BolaSkor.com - Peran pemain pengganti tidak bisa begitu saja diremehkan. Meski pun sering menjadi sorotan media dengan stigma pemain cadangan sama dengan pemain yang tidak masuk pilihan pelatih, tapi pelatih memiliki rencana berbeda untuk mereka.

Pemain-pemain yang duduk di bangku cadangan bukan berarti performa mereka tidak bagus, memang ada beberapa pemain yang performanya menurun, tapi ada juga pemain yang baru sembuh dari cedera atau memang disiapkan dalam kondisi darurat.

Dalam skuat tim yang memiliki kedalaman skuat bagus seperti Real Madrid, Juventus, Barcelona, dan Manchester City, pemain-pemain yang duduk di bangku cadangan pun bernilai tinggi, baik itu dari segi kualitas atau banderol.

Baca Juga:

Lionel Messi Tak Perlu Tiru Langkah Cristiano Ronaldo Gonta-ganti Klub

5 Pemain yang Disia-siakan Inter Milan

6 Game Online yang Biasa Dimainkan Pesepak Bola di Tengah Isolasi Diri karena Virus Corona

Sudah banyak cerita pemain-pemain dengan status supersub atau pemain pengganti terbaik yang pernah mengubah jalannya pertandingan, semisal Ole Gunnar Solskjaer atau Javier Hernandez di Manchester United.

LaLiga juga demikian. Musim ini, sebelum liga ditunda karena virus corona, ada empat supersub terbaik dengan kontribusi gol yang mereka cetak ketika bermain dari bangku cadangan. Dikutip dari Marca, berikut keempat pemain tersebut:

1. Maxi Gomez - Valencia

Maxi Gomez

Kontribusinya signifikan dalam membantu lini serang Valencia sejak datang dari Celta Vigo sebesar 14,50 juta euro pada 2019 lalu. Maxi Gomez telah mencetak sembilan gol dan memberikan empat assists dari 32 laga yang telah dimainkan.

Tiga gol di LaLiga dicetaknya dari bangku cadangan. Penyerang asal Uruguay berusia 23 tahun diprediksi punya masa depan cerah, apalagi Maxi Gomez juga diincar oleh Barcelona untuk menggantikan kompatriotnya, Luis Suarez, yang sudah berusia 33 tahun.

2. Alexander Isak - Real Sociedad

Alexander Isak

Pernah digadang-gadang sebagai suksesor Zlatan Ibrahimovic di timnas Swedia. Alexander Isak baru berusia 20 tahun dan sudah mencetak 14 gol dari 34 laga di seluruh kompetisi dengan Real Sociedad yang merekrutnya dari Borussia Dortmund pada 2019.

Sociedad hanya merekrutnya sebesar 6,50 juta euro, namun kontribusinya sudah melebihi banderol itu. Empat gol di antaranya tercipta di LaLiga dari bangku cadangan bersama Sociedad.

3. Arturo Vidal - Barcelona

Arturo Vidal

Posisinya memang gelandang tengah, tapi ketika bermain dari bangku cadangan enerji Arturo Vidal dapat menularkan semangat kepada rekan setimnya. Enam gol telah ditorehkan Vidal dari 22 laga LaLiga dan tiga di antaranya tercipta saat turun dari bangku cadangan.

Kontrak pemain berusia 32 tahun habis pada 2021. Arturo Vidal dikaitkan dengan sejumlah klub Eropa, termasuk Inter Milan, karena isu hengkangnya dari Barcelona. Musim ini persaingan di lini tengah Barca berlangsung ketat karena di sana bercokol nama seperti Ivan Rakitic, Frenkie de Jong, dan Sergio Busquets.

4. Angel Rodriguez - Getafe

Angel Rodriguez

Sempat diincar oleh Barcelona, Angel Rodriguez membuktikan usia bukan halangan untuk tampil bagus. Meski sudah berusia 32 tahun penyerang asal Spanyol tetap tampil prima dan tajam mencetak gol. Angel sudah mencetak 14 gol dari 33 laga di seluruh kompetisi.

10 gol dicetaknya di LaLiga dan delapan di antaranya tercipta kala Jose Bordalas memasukannya dari bangku cadangan. Angel berandil besar membawa Getafe menembus fase 16 besar Liga Europa dan melawan Inter Milan.