BolaSkor.com - Virus corona tidak pandang buluh menyerang siapa pun. Virus dengan nama Covid-19 yang tadinya menyebar di tempat awal Wuhan, China, kini sudah menyebar ke seluruh dunia. Laman resmi WHO mencatatkan 416.686 kasus corona di dunia dengan kematian 18.589 orang di 197 negara atau area yang positif corona.

Dampaknya liga-liga top Eropa ditunda dari penundaan hingga 30 April 2020 (Bundesliga) hingga waktu yang tak ditentukan (LaLiga). Pemain-pemain sepak bola juga menjalani isolasi diri di beberapa negara yang melakukan lockdown.

Bagi mereka yang tidak terbiasa di rumah menjalani rutinitas di rumah tentu tidak mudah, meski mereka dikelilingi keluarga. Namun cukup banyak aktivitas yang dapat dilakukan di dalam rumah dari berolahraga, membaca buku, menonton televisi, hingga bermain game.

Baca Juga:

5 Rekomendasi Film untuk Pencinta Olahraga di Tengah Isolasi Mandiri dan Libur Kompetisi Akibat Virus Corona

Cristiano Ronaldo dan 5 Insan Sepak Bola Dunia yang Mengirim Pesan soal Virus Corona

Dampak Virus Corona, 7 Masalah Bayangi Sepak Bola Eropa

Memainkan game online lalu 'mabar' atau main bareng dengan teman-teman yang berlokasi jauh bukan hal yang baru di dunia sepak bola modern. Bahkan dunia sudah mengenal esports yang menjadi kompetisi olahraga dengan memainkan game online.

Para pemain bola yang terbiasa memainkan video game di rumah mereka untuk mengusir penat tentu semakin banyak bermain di isolasi diri saat ini. Seperti yang diucapkan oleh Brahim Diaz, penyerang sayap Real Madrid.

"Saya bermain Fortnite, dan saya telah menjadi pro karena, pada dasarnya, saya tidak sering memainkannya," tutur Brahim Diaz beberapa waktu lalu.

Termasuk Fortnite, berikut enam game online yang dapat dimainkan untuk mengisi waktu di rumah di tengah isolasi diri. Game-game yang dimainkan pesepakbola ini bisa jadi referensi bagi Anda. Berikut penjabaran dari BolaSkor.com:

1. FIFA

Lucas Perez memainkan FIFA 20

Salah satu game sepak bola terbaik dunia pesaing PES. FIFA dibuat oleh Eletronic Arts di bawah label EA Sports dan sudah ada sejak medio 1990-an. Dari FIFA 95 hingga terkini FIFA 20 dengan banyak fitur yang dapat dimainkan.

Bisa dimainkan online dengan teman-teman, FIFA juga memiliki fitur permainan offline saat Anda menjadi manajer klub dan timnas, menjalani karier solo pemain, dan perjalanan khusus Alex Hunter, pemain sepak bola fiktif yang memulai karier dari tim kecil hingga besar.

Ada juga fitur Fut (FIFA Ultimate Team) yang merujuk kepada permainan membangun tim dengan mengoleksi pemain-pemain terbaik dunia, lalu memainkannya melawan tim pemain lain. Fitur ini sering dijadikan turnamen esports.

Baru ini LaLiga bahkan membuat LaLiga FIFA 20 Challenge di antara tim-tim LaLiga yang diwakili satu pemain. Penyerang sayap Real Madrid, Marco Asensio, menjadi juaranya.

2. Fortnite

Mesut Ozil memainkan Fortnite

Brahim Diaz, Mesut Ozil, dan Antoine Griezmann merupakan contoh tiga pemain yang memainkan game buatan Epic Games ini. Sejak dirilis pada 2017 game ini memiliki banyak penggemar karena dapat dimainkan di multi platform seperti PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch,

Permainannya cukup rumit dalam sistem battle royale untuk menjadi yang terbaik di antara pemain-pemain lain. Pemain bisa bermain solo (sendiri) atau dengan tim lain (hingga empat pemain) untuk menjadi juara dengan mengalahkan tim-tim lain.

Tiga mode dalam Fortnite adalah Fortnite: Save the World, Battle Royale, dan Creative. Mode pertarungan dimainkan dengan mode third person. Para pemain bisa menggunakan segala senjata yang tersedia di area untuk memenangi permainan, plus membangun bangunan hingga tangga untuk berlindung atau menghindari serangan lawan.

Selebrasi karakter Fortnite serta skin karakter menjadi keunikan game Fortnite. Tertarik memainkannya?

3. PES (Pro Evolution Soccer)

PES

Apabila kelebihan FIFA ada pada lisensi klub-klub dunia, PES unggul dari segi gameplay (permainan). Konami selaku pengembang game tahu betul bagaimana membuat pemain merasakan kenikmatan bermain PES dari segi permainan yang lebih - mendekati - realistis.

Dimulai dari 1995 PES juga memiliki penggemarnya sendiri dan menggandeng klub top Eropa seperti Barcelona. Megabintang Barcelona, Lionel Messi juga kerap memainkannya, baik secara online atau offline.

4. PUBG

PUBG

Dikembangkan oleh Developer PUBG Corporation, PUBG atau PlayerUnknown's Battlegrounds menjadi salah satu game yang digandrungi penikmatnya di dunia, khususnya di Indonesia.

Para pemain bersaing, baik itu solo atau tim, menjadi yang terbaik (last man standing) hingga akhir. Mereka bisa menggunakan kendaraan hingga seluruh senjata di area untuk mengalahkan tim lain. Neymar jadi salah satu pemain yang memainkannya.

5. CS:GO (Counter Strike Global Offensive)

Neymar memainkan CS:GO

Neymar memainkannya disinyalir bersama rekan setimnya di timnas Brasil seperti Philippe Coutinho, Gabriel Jesus, Casemiro, dan Willian. Bintang PSG (Paris Saint-Germain) itu bahkan pernah melakukan selebrasi ala CS:GO.

Sembari menutup mata seolah mendapatkan lemparan flashbang, Neymar melakukan selebrasi gol. Game ini bisa jadi salah satu rekomendasi bagi pecinta game first person. Counter Striker sudah ada sejak 2012 dan kini bisa dimainkan di Windows, Playstation.

6. Football Manager

Paul Pogba memainkan Football Manager

Game simulasi manajer klub ini bisa membuat pecintanya kecanduan bermain hingga berjam-jam, apalagi Football Manager bisa dimainkan kapan pun melalui android atau IPhone selain dari PC. Football Manager (FM) sudah ada sejak 2005.

Tantangan membangun tim, jika Anda memilih memulai karier dari tim kecil, menjadi salah satu tantangan di game ini. Anda benar-benar berperan sebagai manajer dengan cara mengatur keuangan klub, pemain, transfer, dan lainnya.

Data-data yang diambil juga berdasarkan statistik di dunia nyata. Tidak heran banyak yang melihat referensi pemain muda berbakat dari FM. Gelandang Manchester United, Paul Pogba, pernah terlihat memainkannya pada Piala Dunia 2014.