BolaSkor.com - MotoGP 2020 akan kembali pada akhir pekan nanti. Setelah sebelumnya balapan berlangsung di Sirkuit Barcelona-Catalunya, kali ini giliran Sirkuit Bugatti di LeMans, Prancis.

Sepanjang MotoGP 2020, sudah ada delapan balapan yang berlangsung. Menariknya, selain Fabio Quartararo, tidak ada pembalap yang mampu meraih kemenangan lebih dari sekali.

Selanjutnya, giliran Prancis yang disambangi oleh peserta MotoGP. Tentu saja publik Prancis tengah bergembira dengan munculnya Quartararo yang merupakan warga negara mereka.

Baca Juga:

Pandemi COVID-19 Selamatkan Karier Rossi Secara Tidak Langsung

Buat Dovizioso Terjun Bebas di Klasemen, Zarco Minta Pengampunan

Sudah lama rasanya tak ada pembalap asal Prancis yang bersaing di papan atas MotoGP. Bahkan, Quartararo merupakan pembalap pertama dari negara tersebut yang bisa menang sejak Regis Laconi pada 2001.

Kini, Quartararo memimpin klasemen sementara MotoGP 2020 dengan 108 poin. Jumlah tersebut unggul delapan poin dari Joan Mir di peringkat kedua.

Menariknya, Quartararo diunggulkan di kandangnya sendiri. Pasalnya, Yamaha merupakan pabrikan yang paling sering memenangi MotoGP Prancis setelah Honda.

Terdapat sejumlah fakta menarik terkait balapan di Sirkuit Bugatti tersebut. Apa saja? Berikut ini BolaSkor.com merangkum beberapa di antaranya:

  1. Jorge Lorenzo adalah pembalap yang paling sering memenangi MotoGP Prancis, lima kali. Lorenzo diikuti Giacomo Agostini dan Mick Doohan dengan empat kemenangan.
  2. Sejak 2000, Honda dan Yamaha berbagi kemenangan di Prancis. Hanya 2007 keduanya gagal menang setelah Chris Vermeulen yang membela Suzuki meraih kemenangan.
  3. Ducati belum pernah meraih kemenangan di MotoGP Prancis. Prestasi terbaik mereka hanya menjadi runner up pada edisi 2006, 2012, 2019.
  4. Kali terakhir pembalap asal Prancis meraih kemenangan di kandang pada kelas MotoGP/500cc adalah Jacques Collot pada 1958.
  5. Sejumlah pembalap yang kini berlaga di MotoGP pernah memenangi seri Prancis di berbagai kelas, yaitu Valentino Rossi (125cc, MotoGP), Marc Marquez (Moto2, MotoGP), Maverick Vinales (125cc/Moto3, MotoGP), Jack Miller (Moto3), Brad Binder (Moto3), Pol Espargaro (125cc), Alex Rins (Moto2), Joan Mir (Moto3), Franco Morbidelli (Moto2), Francesco Bagnaia (Moto2), dan Alex Marquez (Moto2).
  6. Sirkuit Bugatti merupakan bagian dari Sirkuit de la Sarthe yang ada di Kota LeMans dan sudah berdiri sejak 1965.
  7. Panjang keseluruhan Sirkuit de la Sarthe adalah 13.626 km dengan 38 tikungan. Sementara itu, Sirkuit Bugatti hanya memiliki panjang 4.185 km dengan 14 tikungan.
  8. Hingga saat ini, Maverick Vinales merupakan pembalap tercepat di sirkuit tersebut dengan 1 menit 32.309 detik pada 2017.