BolaSkor.com - Manchester City sukses melaju ke final Piala Liga 2020-2021. Kepastian itu didapat usai The Citizens menaklukkan rival sekotanya, Manchester United.

Dalam laga semifinal yang berlangsung di Old Trafford, Kamis (7/1) dini hari WIB, Manchester City menang dengan skor 2-0. Kedua gol tercipta di babak kedua.

Manchester United dan Manchester City sebenarnya mampu mencetak gol di babak pertama. Namun tidak ada yang disahkan wasit karena offside.

Baca Juga:

Man United 0-2 Man City: Pep Guardiola Jumpa Jose Mourinho di Final

Tiga Kasus Baru Covid-19 Man City Jelang Derby Manchester

Manchester City Konfirmasi Kabar Duka Sang Legenda, Colin Bell

Manchester United vs Manchester City

Tim tamu akhirnya mampu memecah kebuntuan saat babak kedua baru berjalan lima menit. Sontekan John Stones memanfaatkan skema bola mati membuat Dean Henderson tak berdaya.

Setelah tertinggal, Manchester United berusaha keras untuk mencetak gol balasan. Namun pertahanan disiplin Manchester City yang dipimpin Ruben Diaz membuat Setan Merah kesulitan.

Di tengah serangan bertubi-tubi, Manchester City justru mampu mencetak gol kedua. Kali ini giliran Fernandinho yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-83 memanfaatkan bola rebound dari sepak pojok.

Skor 2-0 untuk kemenangan Manchester City bertahan hingga laga usai. Mereka pun berhak melaju ke partai puncak dan berpeluang mempertahankan gelar yang direbut tahun lalu.

Pada laga final, Manchester City sudah ditunggu Tottenham Hotspur. Duel kedua tim dijadwalkan berlangsung pada April mendatang.

Sejumlah fakta menarik juga mengiringi kelolosan Manchester City ke final Piala Liga musim ini. Berikut tujuh di antaranya:

1. Manchester City adalah tim kedua yang mencapai empat final Piala Liga berturut-turut, setelah Liverpool yang melakukannya antara tahun 1981 dan 1984.

2. Manchester City telah mencapai final Piala Liga kesembilan mereka. Hanya Liverpool (12 kali) yang bermain lebih banyak di partai puncak.

3. Manchester United telah kalah tiga dari empat semifinal terakhir mereka di Piala Liga. Padahal mereka menang delapan dari sembilan laga di fase ini.

4. Manchester United hanya memenangi tiga dari 15 derby Manchester terakhir di Old Trafford.

5. Manchester City hanya kalah dua dari 24 pertandingan Piala Liga di bawah asuhan Pep Guardiola. Kedua kekalahan terjadi saat melawan Manchester United (pada 2016 dan 2020).

6. Manchester City kini memiliki 16 pencetak gol berbeda musim ini, lebih banyak dari tim Premier League lainnya.

7. Fernandinho (35 tahun 247 hari) menjadi pencetak gol tertua Manchester City di Piala Liga sejak Frank Lampard (36 tahun 96 hari) pada laga kontra Sheffield Wednesday, September 2014.