Sederet Fakta Menarik Keberhasilan Italia Lolos ke Final Piala Eropa 2020

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 07 Juli 2021
Sederet Fakta Menarik Keberhasilan Italia Lolos ke Final Piala Eropa 2020
Timnas Italia (@azzurri)

BolaSkor.com - Timnas Italia melaju dramatis ke final Piala Eropa 2020 dengan menyingkirkan rival klasik di Eropa, timnas Spanyol pada laga semifinal yang dihelat di Wembley, Rabu (07/07) dini hari WIB.

Laga berakhir imbang 1-1 di waktu normal dari gol Federico Chiesa (60') yang dibalas gol penyama kedudukan Alvaro Morata (80'). Spanyol mendominasi laga tapi banyak membuang peluang, sementara Italia bermain efisien dengan sedikitnya peluang yang mereka miliki.

"Kami ingin mencapai final, meskipun tidak banyak orang yang percaya bahwa kami akan melakukannya sebelum turnamen dimulai. Saya mengucapkan selamat kepada Spanyol, mereka adalah tim yang hebat. Penalti adalah lotere," tutur Roberto Mancini, pelatih Italia di laman resmi UEFA.

Baca Juga:

Bintang laga Italia Vs Spanyol: Federico Chiesa, Pekerja Keras di Laga Sulit

Piala Eropa 2020 - Italia 1-1 Spanyol (4-2): Lalui Drama Adu Penalti, Gli Azzurri Tembus Final

Susunan Pemain Terbaik Campuran Timnas Italia dan Spanyol

Roberto Mancini

"Ada beberapa pertandingan ketika Anda harus menderita, tetapi kami pantas berada di sini. Kami tahu itu akan sulit. Itu tidak mudah, dan Spanyol mengejutkan kami di awal dengan memutuskan untuk bermain tanpa striker."

"Grup ini, bagaimana pun, luar biasa. Semua orang ingin menang, tetapi kelompok pemain ini ingin melakukan sesuatu yang istimewa dan mereka melakukannya."

Timnas Italia akan menikmati momen keberhasilan lolos ke final sembari menanti lawan mereka di final, pemenang laga semifinalis lainnya antara Inggris kontra Denmark yang dihelat di Wembley, Kamis (08/07) pukul 02.00 dini hari WIB.

Dari pertandingan tersebut, BolaSkor.com merangkum sederet fakta menarik dari keberhasilan Italia lolos ke final Piala Eropa 2020. Apa saja?

1. Italia lolos ke final Piala Eropa untuk kali keempat. Hanya Jerman yang lebih banyak melakukannya (enam kali).

2. Spanyol untuk kali pertama dalam sejarah gagal melewati semifinal turnamen besar (Piala Dunia atau Piala Eropa).

3. Ini jadi laga Italia kontra Spanyol ke-10 yang berakhir dengan drama adu penalti di turnamen besar.

4. Italia jadi tim kedua dalam sejarah Piala Eropa yang punya lima pemain berbeda yang telah mencetak dua gol atau lebih di satu edisi turnamen (Chiesa, Pessina, Insigne, Immobile, dan Locatelli).

5. Spanyol telah mencetak 13 gol di Piala Eropa 2020. Catatan terbanyak dalam satu turnamen internasional.

6. Alvaro Morata jadi pemain kedua dalam sejarah Piala Eropa yang mencetak tiga gol atau lebih di dua edisi turnamen (2016 dan 2020), setelah Cristiano Ronaldo (2012, 2016, dan 2020).

7. Alvaro Morata menjadi pencetak gol asal Spanyol terbanyak di Piala Eropa melebihi pemain lainnya. Morata mencetak enam gol, melalui lima gol Fernando Torres.

8. Timnas Italia tak terkalahkan dalam 33 laga (27 kali menang dan enam kali imbang).

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini

Breaking News Piala eropa Piala Eropa 2020 Timnas Italia Timnas Spanyol
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.211

Bagikan