5 Bek Tengah Muda Bertalenta Eropa dengan Prospek Masa Depan Cerah

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 02 Mei 2020
5 Bek Tengah Muda Bertalenta Eropa dengan Prospek Masa Depan Cerah
Dayot Upamecano (Twitter)

BolaSkor.com - Sergio Ramos, Gerard Pique, Giorgio Chiellini, dan Diego Godin merupakan veteran top Eropa yang berstatus bek terbaik dunia. Era mereka akan segera berakhir. Namun regenerasi di posisi mereka juga mulai banyak bermunculan.

Regenerasi akan selalu ada tiap tahun atau eranya di berbagai posisi dari kiper, lini belakang, tengah, dan depan. Tak terkecuali bek tengah dengan peran yang sudah berevolusi di era sepak bola modern.

Tidak lagi sekedar fokus membantu pertahanan, bek-bek tengah modern akan memiliki nilai plus jika bisa membangun serangan dari lini belakang: dengan visi bermain dan operan bola lambung yang akurat seperti halnya Leonardo Bonucci atau Aymeric Laporte.

Baca Juga:

3 Bek Muda yang Punya Potensi Besar

Lini Belakang Krisis, Arsenal Kembali Incar Target Lama

Cukup banyak bek-bek tengah muda bertalenta yang muncul ke permukaan. BolaSkor.com dibantu data dari Driblab akan coba menjabarkan lima bek tengah berlatenta yang punya prospek masa depan cerah.

1. Gabriel Magalhaes - Lille

Gabriel Magalhaes

Chelsea serius mengincar nama yang satu ini. Gabriel Magalhaes memperkuat Lille dan baru berusia 22 tahun. Lille merekrutnya dari Avai pada 2017, setahun memainkannya di tim muda, lalu promosi ke tim utama dan sempat dipinjamkan ke Troyes dan Dinamo Zagreb.

Mantan bek timnas Brasil U-20 telah bermain 34 kali musim ini di seluruh kompetisi dan mencetak satu gol. Gabriel telah meningkatkan kemampuannya seperti duel bola udara dan duel satu lawan satu. Kelebihan lainnya dia bisa membangun serangan dari belakang dengan visi bermainnya.

2. Ozan Kabak - Schalke

Ozan Kabak

Berkat kemampuannya melepaskan tekel dan memotong bola dari lawan, Ozan Kabak terus dipantau pemandu bakat klub-klub top Eropa, apalagi usianya baru berumur 20 tahun dan sudah sekali membela timnas Turki senior.

Mantan pemain Galatasaray dan Stuttgart memiliki statistik yang menyamai catatan Matthijs de Ligt (Juventus) dan Gerard Pique (Barcelona). Musim ini Kabak sudah tampil 21 kali di seluruh kompetisi dengan catatan tiga gol dan satu assist.

3. Dayot Upamecano - RB Leipzig

Dayot Upamecano

Komoditas panas bursa transfer. Selain baru berumur 21 tahun, Dayot Upamecano punya kemampuan komplit dari sisi defensif atau ofensif.

Kelebihannya dalam mengantisipasi serangan lawan, membaca permainan, memotong bola, dan memenangi duel bola udara, dilengkapi dengan kemampuannya mengoper bola dan membangun serangan dari belakang dengan visi bermainnya.

Upamecano tampil 29 kali dengan Leipzig musim ini di seluruh kompetisi dan memberikan satu assist. Banderolnya sudah mencapai 45-50 juta euro.

4. Pau Torres - Villarreal

Pau Torres

Di LaLiga Spanyol sosok Pau Torres dibandingkan dengan Sergio Ramos. Pau Torres (23 tahun) membela Villarreal dan sempat dipinjamkan ke Malaga (2018-19).

Torres memiliki postur tubuh bagus (memiliki tinggi badan 1,91 meter) dan juga piawai membangun serangan dari belakang. Wajar jika ia sempat dipanggil timnas Spanyol dan langsung mencetak gol di laga debutnya. Torres telah bermain 26 kali musim ini dengan catatan satu gol dan dua assists di seluruh kompetisi.

5. Robin Le Normand - Real Sociedad

Robin Le Normand

Prancis tak pernah kehabisan bek-bek berbakat. Satu nama yang patut dicermati kiprahnya adalah Robin Le Normand (23 tahun) yang kini membela Real Sociedad. Le Normand sudah tampil 28 kali dan mencetak dua gol di seluruh kompetisi.

Mantan bek Brest punya kekuatan melakoni duel bola udara dan telah memenangi 81 persen dalam duel satu lawan satu. Operan jauh dan pendeknya juga membaik, meski Le Normand masih harus membenahi aspek membangun serangan dari belakang.

Breaking News Trivia Sepak Bola Bek Dayot Upamecano
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan