7 Laga Besar Liverpool Vs Manchester United di Era Premier League

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 04 Maret 2023
7 Laga Besar Liverpool Vs Manchester United di Era Premier League
North West Derby (Twitter)

BolaSkor.com - North West Derby merupakan istilah pertandingan klasik di Inggris antara dua rival bebuyutan, Liverpool dan Manchester Unitede, yang juga dinilai sebagai dua tim terbaik di Inggris dan pernah berjaya pada eranya.

Tidak peduli bagaimana performa kedua tim di liga, entah itu Man United sedang dalam momentum bagus dan Liverpool di periode negatif atau sebaliknya, rivalitas North West Derby tetap memanas dengan gengsi yang juga dipertaruhkan.

Drama, kartu kuning, kartu merah, adu kualitas pemain, hujan gol, dan segala hal yang dibutuhkan dalam pertandingan sepak bola berkualitas ada di North West Derby.

Baca Juga:

Melawan Kebiasaan, Jurgen Klopp Turut Senang Marcus Rashford Tampil Gemilang

Sadio Mane: Liverpool Akan Bangkit bersama Jurgen Klopp

Jurgen Klopp Beri Kode Liverpool Akan Belanja Banyak Pemain

Menilik serunya rivalitas kedua tim, BolaSkor merangkum tujuh laga menarik dan besar Liverpool Vs Manchester United di era Premier League. Berikut laga-laga tersebut:

1. Liverpool 3-3 Manchester United (1994)

Duel Skotlandia terjadi di antara kedua tim kala mereka dilatih pelatih dari Skotlandia, Sir Alex Ferguson di Man United dan Graeme Souness di Liverpool. Pertandingan di Anfield berlangsung pada 4 Januari 1994.

Fans Liverpool di Anfield dibuat terdiam kala Man United sudah unggul jauh 3-0 dalam kurun waktu 24 menit, melalui gol Steve Bruce, Ryan Giggs, dan Denis Irwin. Tetapi Liverpool selalu punya semangat lebih di Anfield.

Comeback mereka pun terjadi kala Nigel Clough mencetak dua gol, lalu kerja keras Liverpool berbuah hasil dari gol penyama kedudukan Neil Ruddock. Laga berakhir imbang 3-3.

2. Manchester United 1-0 Liverpool (1996)

Wembley menjadi panggung North West Derby di ajang Piala FA 1995-1996. Pertarungan sengit terjadi di antara kedua tim dan skor tanpa gol masih bertahan hingga menit 80.

Satu pemain mengubah segalanya dan jadi pembeda di laga besar. Dia adalah Eric Cantona yang mencetak gol jelang laga berakhir, menendang bola di antara banyaknya pemain Liverpool di kotak penalti. Cantona jadi pembeda dan Man United juara Piala FA.

3. Manchester United 2-1 Liverpool (1999)

Bagi fans lawas Manchester United, tahun 1999 spesial karena itu tahun treble winner bersejarah klub. Terlebih dalam perjalanan di Piala FA Man United kembali menyingkirkan sang rival, kali ini di putaran empat.

Liverpool sudah unggul dari gol Michael Owen dan itu bertahan sampai menit 85. Namun kemenangan di depan mata Liverpool sirna berkat dua gol Man United yang dicetak Dwight Yorke dan Ole Gunnar Solskjaer. Momen comeback Man United perlahan menjadi DNA klub yang identik di era Sir Alex Ferguson.

4. Manchester United 1-4 Liverpool (2009)

Old Trafford bisa menjadi Teater Impian bagi tuan rumah dengan drama pertandingan, tetapi juga menjadi 'impian' klub lawan berjaya. Itulah yang terjadi ketika Liverpool menghancurkan Man United di Old Trafford dengan skor 4-1 pada 2009.

Gol Cristiano Ronaldo di menit 23 langsung dibalas tuntas dengan empat gol Liverpool arahan Rafael Benitez, dari gol Fernando Torres, Steven Gerrard (penalti), Fabio Aurelio, dan Andrea Dossena. Parahnya lagi Man United juga bermain dengan 10 pemain pasca Nemanja Vidic menerima kartu merah.

5. Manchester United 3-2 Liverpool (2010)

Panggung Dimitar Berbatov. Itu penggambaran yang tepat kala membahas North West Derby pada 19 September 2010 di Old Trafford. Penyerang asal Bulgaria menorehkan hat-trick gol dan salah satu golnya diciptakan melalui tendangan salto.

Liverpool besutan Roy Hodgson hanya bisa membalasnya dengan dua gol dari Steven Gerrard. Kekalahan itu menahbiskan musim buruk Liverpool dengan Hodgson dan Man United melanjutkan momentum dari awalan yang bagus.

6. Manchester United 0-5 Liverpool (2021)

Pada 24 Oktober 2021, hari yang diingat baik fans Liverpool dan pahit dikenang bagi fans Man United, terjadi pembantaian di Old Trafford ketika tuan rumah tak berdaya dengan kekalahan telak 0-5 atas tim besutan Jurgen Klopp.

Liverpool sedang bagus-bagusnya dan Man United jadi tim pesakitan. Kondisi semakin parah karena Paul Pogba menerima kartu merah di menit 60. Liverpool pesta gol di Old Trafford melalui hat-trick gol Mohamed Salah, Naby Keita, dan Diogo Jota. Bahkan fans Man United tak tahan melihatnya dan meninggalkan stadion meski laga belum berakhir.

7. Manchester United 2-1 Liverpool (2022)

Bukan salah satu laga terbaik di antara banyaknya laga klasik, tetapi dapat menjadi penanda era baru Man United di bawah arahan Erik ten Hag. Pelatih asal Belanda memenangi laga kompetitif pertamanya sebagai pelatih Man United.

Sempat diragukan kala Man United kalah 0-4 lawan Brentford, mereka meresponsnya dengan kemenangan 2-1 atas Liverpool di Old Trafford pada 22 Agustus 2022 dari gol Jadon Sancho dan Marcus Rashford, diperkecil gol Mohamed Salah.

Premier League North West Derby Liverpool Manchester United Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan