5 Fakta Menarik Kroasia ke Perempat Final Usai Tekuk Jepang Lewat Adu Penalti

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 06 Desember 2022
5 Fakta Menarik Kroasia ke Perempat Final Usai Tekuk Jepang Lewat Adu Penalti
Dominik Livakovic jadi pahlawan Kroasia di babak adu penalti. (Twitter FIFA)

BolaSkor.com - Kroasia berhasil melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022. Ini setelah Kroasia menang atas Jepang 3-1 lewat adu tendangan penalti, pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium, Senin (5/12) malam WIB.

Jepang unggul lebih dahulu melalui Daizen Maeda pada menit ke-43. Kroasia baru bisa menyamakan kedudukan di babak kedua melalui Ivan Perisic pada menit ke-55. Skor imbang 1-1 bertahan hingga 90 menit.

Pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu, namun tak ada gol tercipta. Pemenang ditentukan lewat adu tendangan penalti.

Pada babak tos-tosan, Dominik Livakovic muncul sebagai pahlawan. Ia menahan tiga tendangan penalti Jepang yang dilepaskan Takumi Minamino, Kaoru Mitoma, dan Maya Yoshida. Sementara itu, Marko Livaja menjadi satu-satunya algojo Kroasia yang gagal. Akhirnya, Kroasia memenangi adu tendangan penalti dengan skor 3-1.

Baca Juga:

Brasil 4-1 Korea Selatan: Tim Samba Melaju Mulus

Bintang Laga Jepang Vs Kroasia: Tangan Ajaib Dominik Livakovic

Jepang 1-1 (1-3 Pen) Kroasia: Dominik Livakovic Redam Sensasi Samurai Biru

Ivan Perisic
Ivan Perisic merayakan gol ke gawang Jepang. (Twitter FIFA)

Kroasia pun melaju ke perempat final bertemu dengan Brasil yang menggasak Korea Selatan 4-1. Laga Kroasia kontra Brasil akan berlangsung di Education City Stadium, Jumat (9/12) malam WIB.

Keberhasilan Kroasia melahirkan sejumlah fakta menarik. Apa saja itu? Berikut ulasannya yang disusun BolaSkor.com dari berbagai sumber:

1. Kroasia untuk kedua kalinya secara berturut-turut melaju ke babak perempat final. Pada edisi 2018, Kroasia mencapai final sebelum dikalahkan Prancis.

2. Untuk kedua kalinya, Jepang secara berturut-turut gagal di babak 16 besar.

3. Ivan Perisic telah mencetak lebih banyak gol di Piala Dunia dan Kejuaraan Eropa dibandingkan dengan pemain Kroasia lainnya (10).

4. Dominik Livakovic dari Kroasia adalah penjaga gawang ketiga yang melakukan tiga penyelamatan dalam satu adu penalti Piala Dunia setelah Ricardo dari Portugal pada 2006 melawan Inggris, dan Danijel Subasic dari Kroasia melawan Denmark pada 2018.

5. Kroasia selalu memenangi duel adu tendangan penalti di fase gugur sejak edisi Piala Dunia 2018.

Kroasia Timnas Kroasia Jepang Timnas Jepang Piala dunia 2022 Breaking News Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.017

Bagikan