7 Fakta Menarik Mengenai Penyerang Asal Brasil, Roberto Firmino

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 22 Maret 2023
7 Fakta Menarik Mengenai Penyerang Asal Brasil, Roberto Firmino
Roberto Firmino (Twitter)

BolaSkor.com - Akhir musim 2022-2023 akan menjadi akhir perjalanan bagi penyerang asal Brasil, Roberto Firmino, dengan Liverpool. Kontrak pemain berusia 31 tahun akan berakhir dan kedua pihak sepakat tidak memperpanjang kerja sama.

Firmino memperkuat Liverpool selama delapan tahun, membentuk kerja sama maut dengan Mohamed Salah dan Sadio Mane, dikenal dengan trisula Firmansah dan merupakan salah satu yang terbaik dalam sejarah The Reds.

Di sana Firmino sudah memenangi titel Liga Champions, Premier League, Piala FA, Piala Liga, dan Piala Dunia Antarklub. Sejauh ini juga Firmino telah mencetak 49 gol dari 153 penampilan di seluruh kompetisi.

Baca Juga:

Semakin Sulit bagi Liverpool Rekrut Jude Bellingham

Liverpool Mundur dari Perburuan Jude Bellingham?

Demi Misi Kebangkitan, Liverpool Butuh Bek Kanan Baru Pesaing Alexander-Arnold

Mantan penyerang Hoffenheim diingat sebagai penyerang dengan etos kerja bagus, baik dalam bertahan atau bermain ofensif, serta kemampuan mencetak gol dan permainan serba bisa yang mementingkan kolektivitas tim.

Menilik catatannya itu Firmino akan pergi sebagai salah satu legenda Liverpool. Menjelang kepergiannya di akhir musim ini, BolaSkor telah merangkum 10 fakta menarik mengenai Firmino. Dikutip dari Goal berikut fakta-fakta tersebut:

1. Awal Sulit

Lahir di Maceio, Alagoas, Brasil pada 2 Oktober 1991, Firmino tumbuh di lingkungan dengan angka kriminal tinggi dan ekonomi keluarga yang pas-pasan. Setiap harinya bak pertarungan untuk bertahan hidup bagi Firmino kala itu dan keluarganya.

Hasilnya, keluarga Firmino sangat melindunginya dan mencegahnya melakukan banyak hal dengan keinginannya sendiri. Sepak bola yang mengarahkan jalannya menjauh dari kriminal yang ada di lingkungannya, serta peraturan khusus dari orang tua.

2. Penemuan yang Tidak Biasa

Seyogyanya bakat pemain muda ditemukan oleh pelatih atau klub dengan pemandu bakat yang bagus, tetapi dalam kasus Firmino berbeda. Bakatnya justru ditemukan oleh dokter gigi bernama Marcellus Portella.

Portella juga merupakan ahli bedah di tim lokal Brasil, Clube de Regatas Brasil dan melihat bakat Firmino, di saat yang lain tak melihat bakatnya. Sang doktor pun melihat Firmino sebagai talenta dan jadi perwakilan yang membuka jalannya ke Figueirense.

3. Pemain Serba Bisa

Posisi bermain Firmino penyerang tengah tapi dalam pertandingan ia pemain serba bisa, bahkan posisi aslinya sebagai penyerang adalah false nine alias striker semu dan peran itu dijalankannya dengan baik kala bermain dengan Mane dan Mo Salah.

Firmino juga dapat bermain sebagai penyerang sayap hingga gelandang serang, seperti yang pernah dimainkannya di Hoffenheim. Saat masih di akademi Firmino juga dapat bermain sebagai gelandang bertahan.

4. Pencetak 1.000 Gol di Anfield

Nama Firmino sudah berada dalam sejarah Liverpool dan golnya di Anfield meninggalkan kesan di antara fans, salah satunya gol bersejarah yang ditorehkannya pada 19 Januari 2019 melawan Crystal Palace di Anfield.

Itu menjadi gol ke-1000 Liverpool di Anfield dan Liverpool pesta gol mencetak tujuh gol ke gawang Palace. Meski pada akhirnya Liverpool tak juara Premier League, gol itu tetap meninggalkan kesan yang abadi dalam sejarah klub.

5. Kolektor Mobil Mewah

Selayaknya pesepak bola bergaji tinggi di Eropa, Firmino juga memiliki hobi mengoleksi mobil-mobil mewah. Beberapa mobil mewah yang dimilikinya seperti Porsche Panamera, Lamborghini Urus, Rolls Royce Phantom, Ferrari 458 Italia, Range Rover, dan Porsche Cayenne.

6. Memahami Banyak Bahasa

Firmino lancar menggunakan tiga bahasa dan memahaminya dengan baik, termasuk bahasa utamanya Portugal bersama dengan Jerman dan Inggris.

Berkat pengetahuannya dengan Jerman maka Firmino membangun rapor bagus dengan mantan rekan setimnya, Takumi Minamino. Seperti halnya Firmino, Minamino juga lancar berbahasa Jerman.

7. Tato Sarat Makna

Tato dan Firmino merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Tubuhnya bak kanvas untuk karya seni, menggambarkan simbol segala yang dicintainya dan juga keyakinan akan hidupnya.

Firmino memiliki tato di badan dengan gambar ayahnya dan ibunya di tangan kanannya. Kepentingan yang sama juga diberikan kepada agamanya, dengan kata-kata "God is faithful" di dadanya dan kata "Deus (bahasa Portugal untuk Tuhan)" yang ada di lehernya.

Trivia Sepak Bola Roberto Firmino Liverpool Sosok
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan