5 Calon Pelatih Baru Chelsea Pascapecat Graham Potter

Arief HadiArief Hadi - Senin, 03 April 2023
5 Calon Pelatih Baru Chelsea Pascapecat Graham Potter
Graham Potter (Twitter)

BolaSkor.com - Memasuki akhir Premier League 2022-2023 dan 'kebrutalan' liga dengan pemecatan pelatih terus berlanjut. Saat ini sudah ada 12 pelatih yang dipecat dan teranyar menimpa pelatih lokal (Inggris), yakni Graham Potter.

Tujuh bulan setelah bekerja sebagai pelatih Chelsea, pasca direkrut dari Brighton & Hove Albion menggantikan Thomas Tuchel, Potter dipecat. Posisinya untuk sementara akan digantikan pelatih interim, Bruno Saltor hingga akhir musim.

"Chelsea FC telah mengumumkan bahwa Graham Potter telah meninggalkan klub. Graham telah setuju untuk berkolaborasi dengan klub untuk memfasilitasi transisi yang lancar," demikian pernyataan di situs resmi Chelsea.

"Selama waktunya bersama klub, Graham telah membawa kami ke perempat final Liga Champions, di mana kami akan menghadapi Real Madrid."

Baca Juga:

Resmi, Chelsea Pecat Graham Potter

Chelsea Kalah Lagi, Graham Potter Berada di Ujung Tanduk

3 Kandidat Pengganti jika Chelsea Pecat Graham Potter

"Chelsea ingin berterima kasih kepada Graham atas semua upaya dan kontribusinya dan mendoakan yang terbaik untuk masa depannya."

Pertanyaan menariknya saat ini adalah, siapa pelatih baru yang akan dikontrak permanen oleh Chelsea? Menilik dari berbagai sumber, BolaSkor.com menuturkan lima nama kandidat untuk melatih Cesar Azpilicueta dkk.

1. Julian Nagelsmann

"Dipahami sudah pendekatan untuk Julian Nagelsmann untuk jadi pelatih baru Chelsea. Pembicaraan akan berlanjut untuk keputusan final - tapi dia favorit," tutur pakar transfer Fabrizio Romano.

Julian Nagelsmann saat ini juga sedang tidak melatih klub pasca dipecat Bayern Munchen beberapa waktu lalu, digantikan oleh pelatih Chelsea, Thomas Tuchel.

Chelsea berpeluang besar menjadikannya pengganti Potter, terlebih Nagelsmann dianggap sebagai salah satu pelatih berprospek masa depan cerah. Saat ini usianya berumur 35 tahun dan ia sudah berpengalaman melatih RB Leipzig, Bayern Munchen, dan memenangi trofi Bundesliga.

2. Ruben Amorim

Menurut Fabrizio Romano, nama Ruben Amorim juga ada dalam pertimbangan manajemen Chelsea. Apalagi Chelsea punya catatan bagus dengan pelatih yang berasal dari Portugal sebelumnya. Bukan Andre Villas-Boas, pelatih yang dimaksud itu adalah Jose Mourinho.

Amorim juga membawa Sporting Lisbon musim ini ke perempat final Liga Europa dengan menyingkirkan Arsenal. Tak ayal ia jadi pertimbangan bagi Chelsea, meski faktanya Amorim (38 tahun) masih minim pengalaman karena sejauh ini belum pernah melatih di luar Portugal.

3. Zinedine Zidane

Sudah tidak melatih pasca meninggalkan Real Madrid pada 2021. Chelsea dapat menjadi klub yang tepat bagi Zidane, sebab ia punya pengalaman besar melatih sederet bintang dengan ego besar di Madrid. Terlebih karisma Zidane disegani banyak pemain.

Zidane sampai saat ini belum melatih dan masih menanti klub atau timnas yang tepat untuk dilatihnya. Beberapa waktu lalu ia sempat dikabarkan jadi pengganti Didier Deschamps di timnas Prancis, tapi itu tidak terealisasi sampai saat ini.

4. Luis Enrique

Meninggalkan timnas Spanyol setelah perjalanan mereka kandas di Piala Dunia 2022. Luis Enrique (52 tahun) punya pengalaman melatih di AS Roma, Celta Vigo, Barcelona, dan timnas Spanyol. Ketegasannya dapat membantunya menangani kamar ganti pemain Chelsea.

CV kepelatihannya juga tidak buruk terutamanya saat memenangi treble dengan Barcelona dan mengandalkan Luis Suarez, Lionel Messi, dan Neymar sebagai trisula lini depan. Melatih di Inggris akan jadi tantangan baru baginya.

5. Mauricio Pochettino

Seperti Nagelsmann, Pochettino juga sedang tidak melatih klub dan ia terakhir membesut Paris Saint-Germain (2021-2022). Dibanding dua kandidat lainnya yakni Zinedine Zidane dan Luis Enrique, CV Pochettino tidak begitu bagus ketika ia melatih klub dengan sederet bintang di dalam tim, dalam hal ini PSG.

Akan tapi pengalamannya melatih klub Premier League (Southampton dan Tottenham Hotspur) dapat membantu proses adaptasinya di Chelsea, dari sisi itu juga Pochettino lebih unggul ketimbang Zidane atau Enrique. Namun, mengingat masa lalunya sebagai pelatih tim rival, cukup sulit bagi Pochettino tiba-tiba melatih Chelsea.

Chelsea Trivia Sepak Bola Graham Potter Julian Nagelsmann
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan