BolaSkor.com - Piala Dunia 2022 akan dimulai akhir pekan ini. Turnamen yang berlangsung di Qatar tersebut memiliki sejumlah keunikan.

Benua Asia kembali mendapat kehormatan untuk menggelar Piala Dunia. Masa penantian itu berlangsung selama 20 tahun atau usai Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang.

Keraguan sempat mengiringi Qatar selaku tuan rumah. Apalagi muncul berbagai masalah yang mengiringi penunjukkan Negara Timur Tengah tersebut.

Baca Juga:

Piala Dunia 2022: Timnas Argentina Coret Dua Pemain

Latih Spanyol, Luis Enrique Punya Jagoan Lain di Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022: Vitalnya Peran Lionel Messi untuk Timnas Argentina

Namun Qatar mampu menjawab keraguan. Delapan stadion sudah dipilih untuk menggelar pertandingan.

Al Bayt Stadium mendapat kehormatan untuk menggelar laga pembuka antara tuan rumah Qatar kontra Ekuador, 20 November mendatang. Upacara pembukaan juga akan dilakukan di tempat yang sama sebelum pertandingan.

BolaSkor.com telah merangkum sejumlah fakta unik dari penyelenggaraan Piala Dunia 2022. Berikut ini lima di antaranya:

1. Berlangsung di Akhir Tahun

Salah satu keunikan Piala Dunia 2022 yang jelas terlihat tentu jadwal penyelenggaraan. Berbeda dengan edisi sebelum-sebelumnya, turnamen ini akan berlangsung di akhir tahun.

Normalnya, Piala Dunia digelar pada musim panas selepas berakhirnya kompetisi di Eropa. Hal itu memudahkan tim-tim peserta memanggil para bintangnya.

Namun jadwal serupa tak bisa diikuti Qatar. Cuaca yang ekstrim pada musim panas dianggap bukan waktu ideal untuk menggelar Piala Dunia.

Sebagai gantinya, FIFA menerapkan masa jeda kompetisi-kompetisi antarklub selama gelaran Piala Dunia 2022. Namun keputusan ini membuat mayoritas tim peserta hanya punya waktu sepekan untuk bersiap.


2. Jadwal Terpendek

Piala Dunia 2022 akan berlangsung 29 hari dari 20 November hingga 18 Desember. Ini menjadi durasi hari terpendek untuk penyelenggaraan Piala Dunia sejak edisi 1978.

Hal ini berimbas dengan padatnya pertandingan terutama di fase grup. Setidaknya akan ada empat laga setiap harinya pada babak ini dari normalnya tiga pertandingan.

Jadwal pertandingan juga akan digelar lebih pagi yaitu pukul 10.00, 13.00, 16.00, dan 19.00 waktu setempat. Hal ini bisa mempengaruhi performa tim peserta jika tidak cepat beradaptasi.


3. Stadion Sekali Pakai

Saat ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar hanya memiliki satu venue yang sesuai standar untuk menyelenggarakannya. Negara asal Timur Tengah itu pun harus membangun tujuh stadion baru sekaligus.

Ironisnya, tujuh stadion baru tersebut akan beralih fungsi usai menggelar Piala Dunia 2022. Khusus untuk Stadion 974 bahkan akan dibongkar seluruhnya.

Hal menarik lain adalah jarak terjauh antara stadion hanya 40 mil saja. Waktu tempuh untuk mencapainya hanya 50 menit perjalanan darat.

Ini menjadi sebuah keuntungan tersendiri untuk para suporter dan jurnalis. Mereka bisa berpindah tempat dari satu stadion ke stadion lainnya dengan relatif mudah.


4. Membangun Kota Baru

Tak hanya stadion, Qatar juga membangun kota baru di daerah Lusail untuk mendukung penyelenggaraan Piala Dunia 2022. Kota baru tersebut kini memiliki fasilitas penunjang seperti hotel, jalanan, hingga fasilitas lain.


5. Tiket Laris Manis

Piala Dunia 2022 boleh saja diwarnai isu kurang sedap seperti pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Namun fakta membuktikan tiket pertandingan sangat diminati.

Tercatat 2,89 juta tiket dari total semua pertandingan telah terjual. Angka tersebut akan membuat Piala Dunia 2022 menjadi salah satu yang paling banyak ditonton langsung.