BolaSkor.com - Arsene Wenger tak bisa dipungkiri merupakan manajer tersukses Arsenal. Bersama pria berkebangsaan Prancis itu, The Gunners meraih masa-masa kejayaan.

Wenger menangani Arsenal selama 22 tahun dari 1996 hingga 2018. Itu merupakan rekor manajer terlama milik klub asal London Utara tersebut.

Secara keseluruhan, Wenger telah memimpin Arsenal dalam 1.228 pertandingan. Dari jumlah tersebut, mereka memetik 704 kemenangan, 279 kali imbang, dan kalah dalam 245 laga.

Wenger juga menorehkan segudang prestasi selama masa baktinya. Salah satu yang paling mentereng adalah saat menjuarai Premier League pada musim 2003-2004 dengan status tak terkalahkan atau biasa disebut The Invincibles.

Baca Juga:

Kebiasaan Merokok yang Mengakhiri Karier Wojciech Szczesny di Arsenal

Cetak Dua Gol ke Gawang Chelsea, Wenger Ungkap Alasan Kepergian Gnabry dari Arsenal

Arsene Wenger Nilai Arsenal Kehilangan Daya Magisnya karena Meninggalkan Highbury

Hingga saat ini belum ada klub lain yang mampu menyamai catatan Arsenal tersebut. Liverpool yang tampil perkasa sepanjang musim ini juga dipastikan gagal melakukan hal tersebut.

Total Wenger mempersembahkan tiga gelar Premier League dan tujuh trofi Piala FA. Satu-satunya kekurangan di adalah gagal menjuarai Liga Champions meski pernah tampil di final pada musim 2005-2006.

Kesuksesan Wenger selama lebih dari dua dekade menangani Arsenal tak lepas dari peran para pemain depan miliknya. Sejumlah nama memang pernah diorbitkannya menjadi penyerang kelas dunia.

Berikut adalah lima penyerang tertajam Arsenal selama ditangani Arsene Wenger:


1. Thierry Henry


Thierry Henry didatangkan Wenger dari Juventus pada tahun 1997. Keputusan tersebut sempat mengundang keraguan karena performa sang pemain tak menonjol di klub sebelumnya.

Namun Wenger sukses memoles Henry menjadi salah satu penyerang paling berbahaya di dunia. Keberaniannya mengubah posisi Henry dari seorang winger kiri ke lini depan menjadi kuncinya.

Di posisi tersebut Henry mampu mengeluarkan potensi terbaiknya. Ia sukses membukukan 228 gol dari 337 penampilan dalam dua periode kebersamaannya bersama Arsenal.

Torehan tersebut menjadikannya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Arsenal. Ia juga sukses mempersembahkan dua trofi Premier League dan menjadi bagian skuat The Invincibles pada musim 2003-2004.


2. Robin Van Persie


Robin Van Persie menjadi andalan lini depan Arsenal sepeninggal Thierry Henry yang hengkang ke Barcelona pada tahun 2007. Penyerang berkebangsaan Belanda itu menjawab kepercayaan Wenger dengan baik.

Van Persie yang datang sejak musim panas 2004 tak terbebani dengan tanggung jawab tersebut. Ia mampu membukukan 132 gol dari 278 penampilan selama delapan tahun membela Arsenal.

Jumlah tersebut bisa saja bertambah andai Van Persie terus bertahan di Arsenal. Namun ia akhirnya memilih hengkang pada musim panas 2012 ke salah satu rival utama, Manchester United.

Padahal ketika itu Van Persie berstatus sebagai kapten tim. Arsenal pun sempat kesulitan mencari penggantinya.


3. Theo Walcott


Theo Walcott didatangkan Arsenal dari Southampton pada Januari 2006. Saat itu ia masih berusia 16 tahun.

Awalnya Walcott berposisi sebagai winger. Namun Wenger coba menjadikannya sebagai penerus Thierry Henry dengan mendorongnya menjadi penyerang seiring bertambahnya usia sang pemain.

Walcott total menyumbang 108 gol dari 398 penampilannya bersama Arsenal. Sayang rentetan cedera membuat performanya menurun hingga akhirnya dijual ke Everton pada Januari 2018.


4. Olivier Giroud


Olivier Giroud didatangkan Wenger ke Arsenal pada musim panas 2012. Ia didapuk menggantikan peran Robin Van Persie yang hengkang ke Manchester United.

Penampilan Giroud awalnya kurang menjanjikan. Ia hanya mencetak 17 gol pada musim perdananya memperkuat Arsenal.

Produktivitas golnya terus meningkat pada musim-musim berikutnya. Tota Giroud menyumbang 105 gol dari 253 penampilan.

Pada Januari 2018, Giroud hengkang ke Chelsea dengan nilai transfer 17 juta poundsterling. Di akhir musim tersebut, Wenger memutuskan untuk pensiun.


5. Dennis Bergkamp


Dennis Bergkamp merupakan seorang legenda di ARsenal. Ia datang satu musim lebih dulu ketimbang Wenger.

Kehadiran Bergkamp memberi warna baru dalam permainan Arsenal. Hadirnya Wenger juga semakin memaksimalkan penampilannya.

Bergkamp membela Arsenal selama sebelas musim dan memutuskan pensiun di sana pada akhir musim 2005-2006. Sejak dilatih Wenger, ia total mencetak 102 gol dan mempersembahkan tiga trofi Premier League dan empat gelar Piala FA.