5 Pemain Tak Terduga yang Mencetak Gol di Laga Liverpool vs Chelsea

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 03 Maret 2021
5 Pemain Tak Terduga yang Mencetak Gol di Laga Liverpool vs Chelsea
Chelsea vs Liverpool (Twitter)

BolaSkor.com - Laga Liverpool kontra Chelsea atau sebaliknya selalu menyajikan pertarungan yang sengit. Rivalitas keduanya sudah dimulai pada awal medio 2000-an ketika Jose Mourinho melatih Chelsea dan Liverpool diasuh Rafael Benitez.

Liverpool dengan sejarah besar mereka di Inggris selalu menjadi unggulan juara liga tiap musimnya, tak peduli kondisi apapun dari tim yang pernah mendominasi Inggris pada medio 1980-an saat format liga belum Premier League (masih Divisi Satu).

Sementara Chelsea perlahan menyusun kekuatan di era Roman Abramovich dengan mendatangkan bintang-bintang, membangun pondasi awal dari Mourinho yang menjuluki dirinya The Special One.

Baca Juga:

Florian Neuhaus Semakin Merapat ke Liverpool

Tak Butuh Perombakan, Klopp Percaya dengan Kekuatan Liverpool

Thomas Tuchel Blak-blakan Minati Bintang Manchester United

Sudah banyak laga klasik seru yang telah terjadi di antara kedua tim. Tidak hanya laga berlangsung seru, tapi di beberapa laga pemain yang terduga juga mencetak gol dan menjadi sorotan laga. Berikut penjabaran dari BolaSkor.com:

1. Sam Dalla Bona (Chelsea 4-0 Liverpool)

Sam Dalla Bona

Chelsea memberikan kekalahan terparah Liverpool dalam sembilan tahun terakhir pada Desember 2001 (musim 2001-2002) di Stamford Bridge. Chelsea menang 4-0 dan menambah panjang kekalahan Liverpool di sana.

Empat gol Chelsea datang dari Graeme Le Saux, Jimmy Floyd Hasselbaink, Sam Dalla Bona, dan Eidur Gudjohnsen. Tiga pencetak gol lainnya tidak heran, tapi adanya Dalla Bona di dalamnya cukup mengejutkan.

Gelandang asal Italia produk akademi Chelsea tapi ia bukan pencetak gol handal. Dalla Bona bermain di Chelsea dari medio 1999-2002 sebelum gabung Milan dan terus bermain di Italia hingga pensiun pada 2012 bersama Mantova.

2. Jesper Gronkjaer (Chelsea 2-1 Liverpool)

Selebrasi gol Jesper Gronkjaer

Posisinya winger (penyerang sayap) dan juga penyerang kedua, namun peran Jesper Gronkjaer lebih seperti pemain yang menganggu konsentrasi lawan, sebab ia punya kualitas teknik dalam mendribel bola. Jadi wajar jika Gronkjaer jarang mencetak gol.

Akan tapi dari tujuh gol yang dicetaknya dalam waktu empat tahun bersama Chelsea (2000-2004) salah satunya datang melawan Liverpool. Itu terjadi pada 11 Mei 2003 (musim 2002-2003).

Pada laga terakhir musim Premier League satu tiket terakhir ke Liga Champions dipertaruhkan di Stamford Bridge. Sami Hyypia membawa Liverpool unggul sebelum disamakan oleh Marcel Desailly.

Jesper Gronkjaer jadi penyelamat Chelsea dengan gol penentu kemenangannya kala membelokkan bola usai melewati tiga-empat bek lawan. Gol itu disebut bernilai satu juta miliar poundsterling karena menyelamatkan finansial Chelsea yang bermain di Liga Champions musim berikutnya.

3. Branislav Ivanovic (Liverpool 1-3 Chelsea)

Gol Branislav Ivanovic ke gawang Liverpool

Chelsea mengakhiri kutukan di Anfield pada perempat final Liga Champions 2008-2009. Tuan rumah Liverpool arahan Rafael Benitez kalah 1-3 oleh Chelsea dan hanya bisa membalas dari gol Fernando Torres.

Sementara tiga gol Chelsea datang dari Branislav Ivanovic dan Didier Drogba. Mencetak gol bukan hal baru bagi Drogba, tapi dua gol Ivanovic? Catatan impresif, mengingat Ivanovic berposisi sebagai bek.

Ivanovic membela Chelsea dari 2008 hingga 2017 dan kini bermain dengan West Bromwich Albion pada usia 37 tahun. Leg satu berakhir 3-1 untuk kemenangan Chelsea dan leg kedua berlangsung sengit dengan hasil akhir 4-4.

4. Lucas Leiva (Chelsea 4-4 Liverpool)

Duel Lucas Leiva dengan Eden Hazard

Satu pertandingan bersejarah di Liga Champions yang tak lekang oleh waktu. Pada leg dua perempat final Liga Champions 2008-2009 di Stamford Bridge, Liverpool memberikan perlawanan sengit untuk coba melakukan comeback.

Delapan gol total tercipta di Stamford Bridge dan Chelsea keluar sebagai pemenang dengan agregat gol 7-5. Pertandingan yang menghibur.

Empat gol Chelsea dicetak Drogba, Alex, Frank Lampard (dua gol), dan empat gol Liverpool oleh Fabio Aurelio, Xabi Alonso, Lucas Leiva, dan Dirk Kuy.

Adanya nama Lucas Leiva dalam daftar tersebut cukup menarik, sebab Lucas bukan gelandang pencetak gol dan lebih dengan mindset bertahan melapis lini belakang. Lucas bermain selama 10 tahun di Liverpool (2007-2017) dan kini dengan Lazio pada usia 34 tahun.

5. Glen Johnson (Chelsea 1-2 Liverpool)

Aksi Glen Johnson melawan Chelsea

Musim 2011-2012 bukan musim yang dikenang baik oleh fans Liverpool dan Chelsea. Liverpool finish di urutan delapan dan Chelsea di peringkat enam, meski begitu ada kebahagiaan dari fans Liverpool di Stamford Bridge.

Gol pertama Liverpool dicetak oleh Maxi Rodriguez, lalu disamakan oleh Daniel Sturridge, lalu pencetak gol Liverpool berikutnya bukan datang dari Luis Suarez, Craig Bellamy, atau Maxi Rodriguez.

Pencetak gol penentu kemenangan Liverpool itu adalah bek kanan Glen Johnson. Melewati dua-tiga pemain Chelsea Johnson mencetak gol dan Liverpool menang 2-1. Johnson bermain di Liverpool pada medio 2009-2015.

Trivia Sepak Bola Breaking News Chelsea Liverpool Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.195

Bagikan