5 Duel Beraroma Balas Dendam Pada Fase Grup Liga Champions 2021-2022

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 27 Agustus 2021
5 Duel Beraroma Balas Dendam Pada Fase Grup Liga Champions 2021-2022
Barcelona takluk 2-8 dari Bayern Munchen pada perempat final Liga Champions 2019-2020. (Twitter)

BolaSkor.com - Undian fase grup Liga Champions 2021-2022 telah selesai digelar. Sejumlah laga menarik dipastikan mewarnai persaingan 32 klub terbaik Eropa.

UEFA menggelas undian fase grup Liga Champions di Istanbul, Turki, Kamis (26/8) waktu setempat. Dua mantan bintang Chelsea, Branislav Ivanovic dan Michael Essien mendapat kehormatan untuk memainkan peran penting dalam momen ini.

Hasilnya, banyak klub besar yang langsung bertemu di fase grup. Hal ini tentu menambah daya tarik Liga Champions 2021-2022.

Baca Juga:

Hasil Undian Babak Grup Liga Champions 2021-2022: Man City Segrup dengan PSG, Barcelona Jumpa Bayern

Profil FC Sheriff, Klub Moldova yang Cetak Sejarah di Liga Champions

Fase Grup Liga Champions: Tidak Ada Reuni Messi dan Barcelona

Langsung bertemunya klub-klub besar di fase grup sebenarnya sudah diprediksi banyak pihak. Itu setelah terbaginya para raksasa Eropa ke pot yang berbeda-beda.

Grup B yang diisi Atletico Madrid, Liverpool, FC Porto, dan AC Milan layak menyandang status grup neraka. Empat klub tersebut punya peluang yang sama besar untuk lolos ke fase gugur.

Hal menarik lain dari hasil undian fase grup adalah banyaknya laga beraroma balas dendam yang akan tersaji. Fenomena ini sebenarnya sudah biasa terjadi.

Setidaknya ada lima duel beraroma balas dendam pada fase grup Liga Champions 2021-2022. Berikut ini rinciannya:

1. Manchester City vs PSG

Salah satu laga yang tak boleh dilewatkan adalah pertemuan Manchester City dan Paris Saint-Germain (PSG). Kedua tim tergabung di grup A.

Ini merupakan ulangan semifinal musim lalu. Saat itu, Manchester City keluar sebagai pemenang dalam dua pertemuan dengan skor agregat 4-1.

PSG tentu tidak akan membiarkan hal itu terulang. Apalagi Les Perisiens kini semakin kuat usai mendatangkan sejumlah bintang anyar termasuk Lionel Messi.

Ini menjadi ujian berat bagi Messi untuk bersinar di klub selain Barcelona. Pep Guardiola yang kini menangani Manchester City tidak akan membiarkan hal tersebut terjadi.

Duel Manchester City kontra PSG akan lebih menarik andai Cristiano Ronaldo jadi merapat ke Etihad Stadium. Pertemuan dua megabintang dunia sudah pasti menyedot perhatian pecinta sepak bola dunia.


2. Atletico Madrid vs Liverpool

Liverpool tentu belum lupa rasanya disingkirkan Atletico Madrid dari babak 16 besar Liga Champions 2019-2020. Kini The Reds punya peluang untuk membalas dendam.

Kala itu, Liverpool yang berstatus juara bertahan lebih diunggulkan. Kekalahan 0-1 pada leg pertama di kandang Atletico tak mengubah status tersebut.

Liverpool memang mampu menyamakan agregat pada leg kedua setelah gol tunggal Georginio Wijnaldum bertahan hingga waktu normal berakhir. Kondisi ini memaksa laga berlanjut ke perpanjangan waktu.

Pada fase inilah petaka menimpa Liverpool. Gol Roberto Firmino pada menit ke-94 hanya menimbulkan euforia semu karena Atletico kemudian bangkit dan mencetak tiga gol balasan melalui aksi Marcos Llorente (2 gol) dan Alvaro Morata.

Atletico pun berhak lolos ke perempat final. Perang urat saraf kemudian dilakukan kedua manajer usai pertandingan.

Jurgen Klopp menyindir gaya main Atletico yang menerapkan sepak bola negatif. Diego Simeone kemudian membalas dengan menyebut bahwa kemenangan adalah hal yang terpenting.

Kedua manajer itu akan kembali beradu taktik pada dua laga di grup B. Duel Liverpool kontra Atletico berpotensi berlangsung dalam tensi yang tinggi.


3. Inter Milan vs Real Madrid

Inter Milan bergabung bersama Real Madrid di grup D pada Liga Champions 2021-2022. Ini merupakan ulangan musim lalu.

Inter tentu belum melupakan pahitnya fase grup Liga Champions musim lalu. Nerazzurri harus puas finis di posisi juru kunci.

Salah satu penyebab catatan minor itu adalah Madrid. Los Blancos mengalahkan Inter dalam dua pertemuan.

Inter tentu akan memiliki motivasi lebih untuk membalas dendam kepada Madrid. Meskipun kekuatan kedua tim kini sudah jauh berbeda.


4. Villarreal vs Manchester United

Final Liga Europa musim lalu meninggalkan luka yang cukup dalam bagi Manchester United. Setan Merah yang menjadi favorit juara harus takluk dari Villarreal lewat drama adu penalti yang sengit.

Kegagalan itu membuat skuat Manchester United terpukul. Ambisi mereka untuk mengakhiri paceklik gelar harus tertunda.

Namun Manchester United tidak butuh waktu lama untuk membalas dendam. Tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer kembali dipertemukan Villarreal pada grup F Liga Champions 2021-2022.

Para pemain Manchester United dipastikan tampil dengan semangat berlipat saat bersua Villarreal. Mereka juga berambisi menebus aib musim lalu saat tersingkir di fase grup.

Menariknya, empat pertemuan kedua tim di fase grup Liga Champions selalu berakhir dengan skor 0-0. Bukan tidak mungkin tren unik itu kembali berlanjut.


5. Bayern Munchen vs Barcelona

Salah satu duel yang akan menyita perhatian dunia pada fase grup Liga Champions 2021-2022 adalah Bayern Munchen kontra Barcelona. Aroma balas dendam akan diusung Blaugrana.

Barcelona dan para penggemarnya tentu belum melupakan rasa malu usai dibantai 2-8 oleh Munchen pada perempat final Liga Champions 2019-2020. Itu bisa dibilang menjadi salah satu titik terendah dalam sejarah El Barca.

Kedua tim memang telah berganti wajah sejak pertemuan dua tahun silam itu. Namun ingatan akan skor 8-2 sulit dilupakan.

Peluang Barcelona untuk membalas dendam cukup terbuka. Munchen masih mencari bentuk terbaik bersama juru taktik baru, Julian Nagelsmann.

Liga Champions Trivia Sepak Bola Barcelona Manchester United Liverpool Inter Milan Paris Saint-Germain Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan