7 Tim Debutan Liga Champions yang Berhasil Lolos ke Fase Gugur

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 14 Desember 2019
7 Tim Debutan Liga Champions yang Berhasil Lolos ke Fase Gugur
Napoli di Liga Champions 2011-12 (Twitter)

BolaSkor.com - Perjalanan Atalanta di Liga Champions 2019-20 mengajarkan satu hal: jangan pernah menyerah mengejar mimpi. Terseok-seok di fase awal penyisihan grup C, Atalanta berhasil lolos dari 'lubang jarum' dan lolos ke fase gugur.

Keberhasilan Atalanta lolos ke-16 besar semakin spesial karena di musim ini, tim asuhan Gian Piero Gasperini, menjalani debutnya di Liga Champions untuk kali pertama dalam sejarah tim. Atalanta mendampingi Manchester City ke-16 besar di atas Shakhtar Donetsk dan Dinamo Zagreb.

Atalanta Liga Champions
Atalanta

Perjuangan Atalanta yang menjadi 'anak bawang' Liga Champions dan lolos ke-16 besar patut diberi apresiasi. Tapi, Atalanta tidak sendirian. BolaSkor.com telah merangkum tujuh tim debutan yang pernah melakukan hal yang sama seperti Atalanta. Siapa saja?

Baca Juga:

Undian 16 Besar Liga Champions, Mengintip Calon Lawan Sang Juara Bertahan

Menilik Klub Peserta 16 Besar Liga Champions 2019-2020

Pelatih Ungkap Resep Sukses Atalanta Melaju di Liga Champions dan Catat Rekor

1. Leicester City (2016-17)

Leicester City
Leicester City 2016-17

Bukan musim terbaik Leicester City. Usai menjuarai Premier League, The Foxes mengalami 'jet lag' di musim 2016-17 dan kepayahan bermain di kompetisi lokal dan Eropa. Kepergian N'Golo Kante mengawali penurunan performa tim.

Claudio Ranieri dipecat di tengah musim dan digantikan oleh Craig Shakespeare. Kendati tampil inkonsisten, Leicester mampu keluar sebagai pemuncak klasemen grup G di atas Porto, Copenhagen, dan Club Brugge.

Perjalanan Leicester di Liga Champions cukup baik. Mereka lolos dari 16 besar dengan mengalahkan Sevilla dengan agregat gol 3-2. Akan tapi di perempat final, langkah mereka disudahi oleh tim yang lebih berpengalaman: Atletico Madrid. Atletico menang agregat gol 2-1 dan mengakhiri mimpi Leicester.

2. Gent (2015-16)

Gent Liga Champions
Gent vs Wolfsburg

Berada di grup H Liga Champions bersama Zenit Saint Petersburg, Valencia, dan Olympique Lyonnais. Siapa sangka, Gent mampu keluar sebagai runner-up grup di bawah Zenit melalui tiga kemenangan, satu hasil imbang, dan dua kekalahan.

Gent memanfaatkan dengan baik laga kandang mereka dengan dua kemenangan dan sekali imbang. Sayang, perjalanan Gent berakhir di 16 besar karena mereka kalah agregat gol 2-4 melawan Wolfsburg yang masih diperkuat Julian Draxler dan Andre Schurrle.

3. Malaga (2012-13)

Malaga Liga Champions
Malaga vs Borussia Dortmund

Malaga di musim ini benar-benar menjadi tim yang kuat di bawah asuhan Manuel Pellegrini, plus pemilik klub yang menyokong tim dengan kekuatan uang mereka.

Nama-nama bintang bertebaran di dalam tim seperti: Julio Baptista, Martin Demichelis, Diego Lugano, Jeremy Toulalan, Joaquin Sanches, Roque Santa Cruz, dengan talenta muda yang nantinya menjadi bintang, Isco.

Tidak tanggung-tanggung, Malaga lolos sebagai pemuncak klasemen grup C yang berisikan Zenit, Anderlecht, dan pemenang tujuh kali titel Liga Champions, AC Milan. Cerita cinderella mereka berlanjut hingga ke perempat final.

Pada fase 16 besar Malaga menyingkirkan Porto dengan agregat gol 2-1. Tapi sesampainya di perempat final, Borussia Dortmund arahan Jurgen Klopp menyingkirkan mereka dengan agregat gol 3-2.

Breaking News Liga Champions Atalanta Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan