BolaSkor.com - Panasnya duel Everton kontra Liverpool akan mewarnai lanjutan Premier League 2021-2022, Kamis (2/12) pukul 03.15 WIB. Dalam sejarahnya, ada sejumlah pemain tak terduga yang tampil sebagai bintang pada laga bertajuk Derby Merseyside ini.

Duel Everton kontra Liverpool memang bukan laga biasa. Gengsi sesama klub asal Merseyside membuat keduanya tidak mau mengalah begitu saja.

Di atas kertas, Liverpool memang jauh lebih sukses ketimbang Everton. The Reds unggul jauh dalam rekor pertemuan maupun raihan trofi.

Baca Juga:

7 Fakta Menarik Jelang Laga Liverpool Vs Everton

5 Momen Tak Terlupakan dalam Sejarah Derby Merseyside

5 Alasan Mengapa Liverpool Vs Everton Jadi Derby Paling Ramah

Namun bukan berarti Everton bisa dengan mudah dikalahkan oleh Liverpool. Tak jarang The Toffees membalikkan prediksi dengan mengalahkan sang rival sekota.

Hasil laga Derby Merseyside sering ditentukan oleh deretan bintang yang dimiliki kedua tim. Namun sejumlah nama kejutan juga pernah mencuri perhatian.

Berikut ini lima bintang tak terduga dalam duel Everton kontra Liverpool:

1. Curtis Jones (Liverpool 1-0 Everton, Piala FA 2020)

Jurgen Klopp secara berani menurunkan banyak pemain pelapis saat menjamu Everton pada babak ketiga Piala FA 2019-2020. Laga ini akhirnya menjadi panggung Curtis Jones untuk mencuri perhatian.

Jones ditampilkan sebagai starter dan mengawal lini tengah bersama dua pemain muda lainnya, yaitu Harvey Elliott dan Pedro Chirivella. Saat itu usianya baru menginjak 18 tahun.

Liverpool sempat kesulitan mengimbangi permainan Everton yang tampil dengan kekuatan penuh. Pada momen inilah Jones menunjukkan kualitasnya.

Ia mencetak gol kemenangan Liverpool pada menit ke-7` dengan sangat indah. Sepakan melengkungnya dari luar kotak penalti tak mampu dijangkau Jordan Pickford.

Jones pun menjadi pemain termuda ketiga Liverpool yang mencetak gol di Piala FA. Usianya saat itu adalah 18 tahun 340 hari.


2. Divock Origi (Liverpool 1-0 Everton, Premier League 2018-2019)

Divock Origi memang kesulitan merebut satu tempat utama di lini depan Liverpool. Namun ia tak jarang menjadi pahlawan lewat-lewat gol-gol pentingnya.

Salah satunya terjadi pada Derby Merseyside edisi pertama Premier League 2018-2019. Ia mencetak gol tunggal kemenangan Liverpool di Anfield.

Gol Origi akan dikenang selama bertahun-tahun karena tercipta secara dramatis. Saat itu Liverpool dan Everton masih bermain imbang 0-0 hingga memasuki masa injury time.

Dalam sebuah situasi bola mati, Virgil van Dijk melepaskan tembakan first time dari luar kotak penalti. Namun bola tidak terkena kakinya dengan sempurna sehingga melambung tinggi ke arah gawang Pickford.

Van Dijk dan para pemain Liverpool sudah menunjukkan kekecewaan saat bola masih bergulir di udara. Namun Origi tidak sedikit pun melepaskan pandangannya.

Keajaiban pun terjadi saat Pickford salah mengantisipasi bola. Origi yang berdiri di depannya langsung menanduk bola ke gawang dan Liverpool meraih kemenangan.


3. Phil Jagielka (Liverpool 1-1 Everton, Premier League 2014-2015)

Everton juga punya bintang tak terduga dalam sejarah Derby Merseyside. Salah satunya tentu Phil Jagielka.

Jagielka mencetak gol spektakuler saat Everton menyambangi Anfield pada Premier League 2014-2015. Aksinya tersebut membuat laga berakhir imbang 1-1.

Liverpool unggul lebih dulu melalui tendangan bebas Steven Gerrard pada menit ke-65. Tuan rumah seperti akan berpesta karena hingga waktu normal berakhir papan skor tak berubah.

Namun sebuah tembakan spekulasi jarak jauh Jagielka pada masa injury time membuat suporter Liverpool terdiam. Bola bersarang telak di gawang Simon Mignolet.


4. Andy Carroll (Everton 1-2 Liverpool, semifinal Piala FA 2012)

Andy Carroll dicap sebagai salah satu pembelian gagal dalam sejarah Liverpool. Ia memang gagal menebus harga mahalnya dengan penampilan gemilang di lapangan.

Namun bukan berarti Carroll tak melakukan apa-apa di Liverpool. Ia juga pernah menjadi pahlawan pada Derby Merseyside.

Momen itu terjadi di panggung yang istimewa yaitu semifinal Piala FA 2012. Saat itu Liverpool dan Everton saling bunuh untuk melaju ke final.

Everton dan Liverpool sempat saling berbalas gol lewat aksi Nikica Jelavic dan Luis Suarez. Namun Carroll tampil sebagai bintang sesungguhnya.

Carroll mencetak gol kemenangan Liverpool hanya tiga menit sebelum waktu normal berakhir. Sundulan kepala belakangnya hanya membuat Tim Howard terdiam.


5. Dan Gosling (Everton 1-0 Liverpool, Piala FA 2009)

Nama Dan Gosling tentu tidak familiar di telinga pecinta sepak bola. Namun yang bersangkutan pernah mencuri perhatian di Derby Merseyside.

Gosling menjadi pahlawan Everton saat mengalahkan Liverpool pada laga ulangan babak keempat Piala FA 2009. Ia mencetak satu-satunya gol untuk membawa tuan rumah melaju ke babak selanjutnya.

Gosling saat itu baru berusia 19 tahun. Ia masuk sebagai pengganti pada menit ke-52.

Gosling mencetak gol kemenangan saat babak kedua perpanjangan waktu tersisa dua menit saja. Sepakan melengkungnya dari dalam kotak penalti tak mampu dijangkau Pepe Reina.

Sayang karier Gosling tak banyak mengalami kemajuan setelah momen bersejarah itu. Ia kini masih tampil di Premier League bersama Watford.