5 Bintang Timnas Italia Sehingga Tembus Final Piala Eropa 2020

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Rabu, 07 Juli 2021
5 Bintang Timnas Italia Sehingga Tembus Final Piala Eropa 2020
Leonardo Spinazzola (Twitter)

BolaSkor.com - Tim nasional Italia memastikan diri menembus final Piala Eropa 2020 usai menumbangkan Spanyol pada babak semifinal. Untuk mencapai fase tersebut, Italia mengandalkan sejumlah pemain yang tampil brilian.

Italia memang tampil meyakinkan sejak fase grup. Azzurri menyapu bersih tiga laga dengan kemenangan. Hebatnya, Italia juga tak pernah kebobolan.

Baca Juga:

Roberto Mancini: Spanyol Tim Bagus, tetapi Adu Penalti Kejam

Sederet Fakta Menarik Keberhasilan Italia Lolos ke Final Piala Eropa 2020

Bintang laga Italia Vs Spanyol: Federico Chiesa, Pekerja Keras di Laga Sulit

Kemudian, memasuki fase gugur, giliran Austria dan Belgia yang menjadi korbannya. Para pemain Italia terlihat menjalankan strategi Roberto Mancini dengan baik.

Dari sekian banyak pemain yang memberikan kontribusi, ada beberapa di antaranya yang tampil bersinar. Berikut adalah lima bintang timnas Italia sehingga tembus final Piala Eropa 2020:

Leonardo Spinazzola

Tak banyak yang memperhitungkan Leonardo Spinazzola di tim nasional Italia. Namun, penggawa AS Roma itu berhasil membuktikan jika Roberto Mancini tak keliru membawanya.

Leonardo Spinazzola menempati posisi bek kiri. Mantan pemain Juventus itu memiliki keunggulan ketika membantu serangan. Bekerja sama dengan Lorenzo Insigne, Spinazzola banyak mengkreasikan umpan berbahaya. Tak heran, sang pemain mengemas satu assist ketika melawan Austria.

Selain itu, Spinazzola juga dua kali mendapatkan penghargaan pemain terbaik pertandingan. Sayangnya, Spinazzola mengalami cedera pada laga kontra Belgia. Walhasil, perjalanannya di Piala Eropa 2020 telah tamat.

Gianluigi Donnarumma

Gianluigi Donnarumma adalah nama berikutnya yang menjadi tulang punggung tim nasional Italia. Mantan kiper AC Milan itu melakukan beberapa aksi brilian agar gawang Azzurri tak bobol.

Gianluigi Donnarumma adalah satu di antara alasan gawang Italia baru tiga kali bobol sejauh ini. Apalagi, dua di antaranya lahir dari skema bola mati.

Kiper 22 tahun tersebut juga unjuk gigi pada adu tendangan penalti kontra Spanyol. Donnarumma menepis tendangan Alvaro Morata.

Federico Chiesa

Federico Chiesa hadir di saat yang tepat ketika timnas Italia sedang membutuhkan. Bermain dari sisi sayap kanan, penggawa Juventus itu mengemas dua gol penting pada babak gugur.

Pada awalnya, Chiesa bukanlah pilihan utama Roberto Mancini. Namun, ketika mendapatkan kesempatan, mantan pemain Fiorentina itu membayarnya dengan penampilan impresif.

Jorginho

Jorginho

Jorginho merupakan bagian penting dari taktik Roberto Mancini. Bermain sedikit ke belakang, pemain yang mengantarkan Chelsea juara Liga Champions itu menjadi penghubung antarlini.

Jorginho memang belum membukukan gol atau assist sejauh ini. Namun, visi bermain dan ketenangannya membuat sektor tengah Italia menjadi satu di antara yang terkuat.

Selain itu, Jorginho juga menentukan pada adu tendangan penalti kontra Spanyol. Dengan tendangan ciri khasnya, mantan pemain Napoli itu mengecoh Unai Simon.

Lorenzo Insigne

Lorenzo Insigne tampil licin sebagai juru gedor Italia. Penampilan tersebut membuat para lawan kelimpungan menjaganya.

Lorenzo Insigne merupakan pemain kepercayaan Mancini di sisi sayap kiri. Selain itu, Insigne juga merupakan eksekutor bola mati Gli Azzurri.

Sejauh ini, pesepak bola 30 tahun itu telah mencatatkan dua gol. Satu di antara gol yang tercipta terukir pada laga sengit kontra Belgia.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini

Trivia Sepak Bola Breaking News Piala Eropa 2020
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.548

Bagikan