BolaSkor.com - Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, keluar sebagai pemenang MotoGP Emilia Romagna yang berlangsung di Sirkuit Misano, MInggu (19/9). Vinales akhirnya mematahkan julukan Saturday Rider yang disematkan kepadanya.

Berbeda dari pekan lalu, Vinales berhasil memanfaatkan status sebagai pole sitter. Memulai balapan dari posisi pertama, rider berjuluk Top Gun itu akhirnya bisa mencicipi podium tertinggi.

Sebelumnya, Vinales lekas dengan julukan Satuday Rider di mana ia lebih cepat saat sesi kualifikasi ketimbang balapan. Pada MotoGP San Marino, Vinales start dari posisi terdepan, tetapi gagal merebut podium.

Kali ini, Vinales tak mengulangi kegagalan. Namun, kemenangan mantan rider Suzuki itu tak lepas dari aroma hoki.

Meski menang, Vinales sebetulnya hampir kehilangan podium pertama. Hingga memasuki 10 lap terakhir, Vinales hanya berada di posisi kedua.

Baca Juga:

MotoGP Emilia Romagna: Vinales Menang, Rossi Gagal Finis

Bagnaia Akui Buat Kesalahan di Kualifikasi MotoGP Emilia Romagna

Posisi pertama sempat dihuni pembalap Pramac Ducati, Francesco Bagnaia. Rider asal Italia itu menyalip Vinales di lap awal.

Bagnaia bahkan sempat unggul hingga empat detik atas Vinales. Namun, saat balapan menyisakan tujuh lap, Bagnaia tergelincir dari motornya dan gagal menyelesaikan balapan.

Situasi itu membuat Vinales bagai tertiban durian runtuh. Ia kembali ke posisi terdepan dan menyelesaikan balapan sebagai pemenang.

Selain insiden yang menimpa Bagnaia, terdapat beberapa fakta menarik lain pada MotoGP Emilia Romagna yang berhasil dihimpun BolaSkor.com.

5 Fakta Menarik MotoGP Emilia Romagna:

1. Maverick Vinales mematahkan kutukan sembilan tahun pole sitter Sirkuit Misano. Sejak 2010, tak ada pembalap yang start dari posisi terdepan dan keluar sebagai pemenang.

2. Vinales akhirnya berhasil menjadi pemenang di MotoGP 2020. Sebelumnya, Vinales selalu gagal podium meski sudah dua kali merebut pole position

3. Kemenangan Vinales membuat daftar pemenang seri MotoGP 2020 semakin beragam. Vinales menjadi rider keenam yang berhasil merebut podium pertama dari delapan seri yang sudah dijalani.

4. Dengan jatuhnya, Francesco Bagnia, tak ada pembalap Italia di podium pada MotoGP Emilia Romagna. Situasi berbanding terbalik dengan pekan lalu di mana dua rider Negeri Pizza yakni Franco Morbidelli dan Bagnaia merajai podium.

5. MotoGP Emilia Romagna menempatkan tiga pembalap asal Spanyol di podium yakni Vinales, Joan Mir, dan Pol Espargaro