BolaSkor.com - Porto dan Chelsea cukup sering bertemu di Eropa dengan lima dari delapan pertemuan dimenangi Si Biru dari London. Pertemuan keduanya bak nostalgia karena tradisi mereka di Chelsea.

Liga Champions adalah kompetisi yang sudah biasa diikuti Porto yang juga klub besar di Portugal. Pun demikian Chelsea yang bertransformasi di bawah kepemimpinan Roman Abramovich menjadi tim besar Inggris dan Eropa.

Jose Mourinho menjadi 'penyambung' dari benang merah kedua tim karena ia membawa kesuksesan dari Porto pada 2004 ke Chelsea di periode berikutnya. Salah satu bukti adanya koneksi di antara Porto dan Chelsea adalah transfer pemain.

Baca Juga:

Prediksi Porto Vs Chelsea: The Blues Pantang Anggap Remeh

Jose Mourinho dan Cerita Kesuksesan dari Porto ke Chelsea

Nostalgia - Comeback Dramatis Chelsea Kontra Porto di Liga Champions

Ada beberapa pemain yang cukup beruntung pernah membela Porto dan Chelsea dalam kariernya, ada yang berupa transfer langsung di antara kedua klub, atau mereka yang membela klub lain sebelum ke Porto atau Chelsea.

Berikut BolaSkor.com menjabarkan lima pemain yang pernah membela Chelsea dan Porto:

1. Ricardo Carvalho

Salah satu bek tengah terbaik yang pernah dimiliki Portugal. Ricardo Carvalho membela Porto pada 1997-2004 setelah promosi dari akademi, sukses memenangi Liga Champions dan kemudian membela Chelsea setelah dibawa Jose Mourinho ke London.

Carvalho enam tahun membela Chelsea dan setelahnya memperkuat Real Madrid, Monaco, dan Shanghai SIPG sebelum pensiun pada 2017. Carvalho cukup sukses dalam kariernya dan punya penempatan posisi serta kualitas bagus sebagai bek.

2. Paulo Ferreira

Chelsea jadi klub terakhir yang dibelanya sebelum pensiun pada 2013. Paulo Ferreira direkrut Chelsea dari Porto - seperti Carvalho - pada 2004 setelah dua tahun bermain di sana. Posisinya full-back yang dapat bermain di kiri atau kanan.

Pengemas 62 caps dengan timnas Portugal dikenal dengan kemampuannya yang merata baik dari caranya bertahan dan juga efisien kala membantu serangan. Tipikal pemain yang disukai Mourinho.

3. Deco

Playmaker dari Portugal yang pensiun pada 2013 dengan Fluminense. Deco membela Porto pada medio 1999-2004, lalu empat tahun bermain di Barcelona, baru kemudian memperkuat Chelsea dari 2008-2010.

Deco memiliki kemampuan mengatur tempo bermain dengan visi bermain dan operannya yang bagus. Di Barcelona dia menjadi mentor bagi legenda klub Xavi Hernandez.

4. Maniche

Maniche juga menjadi kunci keberhasilan Porto menjuarai Liga Champions 2004. Bedanya ia tak mengikuti Mourinho langsung ke Chelsea melainkan ke Dynamo Moscow pada 2005, baru pada 2006 dipinjamkan ke Chelsea.

Kariernya relatif singkat di Chelsea sebelum ia pindah permanen ke Atletico Madrid pada 2006. Pasca membela Atletico Maniche membela Inter Milan, FC Cologne, dan pensiun pada 2011 dengan Sporting Lisbon.

5. Raul Meireles

Karier gelandang pekerja keras Portugal diawali dari Boavista, Porto, Liverpool, Chelsea, dan berakhir di Fenerbahce. Chelsea merekrutnya pada 2011 setelah semusim membela Liverpool. Bersama Chelsea itu juga Meireles sukses memenangi trofi.

Meski hanya semusim membela Chelsea, Meireles mampu memenangi satu Piala FA dan Liga Champions.

Selain kelima nama itu ada juga pemain lain yang pernah membela Chelsea dan Liverpool. Berikut nama lainnya:

- Henrique Hillario
- Filipe Oliveira
- Jose Bosingwa
- Ricardo Quaresma
- Christian Atsu
- Radamel Falcao