BolaSkor.com - Barcelona dan Athletic Bilbao akan saling bentrok di final Copa del Rey 2020-2021 yang berlangsung di Estadio de La Cartuja, Minggu (18/04) pukul 02.30 dini hari WIB. Itu jadi pertemuan pertama mereka di final setelah terakhir bertemu pada 2015.

Bilbao masih berusaha mengakhiri penantian titel Copa del Rey sejak terakhir diraih pada 1984. Sebelumnya Bilbao kalah 0-1 dari Real Sociedad pada laga final Copa del Rey musim lalu yang sempat tertunda.

Pada 2015 kedua tim bentrok di final yang berlangsung di Camp Nou, yang notabene markas Barcelona. Blaugrana dominan dan menang dengan skor 3-1 melalui dua gol Lionel Messi dan Neymar, yang diperkecil Inaki Williams.

Baca Juga:

Copa del Rey: Comeback Dramatis Antar Barcelona ke Final

3 Duel Seru Barcelona Vs Athletic Bilbao di Final Copa del Rey

Kenangan Final Copa del Rey 2012, Barcelona Bermain bak Monster

Enam tahun kemudian kedua tim bertemu dan kondisi kedua skuad sudah jauh berbeda. Dari kedua skuad saat ini hanya ada delapan pemain yang tersisa alias penyintas dari kedua kesebelasan yang bertanding pada 2015. Siapa saja?

1. Mikel Balenziaga

Bek kiri veteran Bilbao berusia 33 tahun. Mikel Balenziaga sudah membela Bilbao sejak 2013 setelah sempat membela Numancia dan Real Valladolid. Balenziaga sedianya produk akademi tim rival, Real Sociedad, namun lebih banyak menghabiskan waktunya di Bilbao.

2. Marc-Andre ter Stegen

Kala Barcelona juara Copa del Rey 2015 Ter Stegen baru setahun bergabung dari Borussia Monchengladbach. Dan kala itu juga Ter Stegen bermain sebagai starter. Kini berusia 28 tahun penjaga gawang asal Jerman tak tergantikan di posisinya.

3. Inaki Williams

Sudah membela Bilbao sejak 2014 dan pada usia 26 tahun Inaki Williams semakin prima serta bertambah kedewasaan bermainnya. Kecepatan menjadi kekuatan dalam permainannya. Williams bertransformasi dari penyerang sayap menjadi penyerang tengah.

Seperti halnya Mikel Balenziaga dan Iago Herrerin, Williams juga menjadi starter pada 2015 melawan Barcelona.

4. Jordi Alba

Barcelona merekrutnya dari Valencia pada 2012 dan Jordi Alba langsung menyegel posisi bek kiri Barcelona. Alba (32 tahun) juga menjadi pilihan utama pada 2015 dengan Luis Enrique. Bek kiri timnas Spanyol punya kecepatan menyisir sisi sayap dan rajin membantu serangan.

5. Iago Herrerin

Produk akademi Bilbao yang sudah menjadi kiper di tim utama sejak 2012 setelah sebelumnya main di Basconia, Barakaldo, Bilbao Athletic, dan tim B Bilbao. Iago Herrerin (33 tahun) sempat dipinjamkan ke Numancia dan Leganes.

6. Gerard Pique

Membela Barcelona sejak 2008 dan sempat diasah oleh Sir Alex Ferguson di Manchester United. Gerard Pique adalah bek veteran yang dimiliki Barcelona dan sukses memenangi banyak trofi. Pique sudah berusia 34 tahun dan Barca tengah mencari penggantinya.

7. Sergio Busquets

Gelandang berusia 32 tahun juga menjadi salah satu bagian kesuksesan era emas Barcelona. Ketika sedang prima Sergio Busquets adalah pengatur serangan Barcelona di kedalaman dan dapat mendominasi penguasaan bola.

Seperti halnya Messi, Busquets juga tak pernah berganti klub sejak promosi dari La Masia pada 2008.

8. Lionel Messi

Tak perlu lagi berbicara banyak mengenai pemain yang satu ini. Peraih enam Ballon d'Or sudah ada di Barcelona sejak 2004 pasca promosi dari La Masia. Pada usia 33 tahun kini Lionel Messi masih akan jadi momok untuk Bilbao.