BolaSkor.com - Berbagai macam profesi dipilih pemain ketika mereka memutuskan untuk gantung sepatu alias pensiun. Ada yang memulai usaha, menjadi pelatih, dan banyak juga yang menjabat sebagai Direktur Teknik suatu klub.

Direktur Teknik atau Direktur Olahraga merupakan jabatan yang lumrah diduduki mantan pesepakbola profesional. Berbekal pengalaman besar saat mereka masih aktif bermain, mereka bisa memberi rekomendasi kepada klub untuk merekrut pemain-pemain yang dinilai bagus (khususnya pemain muda).

Contohnya di Eropa sudah cukup banyak. Beberapa mantan pemain memilih terus menggeluti dunia sepak bola, tapi, dengan karier yang berbeda sebagai Direktur Teknik. Siapa saja?

Baca Juga:

Monchi dan Overmars Tolak Tawaran Menjadi Direktur Olahraga Arsenal

Usai Bertemu Real Madrid, Maldini: Kami Punya Kabar Baik untuk Giampaolo

Leonardo Kembali ke PSG, AC Milan Duetkan Maldini dengan Boban di Jajaran Direksi

1. Petr Cech

Petr Cech

Legenda Chelsea memilih kembali ke Stamford Bridge setelah pensiun tahun ini bersama Arsenal. Petr Cech, 37 tahun, pernah 11 tahun memperkuat The Blues (2004-2015) dan kemudian bermain dengan Gunners pada medio 2015-2019.

Cech kembali bukan sebagai pemain lagi melainkan Direktur Teknik. Lelaki berpaspor Republik Ceko itu akan diuji dalam urusan transfer pemain Chelsea di musim panas ini, sebab klub dihukum embargo transfer FIFA.

2. Paolo Maldini

Paolo Maldini dan Zvonimir Boban

Ikon AC Milan sudah memulai perjalanan sebagai direktur musim lalu dengan Rossoneri. Jelang musim 2019-20, Paolo Maldini diangkat menjadi Direktur Teknik dan saat ini tengah sibuk merampungkan sejumlah pemain.

Maldini, dengan Zvonimir Boban, kabarnya telah berdiskusi dengan Real Madrid untuk merekrut beberapa pemain yang tidak masuk rencana bermain Zinedine Zidane.