BolaSkor.com - Jadwal padat menanti manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong selepas Piala AFF 2020. Shin Tae-yong akan memimpin Timnas Indonesia U-23 pada ajang Piala AFF U-23 2022.

Piala AFF U-23 2022 digelar di Kamboja, 14-26 Februari tahun depan. Timnas Indonesia U-23 masuk ke dalam Grup B bersama dengan Malaysia, Myanmar, dan Laos. Adapun Grup A diisi tuan rumah Kamboja, Timor Leste, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Shin Tae-yong mengindikasikan hanya membawa pemain yang berkiprah di dalam negeri saja untuk ajang tersebut. Pelatih asal Korea Selatan itu ingin pemain yang bermain di luar negeri terus bekermbang.

Baca Juga:

PSSI Usahakan Egy hingga Elkan Baggott Bisa Bermain di Piala AFF U-23

9 Penggawa Timnas Indonesia yang Bisa Bermain di Piala AFF U-23, Selain Pemain Abroad

Maklum saja, Piala AFF tidak termasuk agenda FIFA. Apalagi ini kelompok umur U-23.

Selain pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Shin Tae-yong akan mengambil para pemain muda dari beberapa klub Liga 1. Ada beberapa pemain dari Liga 1 yang wajib dicoba Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia U-23, siapa saja mereka? Berikut ulasannya:

1. Bagas Kaffa

Bagas Kaffa
Bagas Kaffa. (PSSI)

Bagas Kaffa merupakan pemain Timnas Indonesia U-19 saat TC di Kroasia. Sayang, Piala Dunia U-20 2021 diundur ke tahun 2023.

Pemain berumur 19 tahun itu kini masuk ke dalam jajaran Timnas Indonesia U-23. Ia wajib dicoba Shin Tae-yong untuk Piala AFF U-23 2022.

Pemain Barito Putera itu bisa menggantikan peran Asnawi Mangkualam yang tak dipanggil karena harus berkembang bersama klubnya, Ansan Greeners FC.

2. Beckham Putra

Beckham Putra
Beckham Putra. (PSSI)

Beckham Putra juga wajib dicoba Shin Tae-yong untuk Piala AFF U-23 2022. Pemain berumur 20 tahun itu memang belum menunjukkan tajinya bersama Persib Bandung, namun Beckham merupakan pemain Timnas Indonesia U-19 saat TC di Kroasia.

3. Braif Fatari

Braif Fatari
Braif Fatari. (PSSI)

Pemain berumur 19 tahun itu sempat 'menghilang' karena cedera. Shin Tae-yong harus mencobanya kembali untuk Piala AFF U-23 2022.

Apalagi, Braif Fatari merupakan pemain andalan Shin Tae-yong saat TC di Kroasia bersama Timnas Indonesia U-19. Shin Tae-yong mengubah posisinya yang terbilang sukses dari gelandang serang ke penyerang lubang.

4. Irfan Jauhari

Irfan Jauhari
Irfan Jauhari. (PSSI)

Satu nama yang tak boleh dilupakan adalah Irfan Jauhari. Ia berhasil membawa Persis Solo juara Liga 2 2021.

Pemain berumur 20 tahun itu merupakan penyerang target man kesukaan Shin Tae-yong saat TC di Kroasia bersama Timnas Indonesia U-19. Ia kerap diturunkan dalam laga uji coba.

5. Gunansar Mandowen

Gunansar Mandowen
Gunansar Mandowen. (Istimewa)

Satu nama lainnya yang wajib dicoba Shin Tae-yong adalah Gunansar Mandowen. Pemain Persipura Jayapura itu merupakan andalan Timnas Indonesia U-23 saat melawan Australia di Kualifikasi Piala Asia U-23 kemarin.

Kecepatannya mampu mengobrak-abrik pertahanan Australia. Pemain berumur 21 tahun itu bisa menggantikan peran Witan Sulaeman yang tak dibawa karena harus membela klubnya, Lechia Gdansk.

6. Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan
Marselino Ferdinan. (PSSI)

Marselino Ferdinan adalah nama yang wajib sangat wajib dicoba Shin Tae-yong untuk Piala AFF U-23 2022. Pemain berumur 17 tahun itu membuktikan kapasitasnya dengan Persebaya Surabaya.

Ia terus menciptakan gol dan assist. Bahkan, ia dinobatkan menjadi pemain muda terbaik Liga 1 untuk bulan Desember.

Marselino juga merupakan andalan Timnas Indonesia U-23 saat melawan Australia di Kualifikasi Piala Asia U-23 kemarin.

7. Taufik Hidayat

Taufik Hidayat
Taufik Hidayat. (Media Persija)

Taufik Hidayat harus dicoba Shin Tae-yong untuk Piala AFF U-23 2022. Penyerang Persija Jakarta ini memiliki tubuh gempal, namun punya kecepatan dan tendangan keras mirip Wayne Rooney.

Pemain berumur 22 tahun itu bisa menjawab kegelisahan Shin Tae-yong atas striker lokal Timnas Indonesia yang kurang gereget.

Ia pernah mencetak satu gol saat Timnas Indonesia U-23 saat melawan Australia di Kualifikasi Piala Asia U-23 kemarin.

8. Ronaldo Kwateh

Ronaldo Kwateh
Ronaldo Kwateh. (PSSI)

Ronaldo Kwateh juga bisa menjadi opsi lini depan Shin Tae-yong untuk Piala AFF U-23. Pemain berumur 17 tahun itu memiliki kecepatan dan dribbling yang baik. Ia pun sering menjadi pilihan utama Madura United, meski belum menunjukkan performa gemiangnya.