BolaSkor.com - Barcelona akan melawan Athletic Bilbao pada pertandingan puncak Copa del Rey 2020, di Estadio de La Cartuja, Minggu (18/4). Ini bukan pertemuan pertama kedua klub di laga final.

Barcelona dan Bilbao pernah bersua delapan kali di final Copa del Rey. Barca unggul dengan meraih kemenangan pada edisi 1920, 1942, 1953, 2009, 2012, dan 2015. Sementara itu, Bilbao menang pada 1932 dan 1984.

Baca Juga:

Juara Copa del Rey, Real Sociedad Akhiri Penantian 34 Tahun

Barcelona Semakin Sibuk di Bursa Transfer

Kenangan Final Copa del Rey 2012, Barcelona Bermain bak Monster

Sebelum menyaksikan laga final nanti, BolaSkor akan mengajak Sobat BolaSkor bernostalgia soal pertempuran kedua klub di masa lalu. Berikut ini adalah tiga duel seru Barcelona Vs Athletic Bilbao di final Copa del Rey:

Athletic Bilbao 1-0 Barcelona (Copa del Rey 1984)

Athletic Bilbao 1-0 Barcelona (Copa del Rey 1984)

Satu di antara pertandingan paling seru antara Barcelona melawan Athletic Bilbao tersaji di final Copa del Rey 1984. Meski hanya satu gol yang tercipta, tetapi ada banyak momen yang sulit dilupakan.

Barcelona yang pada saat itu diperkuat Diego Maradona percaya diri menjadi juara. Namun, justru Bilbao yang keluar sebagai pemenang berkat gol semata wayang Endika pada menit ke-14.

Duel yang digelar di Santiago Bernabeu itu pun dipenuhi bentrokan setelah peluit panjang. Maradona ikut terlibat dalam pertarungan antarpemain. Sementara itu, Migueli melepaskan tendangan terbang ke punggung penggawa Bilbao.

Gelandang Barcelona, Bernd Schuster, sempat terkena lemparan benda dari bangku penonton. Kemudian, ia balik melemparkan benda tersebut ke arah suporter Bilbao.

Barcelona 4-1 Athletic Bilabo (Copa del Rey 2009)

Barcelona 4-1 Athletic Bilabo (Copa del Rey 2009)

Barcelona melenggang ke final usai menumbangkan Real Mallorca dengan agregat 3-1 di semifinal. Sementara itu, Bilbao mengatasi perlawanan Sevilla.

Pada duel yang dilangsungkan di Mestalla tersebut, Barcelona mengusung misi meraih treble. Gelar yang nantinya mereka raih adalah yang pertama sebelum titel LaLiga dan Liga Champions.

El Barca yang sedang dalam masa generasi emas dengan pemain-pemain seperti Carles Puyol, Xavi, Lionel Messi, Samuel Eto'o, dan Sergio Busquets menguasai jalannya laga. Sementara itu, Los Leones yang mengandalkan Fernando Llorente sebagai mesin gol lebih banyak melakukan serangan balik.

Toquero sempat membawa Bilbao unggul pada menit ke-8. Namun, Barcelona langsung membalasnya empat kali melalui Yaya Toure (32'), Messi (55'), Bojan Krkic (57'), dan Xavi (64').

Satu kejadian menarik di luar lapangan dari final tersebut adalah pemutaran lagu kebangsaan Spanyol sebelum laga. Tindakan tersebut memicu cemoohan dari penggemar Barca yang berasal dari Catalunya dan suporter nasionalis Basque dari Athletic Bilbao.

Athletic Bilbao 1-3 Barcelona (Copa del Rey 2015)

Athletic Bilbao 1-3 Barcelona (Copa del Rey 2015)

Bilbao dan Barcelona kembali bersua pada final Copa del Rey edisi 2015. Barca kembali berada di podium juara usai menang dengan skor 3-1.

Pada laga yang dihelat di Camp Nou itu, Barca sudah unggul ketika pertandingan baru berjalan 20 menit. Messi mengelabui empat pemain lawan sebelum melepaskan tembakan dari tiang dekat.

Neymar membawa Barca unggul 2-0 setelah mencetak gol pada menit ke-36. Pemain yang kini membela Paris Saint-Germain itu menyambar umpan Luis Suarez.

Memasuki menit ke-74, Dani Alves bekerja sama dengan Neymar dan memberikan umpan manis kepada Messi. Hasilnya, La Pulga mencetak gol.

Bilbao hanya bisa mencetak satu gol lima menit berselang. Sundulan Inaki Williams masuk ke dalam gawang Los Cules. Akhirnya, Barca menjadi juara usai unggul 3-1.

Usai laga, terjadi perdebatan soal aksi Neymar yang kerap melakukan aksi individu yang dianggap sebagai tindakan tidak sportif dan mengejek lawan. Sang pemain pun meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulanginya.