BolaSkor.com - Dalam kurun waktu setahun terakhir Liverpool sukses menyabet empat trofi yaitu: Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub, dan Premier League. Skuat The Reds sudah kuat namun masih butuh tambahan pemain baru di beberapa area.

Sektor yang perlu mendapatkan penambahan pemain adalah bek kiri. Posisi itu sudah jelas menjadi milik bek asal Skotlandia, Andrew "Andy" Robertson. Tak perlu diragukan lagi. Robertson mewakili keinginan bermain Jurgen Klopp: agresif, cepat, kuat bertahan, dan rajin membantu serangan.

"Dia (Robertson) mungkin pemain Skotlandia terbaik di sini sejak Kenny Dalglish," ucap Klopp memuji Robertson beberapa waktu lalu.

Baca Juga:

4 Duet Bek Sayap Terbaik Sepanjang Sejarah

Punya Ikatan Kuat, 4 Pemain Skotlandia Pernah Memenangi Titel Liga Bersama Liverpool

Cerita Andrew Robertson: Dibuat Kewalahan oleh Hazard, Menyesal Acak-acak Rambut Messi

Kendati demikian Robertson bukan robot yang tak pernah mengenal kata lelah. Dia bisa cedera atau terkena sanksi akumulasi kartu. Jika situasi itu terjadi apa yang akan dilakukan Liverpool?

Mengandalkan James Milner di posisi itu cukup riskan meski dia bisa melakukannya dan berpengalaman. Liverpool punya dua pemain muda Yasser Larouci dan Adam Lewis untuk bermain di posisi itu, namun keduanya lebih dekat menuju pintu keluar Anfield untuk dipinjamkan ke klub lain.

Tak ayal Liverpool butuh bek kiri baru untuk melapis Robertson, seperti halnya di kanan ketika Trent Alexander-Arnold dilapis oleh Joe Gomez dan Neco Williams.

Menilik sistem moneyball Liverpool dalam merekrut pemain, berikut Bolaskor.com menuturkan lima bek yang realistis dapat direkrut di musim panas ini.

1. Jamal Lewis

Jamal Lewis

Satu pemain yang paling dikaitkan dengan Liverpool. Klub juga bisa merekrutnya dengan 'mudah' karena Norwich City degradasi musim ini dan menjual Jamal Lewis bisa menambah pemasukan mereka.

Bek kiri berusia 22 tahun sudah tampil 32 kali di seluruh kompetisi dengan torehan satu gol di Premier League. Banderolnya pun relatif murah 11 juta euro. Seperti halnya Robertson Lewis juga memiliki kecepatan untuk bertahan dan naik membantu serangan.

2. Lloyd Kelly

Lloyd Kelly

Seperti halnya Jamal Lewis, klub yang diperkuat Lloyd Kelly, Bournemouth berpotensi degradasi. Jika benar degradasi bek kiri berusia 21 tahun bisa direkrut pada banderol 10-15 juta euro. Pemandu bakat Liverpool kabarnya terus memantaunya.

Nilai plus dari Kelly adalah kemampuannya bermain sebagai bek tengah serta postur tinggi dengan kecepatan yang bagus. Liverpool kabarnya juga pernah ingin merekrutnya pada 2019 lalu kala Kelly masih bermain di Bristol City.

3. Gideon Mensah

Gideon Mensah

Tampil impresif di Zulte Waregem sebagai pemain pinjaman dari Red Bull Sazlburg. Baru berusia 21 tahun Gideon Mensah juga memiliki kekuatan fisik ketika bertahan serta kecepatan ketika naik membantu serangan.

Kendati demikian masih ada beberapa aspek yang masih dapat dikembangkan dari pemain yang sudah tampil 23 kali serta memberikan tiga assists di seluruh kompetisi musim ini. Banderolnya hanya .... 5-7 juta euro.

4. Max Clark

Max Clark

Pemain asal Inggris yang memperkuat penampilannya dengan pengalaman bermain di Belanda. Max Clark (24 tahun) saat ini membela Vitesse Arnhem dan sebelumnya memperkuat klub yang juga pernah diperkuat Robertson, Hull City.

Penampilannya musim ini cukup bagus dengan catatan tiga assists dan satu gol dari total 29 laga di seluruh kompetisi. Pemandu bakat Liverpool terus mengamati pemain yang punya umpan silang bagus ini dan dibanderol 4-5 juta euro.

5. Mathieu Gonçalves

Mathieu Goncalves

Paling muda di antara empat pemain di atas. Usia Mathieu Goncalves baru 19 tahun dan musim ini tampil lima kali di seluruh kompetisi bersama Toulouse dalam musim debutnya di tim pertama.

Mantan bek kiri timnas Prancis U-18 dinilai punya talenta seperti halnya dua pemuda Liverpool: Harvey Elliott dan Sepp van den Berg. Belajar dari Robertson akan jadi pengalaman berharga untuk pemain yang punya banderol 4-5 juta euro.