3 Derby della Madonnina Paling Seru di Coppa Italia

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 26 Januari 2021
3 Derby della Madonnina Paling Seru di Coppa Italia
Derby della Madonnina (Twitter)

BolaSkor.com - Derby della Madonnina musim 2020-2021 tidak hanya akan berlangsung dua kali di Serie A. Inter Milan dan AC Milan juga ditakdirkan berjodoh pada ajang Coppa Italia.

Undian memang mempertemukan Inter dan Milan di babak perempat final. Kedua tim akan saling bunuh untuk memperebutkan tiket semifinal pada laga di Giuseppe Meazza, Rabu (27/1) pukul 02.45 dini hari WIB.

Inter dan Milan memiliki rivalitas yang panjang di Italia. Kedua tim tercatat sudah bertemu 192 kali di berbagai ajang.

Baca Juga:

Nyaris Berkelahi dengan Wasit, Antonio Conte Terancam Hukuman Berat

Milan Terkapar, Ibrahimovic Jadikan Laga Kontra Inter Ajang Penebusan Dosa

Respons Conte Usai Inter Gagal Manfaatkan Kekalahan Milan

Dari jumlah tersebut, Inter sedikit lebih unggul dalam rekor pertemuan. Nerazzurri menang 72 kali dan kalah 61 kali serta 59 sisanya berakhir imbang.

Sementara khusus di ajang Coppa Italia, Inter dan Milan sudah bertemu sepuluh kali. Uniknya, kedua tim sama-sama mengemas empat kemenangan dan dua sisanya berakhir imbang.

Duel antara Inter dan Milan selalu berlangsung panas. Hak itu juga terjadi di ajang Coppa Italia.

Berikut tiga Derby della Madonnina terseru yang terjadi di ajang Coppa Italia:

1. Perempat final musim 2017-2018

Milan dan Inter juga bertemu di fase perempat final pada Coppa Italia 2017-2018. Dalam pertandingan ini, kedua tim harus melakoni perpanjangan waktu untuk mencari pemenangnya.

Inter sebenarnya sempat menjebol gawang Milan pada menit ke-25 lewat gol bunuh diri Antonio Donnarumma. Namun gol ini akhirnya dianulir lewat bantuan VAR.

Kedua tim tetap gagal mencetak gol hingga waktu normal berakhir meski sejumlah peluang emas tercipta. Ketangguhan dua penjaga gawang menjadi salah satu penyebab hal ini terjadi.

Milan akhirnya mampu memecah kebuntuan pada akhir babak pertama perpanjangan waktu. Patrick Cutrone menjebol gawang Samir Handanovic lewat sontekan meneruskan umpan Suso.

Milan pun berhak melangkah ke semifinal. Tim yang ditangani Gennaro gattuso itu pada akhirnya mampu menembus final sebelum ditaklukkan oleh Juventus.


2. leg pertama perempat final musim 1999-2000

jauh sebelumnya, Inter dan Milan pernah menyuguhkan tontonan menarik saat melakoni perempat final Coppa Italia 1999-2000. Kejar-mengejar gol yang sengit mewarnai pertandingan ini.

Inter yang bertindak sebagai tim tamu unggul lebih dulu lewat gol spektakuler Christian Vieri pada menit ke-29. Ia melepaskan tembakan voli untuk menaklukkan Sebastian Rossi.

Milan baru bisa membalasnya jelang babak pertama usai. Andriy Shevchenko meneruskan sundulan Oliver Bierhoff dengan sontekan yang mengecoh Angelo Peruzzi.

Saat babak kedua memasuki menit ke-54, Inter kembali memimpin. Adrian Mutu yang baru berusia 21 tahun sukses mencatatkan namanya di papan skor.

Namun Milan hanya butuh satu menit untuk menyamakan kedudukan kembali. Shevchenko mencetak gol keduanya dengan penyelesaian yang dingin.

Petaka bagi Milan datang pada menit ke-69. Eksekusi tendangan bebas Clarence Seedorf memastikan kemenangan Inter.

Pada pertemuan kedua, Inter dan Milan bermain imbang 1-1 Hasil itu membuat La Beneamata berhak melaju ke semifinal.


3. Final musim 1976-1977

Pertemuan perdana Inter dan Milan pada ajang Coppa Italia terjadi di partai final. Momen itu berlangsung pada musim 1976-1977.

Laga yang berlangsung di San Siro itu penuh sesak dengan kehadiran suporter kedua klub. Milan akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor 2-0.

Dua gol kemenangan Milan dicetak oleh Aldo Maldera (64') dan Giorgio Braglia (89'). Il Diavolo Rosso sukses meraih gelar Coppa Italia keempatnya.

Laga ini juga menjadi momen perpisahan bagi Sandro Mazzola. Legenda Inter itu memang memutuskan final Coppa Italia 1976-1977 sebagai pertandingan terakhir dalam kariernya.

Derby della madonnina Coppa Italia AC Milan Inter Milan Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan