, Chelsea, Liverpool, Arsenal, Tottenham Hotspur, Juventus, AC Milan, dan Inter Milan menggagas sebuah kompetisi baru bernama Liga Super Eropa.

Liga Super Eropa memungkinkan para pesertanya mendapatkan uang lebih banyak dari yang selama ini diterima saat mengikuti Liga Champions atau Liga Europa.

Baca Juga:

Tak Gentar dengan Ancaman UEFA, 12 Klub Dirikan Liga Super Eropa

Pernyataan Tegas UEFA Terkait Liga Super Eropa

Sanksi Berat Menanti Klub dan Pemain yang Ikut Liga Super Eropa

Liga Super Eropa

Namun, rencana tersebut mendapatkan larangan keras dari UEFA. Bahkan, sederet sanksi sudah disiapkan bagi para klub dan pemain yang melanggar.

Rupanya, bila dilihat dari dua sisi, Liga Super Eropa juga memiliki dampak positif. Berikut tiga di antaranya:

1. Mengakhiri Monopoli UEFA

Gelandang Real Madrid, Toni Kroos, pernah mengeluarkan pendapat yang menyerang UEFA. Ia menyebut, para pemain sepak bola digunakan sebagai mesin pencetak uang untuk keuntungan pribadi.

Kroos mengecam UEFA dan FIFA sebagai badan resmi sepak bola dunia. Menurutnya, kedua organisasi tersebut mengeksploitasi para pemain untuk tampil pada turnamen yang bertujuan meraup banyak uang. Para pemain menjadi korban dari padatnya jadwal.

Belum lagi masalah pandemi virus corona yang kenyataannya tidak menyurutkan UEFA untuk membatalkan UEFA Nations League. Akhirnya, banyak pemain yang cedera dan terpapar virus corona saat membela tim nasional.

Tak hanya itu, UEFA dan FIFA banyak mendapatkan kabar tidak sedap soal transparansi keuangan. Beberapa pihak menyebut ada korupsi di dalam dua badan itu.

Hadirnya Liga Super Eropa diyakini akan meminimalkan peluang korupsi. Akhirnya, klub dapat menerima uang lebih banyak.

2. Meningkatkan Level Persaingan

Tidak bisa ditepiskan jika uang menjadi bagian tidak terpisahkan dari sepak bola. Uang yang banyak dapat meningkatkan kualitas lapangan, perkembangan tim junior, kualitas kepelatihan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, uang juga bisa membeli pemain berkualitas. Ujung-ujungnya, dengan pemasukan lebih banyak, akan ada penambahan kualitas tim.

"Kami akan membantu sepak bola pada setiap level dan membawanya ke tempat yang selayaknya di dunia. Sepak bola adalah satu-satunya olahraga di dunia dengan lebih dari 4 miliar penggemar. Merupakan tanggung jawab bagi kami sebagai klub besar untuk merealisasikan keinginan mereka," kata presiden Real Madrid dan ketua Liga Super Eropa, Florentino Perez.

Dengan kualitas tim peserta saat ini dan ditambah keuntungan berlipat ganda, Liga Super Eropa menjanjikan kompetisi dengan kualitas lebih tinggi. Apalagi, banyak laga spesial yang akan digelar setiap tahun.

Selain itu, Liga Super Eropa diharapkan juga bisa menjaga napas para klub di tengah pendemi virus corona yang membuat perekonomian berada di nadir.

3. Menyenangkan Penggemar

Meski banyak mendapatkan penolakan, tetapi Liga Super Eropa menjanjikan pertandingan yang menyenangkan penggemar. Tim kesayangan akan bersua klub-klub papan atas dari Eropa.

Dengan format yang berbeda dari Liga Champions, Liga Super Eropa memiliki laga lebih banyak. Dengan begitu, para penggemar akan lebih lama menikmati tim kesayangan bertanding.

Belum lagi soal deretan pemain bintang yang akan ambil bagian. Merupakan suatu impian bagi para penikmat sepak bola melihat kumpulan para pemain papan atas saling unjuk gigi.

Liga Super Eropa Breaking News Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.564

Bagikan