5 Fakta Menarik Terkait Pemilihan Presiden Barcelona 2021-2026

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 07 Maret 2021
5 Fakta Menarik Terkait Pemilihan Presiden Barcelona 2021-2026
Pemilihan presiden Barcelona. (Twitter)

BolaSkor.com - 7 Maret 2021 merupakan hari yang istimewa bagi masa depan Barcelona. Blaugrana memang melaksanakan pemilihan presiden yang baru untuk menggantikan Josep Maria Bartomeu.

Posisi presiden Barcelona memang lowong sepeninggal Bartomeu yang mengundurkan diri pada Oktober tahun lalu. Padahal masa jabatannya harusnya baru berakhir pada pertengahan tahun ini.

Masalahnya, Bartomeu meninggalkan sejumlah masalah saat melepas jabatannya. Barcelona kini dilanda utang yang menggunung hingga terancam bangkrut.

Baca Juga:

Ilaix Moriba dan Tendangan Jarak Jauhnya

Satu Trofi yang Tak Bisa Diraih Messi bersama Barcelona

Penangkapan Bartomeu dan Skandal Barcagate Rusak Citra Barcelona

Kondisi itu juga berdampak dengan prestasi di lapangan. Lionel Messi dan kawan-kawan terseok-seok menjalani musim 2020-2021.

Tak heran jika pemilihan presiden menjadi momentum kebangkitan Barcelona. Para suporter El Barca tentu berharap adanya perubahan yang positif dengan pemimpin yang baru.

Sejumlah fakta menarik mewarnai gelaran pemilihan presiden Barcelona periode 2021-2026. Berikut lima di antaranya:

1. Diikuti tiga kandidat

Toni Freixa, Victor Font dan Joan Laporta

Pemilihan presiden Barcelona akan diikuti tiga kandidat yaitu Joan Laporta, Toni Freixa, dan Victor Font. Sementara enam nama lain gagal masuk bursa karena tidak memenuhi persyaratan.

Laporta menjadi unggulan untuk menjadi presiden Barcelona yang baru. Selain sudah berpengalaman, ia juga mendapat dukungan paling banyak dari pemilik suara.


2. 110.290 orang terdaftar sebagai pemilik suara

Sebanyak 110.290 orang berhak menggunakan hak suaranya dalam Pemilihan presiden Barcelona periode 2021-2026. Jumlah tersebut merupakan anggota klub yang memang memenuhi syarat.

Ada sejumlah persyaratan agar anggota klub berhak memiliki hak suara. Beberapa di antaranya yaitu memiliki cukup umur, dan terdaftar menjadi anggota selama lebih dari satu tahun.

Menariknya, sebanyak 20.663 anggota klub tidak akan datang ke tempat-tempat pemungutan suara. Mereka memilih memanfaatkan haknya dengan menggunakan surat demi mengantisipasi penumpukan orang selama masa pandemi.


3. Ada 6 titik tempat pemungutan suara

Proses pemungutan suara tidak hanya terfokus di satu tempat. Panitia penyelenggara telah menetapkan enam titik yang berbeda.

Camp Nou yang merupakan markas Barcelona menjadi salah satu tempat pemilihan dengan jumlah surat suara terbanyak. Lima titik lainnya berada di Girona, Lleida, Tarragona, Tortosa, dan Andorra yang masih terletak di Catalunya.


4. Mencari presiden ke-42

Sepanjang 121 tahun berdiri, Barcelona telah memiliki 41 presiden. itu artinya mereka akan memilih pemimpin yang ke-42.

Namun jumlah presiden yang pernah memimpin Barcelona tidak akan bertambah jika Laporta memenangi pemilihan. Seperti diketahui, ia pernah mengemban jabatan ini pada 2003 silam.


5. Pemain Barcelona ikut menggunakan hak pilih

Lionel Messi

Para pemain Barcelona dari berbagai cabang olahraga juga memiliki hak suara. Beberapa di antaranya terlihat telah menggunakan haknya tersebut termasuk Lionel Messi.

Messi bersama para pemain Barcelona lainnya sudah datang ke Camp Nou untuk menentukan presiden pilihannya. Namun belum diketahui siapa yang dipilih mereka untuk memimpin klubnya.

Trivia Sepak Bola Barcelona Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan