BolaSkor.com - Tengah pekan ini pecinta sepak bola Italia akan mendapatkan hiburan dari laga besar dua klub top, AC Milan dan Juventus. Ya, keduanya akan saling bentrok di San Siro dalam lanjutan pekan 16 Serie A, Kamis (07/01) pukul 02.45 dini hari WIB.

Pertandingan nanti semakin menarik karena status kedua tim saat ini. Milan tak terkalahkan di Serie A dan saat ini ada di puncak klasemen, sementara lawannya Juventus adalah juara bertahan sembilan kali beruntun yang coba menodai rekor Milan.

Fakta-fakta itu menambah seru 'bumbu' pertandingan yang berlangsung di San Siro nanti. Apalagi pertemuan Milan kontra Juventus adalah pertemuan dalam laga klasik bersejarah baik itu di Eropa atau Italia.

Baca Juga:

Cristiano Ronaldo dan Rekor yang Mengalahkan Pele

Laju Milan Akan Diuji Juventus, Pioli Ogah Ambil Pusing

Catatan Unbeaten Berlanjut, AC Milan Ukir Rekor di Serie A

Menjelang pertandingan tersebut BolaSkor.com akan membahas lima laga klasik bersejarah AC Milan vs Juventus. Beberapa laga itu tentunya masih ada di benak pikiran fans lawas Serie A. Berikut uraiannya:

1. Final Liga Champions 2003

Selebrasi gol Andriy Shevchenko

Dua tim Italia bentrok di Old Trafford, markas Manchester United di Inggris. Ironi bagi warga Inggris untuk melihat dua raksasa Italia AC Milan dan Juventus bentrok di final Liga Champions 2003.

Skuad kedua tim bertabur bintang-bintang yang namanya legendaris saat ini seperti Alessandro Del Piero, Mauro Camoranesi, Andrea Pirlo, Clarence Seedorf, Paolo Maldini, dan Lilian Thuram.

Dari kedua skuad itu hanya satu nama yang saat ini masih bertahan dan aktif bermain: Gianluigi Buffon. Pertandingan berjalan ketat sarat adu taktik dan berakhir imbang tanpa gol.

Kendati tak ada gol yang tercipta namun pertarungan kedua tim berjalan sengit. Pada drama adu penalti Milan menang dengan skor 3-2 dan memenangi titel Eropa keenam mereka.

2. AC Milan 1-6 Juventus (Serie A 1996-1997)

Selebrasi gol Juventus

AC Milan pernah menelan kekalahan tandang terparah pada musim 1996-1997 melawan Juventus di Serie A. Milan tak berdaya menghadapi Il Bianconeri dan di akhir musim hanya bisa finish di urutan 11 klasemen.

Juventus kala itu memiliki Zinedine Zidane dan Christian Vieri yang mengacak-acak pertahanan Milan. Juventus pada akhirnya menang dengan skor 6-1.

3. AC Milan 2-0 Juventus (Serie A 1999-2000)

AC Milan vs Juventus

Andriy Shevchenko membuktikan dirinya sebagai rekrutan terbaik AC Milan kala merekrutnya dari Dynamo Kyiv pada 1999. Sheva langsung jadi top skorer Serie A dengan torehan 24 gol di musim pertamanya.

Dua dari 24 gol di Serie A itu tercipta ketika Milan menang 2-0 melawan Juventus pada 2000. Itu jadi momen Sheva sekaligus unik karena melihat Filippo Inzaghi dan Carlo Ancelotti bersama Juventus.

4. Juventus 4-2 AC Milan (Serie A 2008-2009)

Alessandro Del Piero menendang bola

Persaingan ketat terjadi di antara kedua tim di Serie A dan juga Inter Milan. Baik Milan dan Juventus masih sama-sama mencari identitas bermain, sementara Inter tengah memasuki periode terbaik mereka.

Kala Milan bentrok melawan Juventus di Turin laga sengit terjadi dan tak terhindarkan. Juventus arahan Claudio Ranieri menang dengan skor 4-2 melalui dua gol Amauri, Alessandro Del Piero, dan Giorgio Chiellini yang diperkecil gol Alexandre Pato dan Massimo Ambrosini.

5. Juventus 3-2 AC Milan (Serie A 2013-2014)

AC Milan vs Juventus

Andrea Pirlo, Sebastian Giovinco, dan Giorgio Chiellini jadi penentu kemenangan 3-2 Juventus atas AC Milan pada Oktober 2013 di Serie A. Pada laga itu juga Sulley Muntari memborong dua gol Il Rossoneri.

Pertandingan berjalan sengit dan seru. Milan bahkan bermain dengan 10 pemain pasca Philippe Mexes menerima kartu merah di pertandingan tersebut.