BolaSkor.com - Serie A menyambut jawara baru usai dominasi Juventus selama sembilan tahun beruntun dalam memenangi Scudetto. Inter Milan arahan Antonio Conte memecah dominasi itu dan memenangi titel Serie A 2020-2021.

Il Nerazzurri melalui perjuangan besar untuk mencapai titik tersebut, sebab di awal musim ini sempat ada momen naik turun khususnya dengan konsistensi AC Milan yang duduk lama di puncak klasemen.

Lambat laun Inter bangkit - terutamanya setelah tersingkir dari Liga Champions - dan menemukan konsistensi bermain. Milan dan Juventus inkonsisten, Inter terus melaju dan di pekan 34 Scudetto itu jatuh ke tangan mereka.

Baca Juga:

6 Sosok Penting di Balik Scudetto Inter Milan Selain Para Pemain

Nostalgia - Menilik Skuad Menyedihkan Inter Milan pada Musim 2013-2014

Perbandingan Skuad Juara Inter Milan 2010 dan 2021

Atalanta gagal menang dan imbang 1-1 melawan Sassuolo. Jarak dengan Inter menjadi 13 poin dan di empat laga tersisa sudah tak bisa dikejar lagi. Butuh waktu lama bagi Inter mengakhiri penantian itu.

Terakhir kali Inter meraih Scudetto terjadi pada 2010 di era Jose Mourinho. 11 tahun berlalu. Dalam kurun waktu tersebut ada hal-hal menarik yang terjadi sejak Inter juara pada 2010. Apa saja?

1. Lautaro Martinez

Striker Inter Milan, Lautaro Martinez baru berusia 13 tahun pada 2010, sebab ia kelahiran 22 Agustus 1997 di Bahia Blanca, Argentina. Bahkan Martinez belum bermain sepak bola sebelum pada 2013 gabung akademi Liniers.

Usai di Linier Martinez pergi ke Racing Club, promosi ke tim utama dan Inter merekrutnya pada 2018. Kini Martinez (23 tahun) menjadi komoditas panas yang direbutkan oleh Barcelona.

2. Antonio Conte

Pelatih asal Italia sudah sukses memenangi titel liga dengan Juventus, Chelsea, dan kini dengan Inter. Tak diragukan lagi Antonio Conte (51 tahun) salah satu pelatih top di Eropa saat ini, tetapi ke mana dia pada 2010?

Conte kala itu tengah melatih Atalanta dan berjuang membantu tim lolos dari zona degradasi. Atalanta jadi klub ketika dalam karier profesional setelah membesut Arezzo dan Bari. Setelahnya Conte melatih Siena, Juventus, timnas Italia, Chelsea, dan Inter Milan.

3. Christian Eriksen

Jika Martinez belum bermain sepak bola profesional, Christian Eriksen sudah promosi dari akademi Ajax Amsterdam dan memainkan debutnya pada 2010. Eriksen bermain di Ajax selama tiga tahun sebelum gabung Tottenham Hotspur.

Bersama Tottenham Eriksen berkembang dari segi penampilan selama tujuh tahun di London Utara. Lalu pada Januari 2020 Conte memboyongnya ke Inter dan saat ini jadi pengatur serangan andalan tim.

4. Steven Zhang

Pada 2010 Massimo Morratti masih menjabat sebagai Presiden Inter. Lalu Presiden Inter saat ini Steven Zhang masih belajar di Universitas Wharton yang berada di Pennsylvania. Tak terbayangkan 11 tahun kemudian Zhang menjadi supremo asing pertama yang memenangi titel Serie A dengan Inter.

5. Jose Mourinho

Jose Mourinho merupakan pelatih terbaik dunia pada 2010. Dia membawa kesuksesan sebelumnya dari Chelsea ke Inter dan masuk ke dalam sejarah terbesar klub dan juga di Eropa.

Javier Zanetti dkk memenangi treble winners bersejarah pada 2010 di ajang Serie A, Coppa Italia, dan Liga Champions. Ironis, Mourinho bak hidup di bawah bayang-bayang kesuksesan masa lalu, sebab kini ia menganggur usai dipecat Tottenham Hotspur.