5 Pelatih yang Berhasil Keluarkan Kemampuan Terbaik Cristiano Ronaldo

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Kamis, 04 Maret 2021
5 Pelatih yang Berhasil Keluarkan Kemampuan Terbaik Cristiano Ronaldo
Sir Alex Ferguson dan Cristiano Ronaldo (Zimbio)

BolaSkor.com - Cristiano Ronaldo menjadi satu di antara pemain terhebat dalam sejarah sepak bola. Ronaldo memiliki beberapa pelatih penting yang membuat kariernya meroket.

Mengawali karier di Sporting CP, Ronaldo terus menapaki jalan menuju puncak. Ia meraih berbagai gelar bersama Manchester United, Real Madrid, dan kini Juventus.

Baca juga:

100 Hari Menuju Piala Eropa 2020: 5 Pemain Abad 21 dengan Caps Terbanyak

5 Laga Derby yang Libatkan Lebih dari Dua Klub

5 Klub Sepak Bola Hasil Merger di Eropa

Dalam perjalanan tersebut, Ronaldo merasakan kehebatan beberapa pelatih. Tentunya, pelatih tersebut menjadi aktor di balik kemampuan Ronaldo yang semakin mengilap.

Berikut ini adalah lima pelatih yang berhasil keluarkan kemampuan terbaik Cristiano Ronaldo:

Fernando Santos - Timnas Portugal

Santos dan Ronaldo

Cristiano Ronaldo merasakan berada di bawah asuhan tiga pelatih di tim nasional Portugal. Namun, satu-satunya yang membuat kemampuan Ronaldo keluar maksimal adalah Fernando Santos.

Fernando Santos merupakan pelatih Sporting CP pada musim 2003-2004. Ia melatih Ronaldo pada laga pramusim kontra Manchester United. Setelah itu, mereka beruni di timnas.

Duo tersebut membawa Portugal memenangi Piala Eropa 2016. Setelah itu, Ronaldo mengangkat trofi UEFA Nations League tiga tahun kemudian. Dalam 56 laga bersama Portugal era Santos, Ronaldo mengemas 51 gol plus sembilan assist.

Carlo Ancelotti - Real Madrid

Ancelotti dan Ronaldo

Carlo Ancelotti dan Cristiano Ronaldo memiliki hubungan harmonis ketika keduanya masih berada di Madrid. Sayangnya, El Real memecat Ancelotti usai gagal mengangkat gelar LaLiga.

Ancelotti merupakan kunci dari keberhasilan Madrid meraih La Decima Liga Champions. Pada turnamen itu, Ancelotti sangat mengandalkan Cristiano Ronaldo.

Ancelotti juga membuat Ronaldo keluar dari zona nyaman usai menempatkan sang bintang lebih ke tengah. Ronaldo menjawabnya dengan torehan banyak gol.

"Anda melihat Ronaldo yang berbeda ketika menjadi manajer timnya. Pertama, saya tidak pernah melihatnya di depan cermin karena khawatir akan penampilannya. Bagi Ronaldo, prioritas utama adalah selalu menang," tegas Ancelotti.

Bersama Ancelotti, Ronaldo mencapai satu di antara penampilan terbaik. CR7 mengemas 112 gol dan 46 assist hanya dalam 101 pertandingan.

Zinedine Zidane - Real Madrid

Zidane dan Ronaldo

Cristiano Ronaldo menikmati periode tersukses dalam hal trofi di bawah asuhan Zinedine Zidane. Selama dua setengah tahun bersama, mereka memenangi sembilan trofi, termasuk tiga gelar beruntun Liga Champions.

Ketika Ronaldo angkat kaki, Zidane mengaku tidak akan mungkin mendapatkan pengganti sepadan. Tak lama berselang, Zidane menyusul Ronaldo pergi dari Madrid. Mekipun, kini ia kembali.

"Tidak mungkin menggantikan Ronaldo, tidak peduli siapa yang Anda rekrut. Dia meninggalkan klub dan Anda bisa memboyong pemain berkualitas lainnya. Namun, mereka tidak akan mencapai apa yang ditorehkan Ronaldo," kata pelatih yang membuat Ronaldo mencetak 112 gol dan 29 assist dalam 114 laga tersebut.

Jose Mourinho - Real Madrid

Mourinho dan Ronaldo

Hubungan Ronaldo dengan Jose Mourinho mengalami pasang surut. Namun, hal tersebut tak menghapus fakta jika Mourinho menempa Ronaldo menjadi satu di antara penyerang terhebat sepanjang sejarah.

Selama tiga tahun di Madrid, perjalanan Mourinho tidak syarat dengan trofi. Ia hanya meraih masing-masing satu gelar LaLiga, Copa del Rey, dan Piala Super Spanyol.

Kendati demikian, The Special One mengakui satu di antara kenikmatan terbesar ketika melatih Real Madrid adalah bisa mengeluarkan kemampuan terbaik Ronaldo.

"Melatih Ronaldo adalah puncak karier saya. Dia pemain paling profesional yang pernah saya temui. Saya hanya punya satu masalah dengannya dan itu sangat sederhana, sangat mendasar," terang Mourinho.

Sir Alex Ferguson - Manchester United

Sie Alex Ferguson

Hubungan Cristiano Ronaldo dengan Sir Alex Ferguson bak ayah dan anak. Ferguson adalah orang yang membuat Ronaldo menjadi buah bibir.

Ronaldo meraih beberapa penghargaan individu pertama di bawah asuhan Sir Alex Ferguson. Ia memenangi pemain terbaik Inggris, sepatu emas Eropa, pemain terbaik FIFA, dan tentu saja Ballon d'Or.

"Cristiano Ronaldo adalah pemain paling berbakat yang pernah saya temui. Dia melampaui semua pemain hebat lainnya yang pernah saya latih di Manchester United," tulis Ferguson dalam bukunya pada 2013.

Hingga saat ini, hubungan Ronaldo dan Ferguson masih harmonis. Ketika Ferguson sempat masuk rumah sakit, Ronaldo mengirimkan doa yang tulus untuk kesembuhan sang manajer.

Cristiano Ronaldo Breaking News Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.596

Bagikan