6 Pebasket Naturalisasi yang Siap Tampil di IBL 2021

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Senin, 21 Desember 2020
6 Pebasket Naturalisasi yang Siap Tampil di IBL 2021
Jamarr Johnson. (INASGOC)

BolaSkor.com - IBL memutuskan untuk mengizinkan klub menggunakan hak guna pemain naturalisasi mereka pada musim 2021. Dengan demikian, setidaknya terdapat enam pebasket naturalisasi yang berpeluang tampil di IBL.

Sebelumnya, kejelasan mengenai aturan pemain naturalisasi di IBL 2021 sempat simpang siur. Pihak liga mengubah aturan sehingga sekarang mereka dianggap pemain lokal.

Akan tetapi, terdapat aturan pemain tersebut harus memegang paspor minimal 365 hari. Menilik minimnya, pemain yang memenuhi syarat tersebut, sempat ada wacana menangguhkan hak guna.

Baca Juga:

Selain Biboy dan Jamarr, Dua Pemain Naturalisasi Berpeluang Main di IBL

Pemilik Louvre Ungkap Alasan Lepas Daniel Wenas

Mayoritas klub sepakat menunda penggunaan pemain naturalisasi untuk IBL 2022. Hal itu disebabkan agar operator kompetisi bisa lebih menyempurnakan aturan tersebut.

Meski demikian, terdapat beberapa reaksi, baik positif maupun negatif mengenai keputusan tersebut. Dukungan publik muncul untuk pemain naturalisasi yang pernah membela Timnas Basket Indonesia.

Hasilnya, IBL pun mengizinkan pemain naturalisasi untuk bermain pada musim 2021. Mereka mengaku akhirnya kembali ke tujuan awal mengenai penggunaan pemain naturalisasi.

Kurang dari satu bulan menjelang IBL 2021, terdapat enam pemain naturalisasi yang berpeluang tampil. Namun, dari jumlah tersebut dua di antaranya masih menjadi tanda tanya.

Lantas, siapa saja pemain naturalisasi yang siap tampil di IBL 2021? Berikut ini BolaSkor.com merangkum keenamnya:

Wayne Cates Jr.

Berbeda dengan nama di daftar ini, Anthony Wayne Cates Jr. belum sempat merasakan bermain di Indonesia. Padahal, namanya terdaftar di Pelita Jaya untuk NBL 2014-2015.

Kondisi tersebut disebabkan proses naturalisasi Wayne baru selesai pada 2018. Sedangkan pada NBL saat itu terdapat aturan tidak boleh memakai pemain asing.

Wayne sendiri masuk ke dalam pemain naturalisasi yang teridentifikasi oleh IBL. Namun, belum ada kabar apakah ada klub yang tertarik menggunakan jasanya pada musim 2021.

Jamarr Johnson Lester Prosper Brandon Jawato Breaking News Trivia Olahraga IBL Ebrahim Enguio Lopez
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan