5 Pemain Timnas Indonesia U-19 Berkarier di Luar Negeri

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 29 Desember 2020
5 Pemain Timnas Indonesia U-19 Berkarier di Luar Negeri
Bagus Kahfi. (PSSI)

BolaSkor.com - Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, terus menggembleng Timnas Indonesia U-19/U-20 untuk menghadapi dua hajatan besar. Pertama Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan, 3-20 Maret 2020. Kedua Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia, Mei tahun depan.

Skuat Garuda Muda perlahan menunjukkan perkembangan yang positif. Postur tubuh dan fisik David Maulana dkk. semakin meningkat. Begitupun mental bertanding para pemain Timnas Indonesia U-19 yang semakin bagus.

Hal ini sudah dibuktikan kala menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Timnas Indonesia U-19 mencatat 5 kemenangan, 2 imbang, dan 4 kekalahan dari 11 laga. Skuat Garuda Muda mencetak 19 gol dan 17 kebobolan. Lalu tercatat mencatat 3 kali cleen sheat.

Baca Juga:

Jack Brown Alami Cedera Serius dalam TC Timnas Indonesia U-19

Badan Yudisial PSSI Lakukan Pemanggilan terkait Mahar Jadi Manajer Timnas U-19

Timnas Indonesia U-19 melawan Bulgaria U-19 (0-3), Kroasia U-19 (1-7), dan Arab Saudi U-19 (3-3), Qatar U-19 (2-1 dan 1-1), Bosnia Herzegovina U-19 (0-1), Dinamo Zagreb U-19 (1-0), NK Dugopolje (3-0), Makedonia Utara U-19 (4-1 dan 0-0), dan Hajduk Split U-19 (4-0).

Pemain andalan Skuat Garuda Muda makin banyak diirik oleh klub Eropa. Namun sebelum itu, ada beberapa pemain Timnas Indonesia U-19 yang sudah membela klub Eropa.

Siapa saja mereka? Berikut 5 pemain Timnas Indonesia U-19 yang berkarier di Eropa:

Baca Juga:

Hoaks 100 Dolar demi Manajer Timnas U-19, Ini Klarifikasi Pihak Terkait

Sebulan Lebih Jalani TC, Kanu Nilai Timnas U-19 Semakin Solid

1. Witan Sulaeman

Witan Sulaeman
Witan Sulaeman. (PSSI)

Witan Sulaeman membela Radnik Surdulica. Ini merupakan klub Serbia yang berlaga di kompetisi sepak bola tertinggi Serbia atau Serbian SuperLiga. Witan dikontrak selama 3,5 tahun per Februari 2020.


Bersama Timnas Indonesia U-19, Witan Sulaeman sangat gemilang. Di TC Kroasia, Witan Sulaeman menjadi pemain paling menonjol jika dilihat dari statistik. Witan membubukan 10 gol dan 3 assist. Ia juga tercatat sebagai pemain yang sering menjadi starter, sebanyak 10 kali.

Kini, Witan Sulaeman lebi sering bermain untuk Radnik Surdulica U-20. Terakhir, ia mencetak dua gol saat Radnik Surdulica U-20 menghadapi OFK Bor U-20.

2. Elkan Baggott

Elkan Baggott
Elkan Baggott. (PSSI)

Elkan Baggott kini menjadi pemain belakang andalan Timnas Indonesia U-19. Bek tengah berdarah Indonesia-Inggris ini kini membela Ipswich Town.


Kariernya gemilang dimulai dari Ipswich Town U-20. Dengan postur tubuh yang kekar dan tinggi, Ipswich Town mmembutuhkan jasanya.

3. Brylian Aldama

Brylian Aldama
Brylian Aldama. (PSSI)



Kabar menggembirakan datang dari salah satu pemain Timnas Indonesia U-19/U-20, Brylian Aldama. Pemain asal Surabaya ini sudah hampir pasti berseragam klub Kroasia, HNK Rijeka dengan kontrak selama 18 bulan.

Brylian Aldama kini sudah berada di Kroasia. Ia akan diperkenalkan secara resmi oleh HNK Rijeka.

Di Timnas Indonesia U-19, Brylian Aldama jadi andalan Shin Tae-yong di lini tengah bersama David Maulana. Ia menjadi pengatur ritme permainan Skuat Garuda.

4. Bagus Kahfi

Bagus Kahfi
Bagus Kahfi dan Bagas Kaffa. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)



Amiruddin Bagus Kahfi akhirnya dilepas oleh Barito Putera untuk bisa melanjutkan karier di luar negeri. Rencananya Bagus Kahfi akan melanjutkan karier di Jong FC Utrecht dengan durasi kontrak selaman 18 bulan.

Kabarnya, Bagus Kahfi mendapat bayaran gaji 25 ribu Euro atau setara Rp430 juta per bulan. Kini, Bagus Kahfi hanya tinggal menunggu visanya jadi sebelum berangkat ke Belanda.

5. Kelana dan Luah Mahessa

Kelana Mahessa
Kelana Mahessa. (PSSI)

Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil dua pemain keturunan bersaudara, yakni Kelana Noah Mahessa dan Luah Fynn Jeremy Mahessa.


Kelana dan Luah Mahessa datang jelang berakhirnya TC Timnas Indonesia U-19 di Kroasia. Namun, keduanya langsung merasakan debut ketika Skuat Garuda Muda mengalahkan Hajduk Split 4-0 di di Stadion Sloga Mravince, Selasa (20/10).

Keduanya berkarier di klub Jerman, Bonner SC. Bonner FC sendiri merupakan klub yang berkompetisi di divisi keempat Liga Jerman, Regionalliga West.

Bagus Kahfi Amiruddin Bagus Kahfi Elkan Baggott Witan Sulaeman Brylian Aldama Luah Mahessa Kelana Noah Mahessa Timnas Indonesia U-19 Timnas indonesia u-20 Breaking News Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.017

Bagikan