4 klub Italia yang Pernah Berjaya di Kandang Madrid

Arief HadiArief Hadi - Senin, 15 Maret 2021
4 klub Italia yang Pernah Berjaya di Kandang Madrid
Juventus vs Real Madrid (Twitter)

BolaSkor.com - Real Madrid akan menjamu Atalanta dalam lanjutan leg dua 16 besar Liga Champions, Rabu (17/03) pukul 03.00 dini hari WIB. Los Blancos memiliki keunggulan agregat gol tandang 1-0 tapi kedudukan itu belum sepenuhnya aman.

Atalanta punya kemampuan lebih dari cukup untuk mencetak gol dan membuat Madrid kerepotan meladeninya. La Dea sudah terkenal dengan permainan ofensif mereka di bawah arahan Gian Piero Gasperini pada taktik 3-4-2-1.

Saat ini di Serie A hanya Inter Milan (pemuncak klasemen) yang memiliki jumlah gol terbanyak di atas Atalanta (63 gol). Permainan ofensif Atalanta akan kembali menguji Madrid di Estadio Alfredo Di Stefano.

Baca Juga:

Setelah Haaland, Giliran Mbappe Ukir Rekor di Liga Champions

Saga Transfer Comeback Cristiano Ronaldo ke Madrid Sejauh Ini

Jadi Pahlawan Madrid, Karim Benzema Pilih Merendah

Madrid sedianya memiliki catatan bagus 39 kemenangan, 11 kali imbang, dan 26 kali kalah melawan Madrid dari total 76 laga. Tapi Atalanta bisa mengikuti jejak tim-tim Italia lainnya yang pernah menang kala mentas di markas Madrid.

Meski laga nanti tak berlangsung di Santiago Bernabeu yang sedang direnovasi, Atalanta punya peluang mengalahkan Madrid di markasnya seperti empat klub di bawah ini:

1. Inter Milan

Butuh mundur jauh hingga 1967 untuk melihat momen ketika Inter Milan berjaya di Santiago Bernabeu. Pada perempat final dalam format lama Liga Champions Madrid dibuat tak berdaya oleh Inter asuhan Helenio Herrera.

Usai menang 1-0 di leg pertama Il Nerazzurri menang 2-0 di Santiago Bernabeu melalui gol Renato Cappellini dan bunuh diri Zoco. Madrid kalah agregat gol 0-3 dan dibuat tak berkutik sama sekali menjebol gawang Inter.

2. AS Roma

Dua kali klub Ibu Kota mempermalukan Madrid di Santiago Bernabeu pada ajang Liga Champions. Pertama terjadi pada 2002 di fase grup ketika Roma-nya Fabio Capello menang 1-0 atas Madrid arahan Vicente Del Bosque dari gol tunggal Francesco Totti.

Roma dengan gagah berani meladeni Madrid dengan taktik 3-4-1-2 dan membuat Los Galacticos yang berisikan Ronaldo, Luis Figo, Zinedine Zidane, Claude Makele, Roberto Carlos, dan Fernando Hierro mati kutu.

Enam tahun berlalu Roma melakukan hal yang sama. Kali ini lebih epic karena terjadi di 16 besar alias fase gugur. Roma menang 2-1 di leg pertama dan menang lagi dengan skor yang sama di Bernabeu.

Rodrigo Taddei dan Mirko Vucinic membawa Roma menang 2-1 dan gol balasan Madrid dicetak Raul Gonzalez. Roma besutan Luciano Spalletti lolos ke delapan besar dengan agregat gol 4-2.

3. AC Milan

Fase grup Liga Champions 2009-2010. AC Milan mampu menghadirkan pertandingan seru di Bernabeu melawan Real Madrid yang berakhir dengan lima gol. Il Rossoneri keluar sebagai pemenang dengan skor 3-2.

Madrid sempat unggul dari gol Raul namun Milan langsung membalikkan keunggulan dari gol Andrea Pirlo dan Alexandre Pato, Royston Drenthe sempat menyamakan kedudukan kembali sembelum akhirnya Pato mengakhiri laga dengan kemangan 3-2.

4. Juventus

Seperti Roma, Juventus juga memberikan luka dua kali kepada Madrid di Bernabeu. Pertama terjadi pada 2008 di fase grup dengan skor 2-0 melalui dua gol legenda Juventus, Alessandro Del Piero.

10 tahun kemudian momen tersebut berulang dan ini masih hangat di pikiran fans Juventus. Terjadi di leg dua perempat final Liga Champions. Juventus menang 3-1 dari dua gol Mario Mandzukic dan satu gol Blaise Matuidi.

Akan tapi gol penalti kontroversial Cristiano Ronaldo di penghujung laga menyingkirkan Juventus yang kalah agregat gol 3-4. Selepas momen itu nama wasit asal Inggris Michael Oliver menjadi sorotan karena keputusannya memberi penalti di waktu krusial.

Breaking News Trivia Sepak Bola Real Madrid Liga Champions Italia
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.195

Bagikan