BolaSkor.com - Borussia Dortmund akan menjamu Bayern Munchen pada laga pekan ke-28 Bundesliga 2019-2020 di Signal Iduna Park, Selasa (26/5) pukul 23.30 wib. Ini merupakan Der Klassiker edisi ke-126 sepanjang sejarah.

Pertandingan ini sanagta krusial bagi kedua tim. Munchen dan Dortmund tengah bersaing ketat memperebutkan gelar juara Bundesliga.

Saat ini Munchen tengah memimpin klasemen dengan mengemas 61 poin. Sementara Dortmund berada tepat di belakangnya dan hanya tertinggal empat poin.

Munchen tentu lebih diunggulkan dalam pertandingan nanti karena pada pertemuan pertama menang dengan skor telak 4-0. Mereka juga sedikit diuntungkan karena Dortmund tak akan mendapat dukungan penuh suporter efek pandemi virus corona.

Baca Juga:

5 Fakta Menarik dalam Sejarah Der Klassiker

Prediksi Der Klassiker: Duel Kunci Perebutan Titel Bundesliga 2019-20

Jadwal Bundesliga Pekan 28: Der Klassiker di Signal Iduna Park

Dari rekor pertemuan, Munchen juga terlihat lebih superior ketimbang Dortmund. Mereka mampu mengemas 59 kemenangan dan hanya 33 kali kalah serta 33 imbang.

Hal itu juga terlihat dalam lima pertemuan terakhir kedua tim. Munchen meraih empat kemenangan dan hanya sekali kalah.

Namun Munchen patut waspada karena Dortmund kini sudah lebih kuat ketimbang pada pertemuan pertama. Hadirnya Erling Haaland yang didatangkan pada Januari lalu mempertajam lini depan Die Borussen.

Hadirnya Haaland secara tak langsung mengangkat performa para pemain Dortmund lainnya. Selain itu, mereka juga sejumlah bintang lain yang siap menjadi mimpi buruk Munchen.

Duel Dortmund kontra Munchen nanti diperkirakan akan berlangsung seru di semua lini. BolaSkor.com telah memilih tiga duel kunci berikut ini:

1. Erling Haaland vs David Alaba

Erling Haaland


Sepuluh gol dari sepuluh laga di Bundesliga sudah menunjukkan kualitas seorang Erling Haaland. Ia akan menjadi ancaman utama lini pertahanan Munchen.

Haaland dikenal sebagai penyerang yang sangat efektif dalam menyelesaikan peluang. Ia pintar mencari ruang di kotak penalti lawan sehingga mudah dilayani rekan-rekannya.

Ini akan menjadi tugas berat bagi David Alaba yang mulai menjadi andalan Munchen di lini pertahanan.

Alaba merupakan bek tengah Munchen yang paling banyak bermain di Bundesliga musim ini. Padahal posisi aslinya adalah seorang bek kiri.

Namun hal itu tak membuat Alaba canggung. Duetnya bersama Jerome Boateng membuat Munchen menjadi tim dengan lini pertahanan terbaik kedua di Bundesliga sejauh ini dengan baru kebobolan 28 gol.

2. Matt Hummels vs Robert Lewandowski

Robert Lewandowski dan Matt Hummels


Lini depan Dortmund mungkin sudah lebih tajam seiring datangnya Haaland. Namun untuk urursan mencetak gol, ia dianggap belum selevel dengan penyerang Munchen, Robert Lewandowski.

Lewandowski yang juga pernah memperkuat Dortmund merupakan seorang raja gol di Bundesliga. Musim ini ia tengah memimpin daftar top skorer dengan koleksi 27 gol.

Lewandowski juga punya rekor bagus saat menghadapi Dortmund. Gawang mantan klubnya itu sudah pernah ia jebol sebanyak 18 kali.

Ini menjadi tantangan tersendiri bagi Matt Hummels. Skema tiga bek yang diterapkan Dortmund membuat perannya sangat vital dalam mengawal pertahanan.

Hummels punya pengalaman bermain untuk Munchen. Ha ini diharapkan bisa membuatnya paham bagaimana cara menghentikan setiap serangan mantan klubnya tersebut.

3. Raphael Guerreiro vs Thomas Muller

Raphael Guerreiro


Raphael Guerreiro menjelma menjadi bintang baru Dortmund sejak Bundesliga dilanjutkan kembali pada pertengahan bulan ini. Gelandang berkebangsaan Portugal itu mampu mencetak tiga gol dari dua laga..

Hal ini membuat Guerreiro akan kembali diandalkan memimpin lini tengah Dortmund kala menjamu Munchen. Ia tentu diharapkan dapat melanjutkan tren positif tersebut.

Guerreiro dikenal sebagai gelandang yang rajin. Ia terlibat aktif dalam skema serangan Dortmund dan sekaligus menjadi orang pertama yang melindungi lini pertahanan.

Pemain berusia 26 tahun itu akan terlibat banyak duel dengan Thomas Muller. Mantan penyerang Timnas Jerman itu memang kini dialihfungsikan menjadi gelandang seiring bertambahnya usia.

Namun Muller bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Ia kini memimpin daftar pembuat assist terbanyak di Bundesliga dengan total 17 buah. Jumlah tersebut hanya berselisih empat dengan Kevin De Bruyne yang memegang rekor pemegang assist terbanyak Bundesliga dalam satu musim.