BolaSkor.com - Legenda sepak bola asal Brasil, Pele, mengungkapkan dirinya mendukung Liverpool menjadi juara Premier League musim ini. Apakah ini akan menjadi satu dari sekian banyak prediksi Pele yang meleset?

Ya, Pele memang memiliki rekam jejak buruk dalam hal meramalkan hasil. Pele boleh saja merupakan salah satu pemain terbesar dalam sejarah sepak bola dunia. Tapi sebagai pundit alias pengamat, dia reputasi Pele tak sekinclong di atas lapangan.

Baca juga:

Wu Lei, Bukan Sekedar 'Alat Pemasaran' Espanyol di China

Perjalanan Karier Virgil van Dijk dari Tukang Cuci Piring hingga Menjadi Bek Termahal

Liverpool

"Pele adalah seorang penyair saat dia menutup mulutnya," ujar legenda Brasil lainnya, Romario.

"Saya percaya Pele tidak tahu apapun soal sepak bola. Analisisnya selalu salah. Jika ingin juara, Anda harus mendengarkannya dan lakukan kebalikannya," ujar Luiz Felipe Scolari, mantan pelatih timnas Brasil.

Dua komentar di atas sudah cukup menggambarkan reputasi Pele. Dan, sangat wajar jika publik Liverpool cemas klub kesayangan mereka sudah terkena "kutukan Pele".

BolaSkor.com mengumpulkan beberapa ramalan Pele yang meleset selama ini. Berikut 7 ramalan Pele yang meleset.

1. China akan lolos dari penyisihan grup di Piala Dunia 2002.

Kenyataannya, China menjadi juru kunci Grup C. China selalu kalah dan bahkan gagal mencetak satu gol dan kebobolan sembilan kali.

2. Spanyol calon juara Piala Dunia 1998

Kenyataannya, Spanyol gagal total. La Furia Roja terdepak di putaran pertama setelah dikalahkan Nigeria dan hanya imbang dengan Paraguay.

3. Kolombia akan juarai Piala Dunia 1994

Kenyataannya, pada Piala Dunia di Amerika Serikat, Kolombia tersingkir cepat di penyisihan grup. Bahkan kegagalan ini berbuah tragedi dibunuhnya bek Kolombia, Andres Escobar.

4. Argentina akan berhadapan lawan Prancis di final Piala Dunia 2002

Kenyataannya, Argentina dan Prancis sama-sama tersingkir di putaran pertama. Bahkan Prancis pulang tanpa membuat gol pada turnamen ini.

5. Ronaldo de Lima tak akan bermain lagi

Kenyataannya, Ronaldo yang didera cedera serius pada 2008, kembali bermain saat memperkuat Corinthians pada Maret 2009. Ronaldo bahkan mampu membuat 10 gol dalam 14 laga awalnya.

6. Tim Afrika akan juarai Piala Dunia sebelum tahun 2000

Kenyataannya, saat ini sudah tahun 2019 dan belum ada satu negara Afrika yang menjadi juara Piala Dunia.

7. Brasil tak akan lolos fase Grup Piala Dunia 2002

Kenyatannya, Brasil menjadi juara.