BolaSkor.com - AS Roma baru saja meresmikan kedatangan Rui Patricio. Kiper berkebangsaan Portugal itu merupakan rekrutan perdana Jose Mourinho.

Mourinho memang baru diperkenalkan sebagai pelatih baru Roma. Ia menggantikan Paulo Fonseca yang dipecat pada awal Mei lalu.

Rui Patricio diboyong dari Wolverhampton Wanderers dengan biaya 11,5 juta euro. Ia diikat kontrak berdurasi tiga tahun.

Baca Juga:

Mantan Striker Lazio Ingatkan Fans Roma akan Sosok Jose Mourinho

Tiba di Roma, Mourinho Kirim Kode Minta Pemain Baru

Arsenal Tolak Tawaran AS Roma untuk Granit Xhaka

Rui Patricio sebenarnya sudah tidak muda lagi. Usianya kini menginjak 33 tahun.

Namun Mourinho tampaknya sangat mempercayai kualitas Rui Patricio. Meskipun ia juga sempat membidik David De Gea.

“Roma adalah klub besar dan tantangan baru. Saya bersemangat untuk mencoba dan membantu klub mencapai targetnya,” kata Patricio di situs resmi Roma.

“Dengan José Mourinho, kita berbicara tentang salah satu pelatih terhebat di dunia. Saya bersemangat untuk mulai bekerja dengannya dan melakukan semua yang saya bisa untuk membantu tim.”

Patut dinanti kiprah Rui Patricio bersama Roma. Berikut sejumlah hal yang perlu diketahui dari kiper bertinggi 190 cm ini:


1. Legenda hidup Sporting Lisbon

Rui Patricio merupakan produk asli akademi dan sekaligus legenda hidup Sporting Lisbon. Ia menghabiskan 18 tahun kariernya sejak junior bersama salah satu raksasa Portugal tersebut.

Ia total mempersembahkan tujuh gelar untuk Sporting. Namun ia tak mampu membawa klubnya menjuarai Liga Portugal.

2. Kiper Utama Timnas Portugal dalam satu dekade terakhir

Rui Patricio melakoni debutnya di timnas senior Portugal pada 17 November 2011. Ia tampil selama satu babak dalam kemenangan 4-0 kontra Spanyol dalam laga uji coba.

Rui Patricio sebenarnya sudah mendapat panggilan timnas senior tiga tahun sebelumnya. Namun ia masih berstatus sebagai kiper cadangan.

Setelah melakoni debut, Rui Patricio mulai tak tergantikan. Ia hanya absen saat mengalami cedera atau pada laga uji coba yang tak menentukan.


3. Pernah diserang suporter

Rui Patricio pernah merasakan pengalaman kurang menyenangkan saat memperkuat Sporting. Ia sempat terluka karena diserang oleh suporter timnya sendiri.

Momen itu terjadi pada pertengahan Mei 2018. Segelintir oknum suporter Sporting menerobos tempat latihan dan menyerang para pemain.

Aksi tersebut merupakan luapan kekecewaan setelah Sporting hanya finis di peringkat ketiga. Hal itu membuat mereka gagal lolos ke Liga Champions.

Hebatnya, Rui patricio tetap tampil di laga final Piala Portugal sepekan setelah insiden tersebut. Namun Sporting harus takluk dari Aves.

Namun peristiwa tersebut membuat Rui Patricio trauma. Ia kemudian memilih hengkang ke Wolverhampton di musim panas.


4. Debutan Serie A

Rui Patricio akan berstatus debutan pada Serie A 2021-2022. AS Roma memang menjadi klub Italia pertama yang diperkuatnya.

Hal ini cukup mengherankan karena banyak pemain Portugal yang menjadikan Serie A sebagai batu loncatan dalam kariernya. Namun Rui Patricio justru baru pindah ke sini di penghujung kariernya.

5. Kiper Terbaik Piala Eropa 2016

Kualitas Rui Patricio tak perlu diragukan. Ia pernah dinobatkan sebagai kiper terbaik Piala Eropa 2016.

Pada turnamen tersebut, gawang Rui Patricio hanya kebobolan satu gol. Portugal pun sukses mengakhiri kiprahnya dengan trofi juara.