5 Laga Tandang Terakhir AC Milan Kontra Klub Inggris

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 08 Maret 2023
5 Laga Tandang Terakhir AC Milan Kontra Klub Inggris
AC Milan (Twitter)

BolaSkor.com - AC Milan akan menjalani misi sulit saat bertandang ke markas Tottenham Hotspur pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2022-2023. Rekor Rossoneri di tanah Britania nyatanya tak terlalu mentereng.

Milan mampu mengalahkan Tottenham dengan skor 1-0 pada pertemuan pertama di San Siro, pertengahan Februari lalu. Ketika itu gol cepat Brahim Diaz pada menit ketujuh menjadi pembeda.

Hasil itu membuat Milan hanya butuh hasil imbang di markas Tottenham untuk melaju ke perempat final. Il Diavolo Rosso terakhir kali mencapai fase ini pada musim 2011-2012.

Baca Juga:

Prediksi dan Statistik Tottenham Vs Milan: Ranah Inggris Tak Bersahabat bagi Rossoneri

Usai Tersingkir di Piala FA, Tottenham Ingin Bangkit Kontra Milan di Liga Champions

Cari Klub Baru untuk Rafael Leao, Jorge Mendes Dekati Real Madrid

Masalahnya, Milan datang ke kandang Tottenham dengan kondisi yang kurang baik. Tim asuhan Stefano Pioli baru menelan kekalahan dari Fiorentina pada laga terakhir Serie A, akhir pekan lalu.

Kekalahan tersebut tentu mengganggu mental para pemain Milan. Bukan tidak mungkin efeknya masih berpengaruh dalam laga nanti.

BolaSkor.com telah merangkum lima lawatan terakhir Milan ke markas klub Inggris. Berikut ini rangkumannya:

1. Liverpool 3-2 AC Milan (fase grup Liga Champions 2021-2022)

Liverpool menjadi klub Inggris terakhir yang markasnya disambangi Milan. Momen itu terjadi pada fase grup Liga Champions musim lalu.

Saat itu Liverpool dan Milan sama-sama tergabung di grup B. Duel kedua tim langsung terjadi pada laga pembuka.

Laga di Anfield 15 September 2021 tersebut sangat istimewa bagi Milan. Itu menjadi penampilan perdana mereka di Liga Champions usai absen selama tujuh musim.

Duel kedua tim berlangsung sengit. Liverpool dan Milan terlibat aksi kejar-mengejar gol.

Namun Liverpool akhirnya tampil sebagai pemenang. The Reds mengalahkan Milan dengan skor 3-2.

Tiga gol Liverpool dicetak oleh Mohamed Salah, Jordan Henderson, dan bunuh diri Fikayo Tomori. Sementara Milan hanya mampu membalas dua kali melalui aksi Ante Rebic dan Brahim Diaz.


2. Manchester United 1-1 AC Milan (16 Besar Liga Europa 2020-2021)

Milan meraih hasil yang lumayan saat bertandang ke markas Manchester United pada leg pertama babak 16 besar Liga Europa 2020-2021. Saat itu kedua tim bermain imbang 1-1.

Milan nyaris menelan kekalahan setelah Amad Diallo memecah kebuntuan tuan rumah pada menit ke-50. Namun tim tamu terhindar dari kekalahan usai sundulan Simon Kjaer pada injury time tak mampu diantisipasi Dean Henderson.

Sayang hasil imbang ini gagal dimanfaatkan secara maksimal oleh Milan. Wakil Italia tersebut harus tersingkir usai takluk 0-1 pada pertemuan kedua di San Siro.


3. Arsenal 3-1 AC Milan (16 Besar Liga Europa 2017-2018)

Arsenal menjadi tim London terakhir yang markasnya disambangi Milan. Kedua tim bertemu pada babak 16 besar Liga Europa 2017-2018.

Milan menyambangi markas Arsenal pada leg kedua. Tugas mereka berat usai takluk 0-2 di San Siro pada pertemuan pertama.

Milan akhirnya tak bisa berbuat banyak dan takluk 1-3. Tiga gol Arsenal dicetak oleh Danny Welbeck (dua gol) dan Granit Xhaka, sedangkan Milan sempat unggul lebih dulu lewat aksi Hakan Calhanoglu.


4. Arsenal 3-0 AC Milan (16 besar Liga Champions 2011-2012)

Arsenal juga pernah memberikan mimpi buruk saat menjamu Milan pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2011-2012. The Gunners berhasil meraih kemenangan telak 3-0.

Tiga gol kemenangan Arsenal dicetak oleh Laurent Koscielny, Tomas Rosicky, dan Robin Van Persie. Semuanya terjadi pada babak pertama.

Beruntung bagi Milan, kekalahan tersebut tak membuat mereka tersingkir. Tim yang ditangani Massimiliano Allegri tetap melaju ke perempat final karena pada pertemuan pertama menang 4-0 atau 4-3 secara agregat.


5. Tottenham Hotspur 0-0 AC Milan (16 Besar Liga Champions 2010-2011)

Terakhir kali Milan bertandang ke markas Tottenham terjadi pada Maret 2011 atau 12 tahun silam. Kedua tim bertemu pada leg kedua 16 besar Liga Champions 2010-2011.

Duel kedua tim berakhir tanpa pemenang. Tottenham dan Milan bermain imbang 0-0.

Namun Tottenham berhak lolos dan menyingkirkan Milan. Itu karena The Lilywhites menang 1-0 pada pertemuan pertama di markas lawan.

AC Milan Liga Champions Tottenham Hotspur Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan