BolaSkor.com - MotoGP akan menjalani putaran keempat pada 5 Mei nanti. Kali ini balapan berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol. Sirkuit Jerez sangat populer di kalangan pembalap, cuaca bersahabat hingga lintasan 4,4 km selalu menghadirkan persaingan seru antar pembalap.

Kecerdikan para pembalap dalam melewati setiap tikungan di Sirukit Jerez akan menjadi pertunjukan menarik. Menuju lomba MotoGP Spanyol 2019, peta persaingan identik dengan edisi 2018. Karena selisih poin antara pembalap papan atas begitu rapat.

Baca Juga:

Belum Pernah Kecelakaan, Fabio Quartararo Dapat Pujian

Jorge Lorenzo Pasang Target Bersaing di Baris Depan pada MotoGP Spanyol

Lomba di Jerez
Ramainya Penonton di Sirkuit Jerez (Zimbio)

Andrea Dovizioso memimpin klasemen dengan 54 poin. Di bawahnya ada Valentino Rossi yang hanya terpaut lima poin. Lalu Alex Rins yang berselisih tiga poin. Sedangkan Marc Marquez, pemenang MotoGP Spanyol 2018, berada di posisi keempat lewat gap sembilan poin dari Dovizioso.

BolaSkor.com pun mengumpulkan fakta menarik dari lomba MotoGP Spanyol:

1. Pembuka Rangkaian Lomba di Tanah Spanyol

Sudah beberapa musim terakhir, Sirkuit Jerez jadi pembuka lomba MotoGP di tanah Spanyol. Karena dalam satu musim ada empat lomba yang berlangsung di negeri matador. Oleh karena itulah, Jerez menyandang status MotoGP Spanyol.

Setelah itu ada MotoGP Katalunya di Sirkuit Katalunya. MotoGP Aragon di Sirkuit Aragon. Terakhir MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo yang juga berstatus lomba putaran terakhir.*

2. Profil Sirkuit Jerez

Sirkuit ini memiliki panjang lintasan 4,428 kilometer plus 14 tikungan. Letaknya berada di kota Jerez de la Frontera atau 90 km dari Seville. Kali pertama sirkuit ini dibuka pada 8 Desember 1985.

Kemudian kali pertama masuk kalender Kejuaraan Dunia Balap Motor pada musim 1987. Saat itu pembalap Australia, Wayne Gardner keluar sebagai pemenang. Hampir semua pembalap MotoGP familiar dengan Jerez. Karena trek ini juga kerap digunakan untuk sesi tes.

(Klik Halaman Berikutnya)